• Home
  • Self-help
  • Ketahui Risiko Terlalu Banyak Duduk bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui Risiko Terlalu Banyak Duduk bagi Kesehatan Tubuh

Credits: Freepik. Duduk terlalu lama dapat memengaruhi kesehatan.

Duduk memang salah satu kebutuhan untuk mengistirahatkan tubuh, namun terlalu banyak duduk justru tidak baik bagi tubuh. Penelitian menemukan bahwa duduk terlalu lama dapat memengaruhi kondisi kesehatan, karena saat duduk, energi yang Anda gunakan jauh lebih sedikit dibandingkan saat berdiri.

Bekerja dengan posisi lebih banyak duduk juga meningkatkan risiko kesehatan, untuk itu Anda disarankan berdiri dan berjalan setidaknya setiap 30 menit sekali.

 

Risiko Terlalu Banyak Duduk, Apa Saja?

Menurut para ilmuwan, inilah risiko terlalu banyak duduk yang perlu diwaspadai:

Meningkatnya Risiko Penyakit Jantung

Aliran darah akan melambat saat Anda duduk terlalu lama, sehingga memungkinkan asam lemak menumpuk di pembuluh darah. Apabila kondisi ini terjadi terus-menerus maka dapat menyebabkan penyakit jantung.

Menyebabkan Penumpukan Lemak di Tubuh

Saat menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk, maka kemampuan tubuh untuk memproses lemak akan berkurang. Lipoprotein lipase adalah enzim penting yang diproduksi tubuh untuk memecah lemak dalam darah, dengan duduk yang terlalu lama, produksi lipoprotein lipase ini akan menurun hingga sekitar 90%. Pada akhirnya, tubuh akan sulit menggunakan lemak dan lemak justru akan ditumpuk dan disimpan di dalam tubuh.

Meningkatnya Risiko Penyakit Kronis

Duduk terlalu lama dapat meningkatkan resistensi insulin yang juga dapat menyebabkan diabetes tipe 2 dan juga obesitas. Kedua penyakit kronis tersebut adalah salah satu faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Melemahnya Kekuatan Otot

Karena duduk yang terlalu lama, Anda berisiko mengalami kelemahan otot yang digunakan untuk menunjang sistem pergerakan tubuh.

Memengaruhi Kinerja Otak

Duduk terlalu lama meningkatkan risiko demensia. Tidak banyak bergerak saat duduk menyebabkan menurunnya brain-derived neurotrophic factor (BDNF), penurunan ini menyebabkan peningkatan stres.

Selain itu, jika Anda tidak banyak bergerak, aliran daran darah ke otak akan melambat sehingga asupan oksigen ke otak juga ikut berkurang.

Selain risiko di atas, orang yang duduk terlalu lama juga berisiko mengalami:

  • Varises kaki 
  • Nyeri pinggang 
  • Metabolisme yang lambat
  • Sindrom metabolik (tekanan darah tinggi, kadar kolesterol dan gula darah tinggi) 
  • Pengaruh pada postur tubuh
  • Osteoarthritis (peradangan sendi)
  • Kematian yang lebih dini

 

Tips Jika Sering Duduk Terlalu Lama

Terkadang duduk terlalu lama disebabkan oleh tuntutan pekerjaan yang menyebabkan Anda jadi kurang bergerak. Anda bahkan mungkin harus duduk lebih dari 8 jam setiap hari.

Agar terhindar dari risiko penyakit di atas, maka inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Berjalanlah beberapa menit, setidaknya setiap 1 jam sekali
  • Berolahraga rutin di luar jam kerja setidaknya 30-60 menit
  • Memperbaiki postur tubuh setiap duduk
  • Gunakan gelas yang kecil sehingga Anda harus terpaksa untuk berjalan setiap kali mengambil minum
  • Memanfaatkan sisa waktu makan siang untuk berjalan-jalan di sekitar tempat kerja

Dengan banyak menggerakkan tubuh, maka tubuh akan membakar lebih banyak kalori yang dapat membantu menurunkan berat badan serta meningkatkan penggunaan energi tubuh. Aktivitas fisik juga membantu memperbaiki kekuatan otot, menjaga kesehatan mental serta menurunkan risiko penyakit.

Mau tahu informasi seputar penyakit lainnya? Cek di sini, ya!

 

Bagikan :

Writer : Agatha Writer
Editor :
  • dr Nadia Opmalina
Last Updated : Monday, 19 September 2022

WebMD (2022). Why Sitting Too Much Is Bad for Your Health. Available from: https://www.webmd.com/fitness-exercise/ss/slideshow-sitting-health#091e9c5e800906d5-1-2

Edward R. Laskowski, M.D. (2022). What are the risks of sitting too much?. Available from: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/sitting/faq-20058005

Beaumont. How Sitting Too Much Can Lead to Heart Disease. Available from: https://www.beaumont.org/health-wellness/blogs/how-sitting-too-much-can-lead-to-heart-disease

Wendy Bumgardner (2022). How to Sit Less: Everyday Hacks to Increase Your Daily Movement. Available from: https://www.verywellfit.com/hacks-to-sit-less-and-save-your-life-3434976

MedicineNet. 2021. 5 Dangers of Sitting Too Much. Available from: 5 Dangers of Sitting Too Much (medicinenet.com)