Latihan Gerakan agar Payudara Lebih Kencang

Credits: Freepik. Payudara dapat mengendur seiring pertambahan usia.

Payudara kendur sebenarnya adalah hal yang umum dialami sebagian besar wanita. Payudara mungkin tampak lebih turun dan puting susu mengarah ke bawah ketika kendur. Walaupun mungkin kulit belum terlihat keriput, namun tentunya perubahan payudara ini memengaruhi kepercayaan diri perempuan.

 

Apa yang Menyebabkan Payudara Kendur?

Payudara kehilangan kekencangannya seiring pertambahan usia. Selain itu, adanya gravitasi juga dapat menarik seluruh jaringan payudara ke bawah sehingga terlihat turun.

Setiap payudara memiliki risiko yang sama, namun payudara berukuran besar akan terlihat lebih jelas perubahannya dibandingkan payudara yang lebih kecil.

Kendurnya payudara umumnya disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya:

  • Bertambahnya usia
  • Kekurangan kolagen
  • Kekurangan estrogen
  • Gravitasi
  • Tingginya indeks massa tubuh
  • Ukuran payudara yang besar
  • Menopause
  • Jumlah kehamilan yang dialami
  • Penurunan berat badan yang cepat diikuti peningkatan berat badan atau sebaliknya
  • Kebiasaan merokok

 

Cara Menjaga Payudara Tetap Kencang

Tidak ada cara untuk mencegah payudara selalu kencang seumur hidup, karena bagaimanapun usia akan membuat setiap sudut jaringan tubuh menua.

Namun masih ada cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga payudara tetap kencang, seperti mengelola berat badan, menggunakan bra yang sesuai, berhenti merokok dan juga melakukan olahraga yang tepat.

 

Gerakan untuk Menjaga Kekencangan Payudara

Berikut adalah beberapa gerakan yang dapat membantu menjaga kekencangan payudara dan mencegah kendur lebih cepat, yuk dicoba!

Pose Kobra

Pose ular kobra adalah salah satu gerakan yoga yang sangat mudah, yang menjadi latihan dada dan mengaktifkan seluruh otot dada. Awali dengan posisi tidur telungkup. Letakkan tangan di kedua sisi, dan perlahan tarik tubuh bagian atas naik ke atas. Pertahankan posisi bahu dan leher tetap rileks dan tahan posisi tersebut selama 30 detik. Ulangi hingga tiga kali.

Travelling Plank

Travelling plank adalah gerakan plank yang dinamis. Artinya Anda dapat bergeser ke kiri dan ke kanan, namun tetap dalam posisi plank. Latihan gerakan ini akan terfokus pada latihan otot dada.

Pushup

Salah satu gerakan yang melatih otot dada dengan efektif adalah pushup. Jika push up standar terlalu sulit, Anda bisa melakukan push up dengan posisi lutut menempel di lantai. Lakukan sebanyak yang Anda bisa lakukan.

Plank Reach Under

Gerakan plank ini dapat melatih otot tubuh bagian atas, dengan tingkat kesulitan yang cukup besar. Pertama, lakukan posisi plank kemudian sentuh paha bagian atas bergantian dengan tangan kiri dan kanan.

Dumbbell Chest Press

Latihan ini mungkin agak sedikit sulit, karena Anda membutuhkan dumbel dan juga gym ball. Gerakan yang bisa dilakukan adalah menyandarkan punggung dan kepala pada gymball sementara kedua kaki menahan tubuh, dan kemudian mengangkat kedua dumbel dan menariknya ke arah dada. Lakukan selama 12 kali dalam 3 set.

Medicine Ball Superman

Latihan ini cukup mudah karena Anda hanya membutuhkan bola sebagai alat bantunya. Posisikan diri telungkup, dan ulurkan kedua tangan sambil memegang bola. Kemudian tumpukan badan pada tubuh bagian atas, sambil mengangkat kedua kaki dan tangan ke atas.

 

Kombinasikan 3-4 latihan di atas dan lakukan dua kali seminggu secara rutin. Anda akan melihat perubahannya dalam 6 minggu. Imbangi pula dengan pola diet sehat untuk mengelola berat badan agar tetap ideal.

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

 

Bagikan :

Writer : Agatha Writer
Editor :
  • dr Nadia Opmalina
Last Updated : Wednesday, 14 September 2022

Nicole Davis (2018). Try This: 13 Breast-Firming Exercises. Available from: https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/breast-firming-exercises#pushup

WebMD (2021). What to Know About Sagging Breasts. Available from: https://www.webmd.com/women/what-to-know-about-sagging-breasts

 

Adrian White (2018). Treating Saggy Breasts. Available from: https://www.healthline.com/health/saggy-breasts