• Home
  • Self-help
  • 7 Cara Meningkatkan Gairah Seksual pada Pria dan Wanita

7 Cara Meningkatkan Gairah Seksual pada Pria dan Wanita

Credit: Freepik. Bagi pasangan suami istri, penting untuk menjaga gairah seksual bersama pasangan.

Bagi pasangan suami istri, penting untuk menjaga gairah seksual bersama pasangan. Gairah seksual, baik pada pria maupun wanita sering kali naik turun. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan gairah seksual, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan libido sehingga lebih nyaman untuk berhubungan seks.

 

Penyebab Menurunnya Gairah Seksual

Libido atau gairah seksual dapat berfluktuasi seiring berjalannya waktu. Umumnya gairah seksual wanita lebih mudah naik turun karena perubahan hormon. Bertambahnya usia juga dapat menjadi penyebab menurunnya gairah seksual.

Selain itu, penyakit yang diderita, obat-obatan, kondisi depresi, perubahan hormon akibat menopause atau alat kontrasepsti juga dapat menyebabkan penurunan gairah seksual. Di luar kondisi tersebut, adanya masalah dengan pasangan juga dapat menurunkan gairah seksual.

 

Cara Meningkatkan Gairah Seksual

Jika masalah penurunan gairah seksual mulai mengganggu hubungan Anda dengan pasangan, Anda dapat mengatasinya dengan cara berikut ini:

Mengelola Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan yang Anda rasakan dapat menjadi salah satu faktor penyebab menurunnya gairah seksual. Gangguan kecemasan dapat memperparah disfungsi seksual pada pria dan wanita. Orang yang mengalami gangguan kecemasan cenderung tidak berminat pada aktivitas seksual apa pun.

Apabila Anda mengalami masalah gairah seksual karena gangguan kecemasan, maka sebaiknya lakukan konsultasi ke psikolog dan psikiater untuk mengatasi masalah kecemasan yang Anda rasakan.

Mengatasi Depresi

Stres, kelelahan dan depresi merupakan beberapa penyebab menurunnya gairah seksual. Orang yang mengalami masalah kesehatan mental umumnya mengalami masalah disfungsi seksual sehingga tidak tertarik untuk melakukan aktivitas seksual.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau psikolog untuk mengatasi masalah depresi tersebut, Namun apabila obat-obatan antidepresan justru menyebabkan penurunan gairah seksual, sebaiknya bicarakan dengan dokter untuk mengganti obat-obatan yang diberikan.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Istirahat yang cukup dapat membuat tubuh Anda lebih segar serta memiliki stamina dan dorongan seksual yang baik. Apabila Anda memiliki gangguan tidur dan menyebabkan penurunan gairah seksual, sebaiknya bicarakan ke dokter mengenai penanganagan masalah tersebut.

Mengonsumsi Afrodisiak

Sejumlah rempah-rempah dan bahan makanan diketahui dapat membantu mendorong gairah seksual Anda. Rempah-rempah seperti maca, ginseng merah, gingko biloba dikenal memiliki khasiat untuk meningkatkan libido. Selain itu Anda juga dapat mengonsumsi makanan pedas, alpukat, dan buah beri.

Olahraga

Olahraga terbukti dapat meningkatkan libido. Olahraga bukan hanya membuat Anda merasa bugar dan percaya diri tetapi juga membantu melancarkan aliran darah, meningkatkan produksi hormon dan memperbaiki suasana hati.

Tak ada aturan khusus mengenai jenis olahraga apa yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan gairah seksual. Yang terpenting, lakukan olahraga yang Anda sukai secara rutin minimal 30 menit per hari.

Memperbaiki Hubungan dengan Pasangan

Adanya masalah dengan pasangan tentu membuat hubungan seksual terasa tidak nyaman. Apabila Anda memiliki masalah dengan pasangan sebaiknya bicarakan masalah tersebut dengan pasangan. Jika diperlukan, Anda bisa berkonsultasi dengan konselor pernikahan untuk membantu menyelesaikan masalah Anda.

Mengurangi Konsumsi Alkohol

Bagi Anda yang gemar minum minuman beralkohol, alkohol dapat mengganggu aliran darah ke organ sehingga menyebabkan penurunan gairah dan fungsi seksual.

Jika Anda mengalami penurunan gairah seksual akibat sering minum minuman beralkohol maka sebaiknya batasi minum minuman beralkohol dan ubah gaya hidup Anda mulai sekarang.

 

Gairah seksual sering kali mengalami naik turun. Anda bisa mencoba beberapa cara di atas untuk memperbaiki gairah seksual yang menurun. Namun apabila menurunnya gairah seksual berlangsung lebih dari 6 bulan sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

 

Bagikan :

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr Nadia Opmalina
Last Updated : Wednesday, 14 September 2022

Resnick, A. (2022).  https://www.verywellmind.com/how-to-increase-your-sex-drive-5195497

Cherry, K. (2022). What Is an Aphrodisiac?. Available from: https://www.verywellmind.com/what-is-an-aphrodisiac-5072422

Severson, A. (2022). Increase Your Libido with These 10 Natural Tips. Available from: https://www.healthline.com/health/boost-your-libido-10-natural-tips

 

Villines, Z (2022). 10 ways to boost libido. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/323918