Rekomendasi Kegiatan untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

Ilustrasi bermain catur. Credit: Freepik

Bagikan :


Kegiatan mengasah otak sering kali dianggap sebagai kegiatan yang hanya berlaku bagi anak-anak usia sekolah untuk mendukung kemampuan akademisnya di sekolah. Namun sebenarnya kegiatan melatih otak ini bisa dilakukan kelompok usia berapa pun agar otak dapat bekerja optimal dan mencegah pikun di masa tua.

Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan untuk melatih kecerdasan otak? Simak ulasannya berikut ini.

 

Pilihan Aktivitas untuk Meningkatkan Kinerja Otak

Olahraga

Olahraga bukan hanya melatih otot, tapi juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik, dan mencegah otak dari penuaan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat melindungi otak dari penyusutan akibat bertambahnya usia. Para peneliti juga menemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan neurogenesis, atau pembentukan sel-sel otak baru di hipokampus otak.

Belajar keterampilan baru

Mempelajari keterampilan baru bukan hanya memperkaya kemampuan diri Anda, namun juga mendukung perkembangan otak Anda. Penelitian dari tahun 2014 menunjukkan bahwa mempelajari keterampilan baru dapat membantu meningkatkan fungsi memori pada kelompok dewasa. Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Belajar memasak
  • Belajar alat musik
  • Belajar bahasa asing
  • Menekuni olahraga baru

Baca Juga: 5 Gaya Hidup yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Pikun di Masa Tua

Latihan memvisualisasikan 

Latihan memvisualisasikan tidak selalu harus mewujudkannya dalam gambar, namun menggambarkan peta atau gambar lain berdasarkan ingatan Anda diketahui dapat mengaktifkan beberapa area di otak Anda yang berkaitan dengan memori. Anda bisa memulainya dengan menggambarkan rute dari rumah ke supermarket atau kantor. Semakin rinci peta yang Anda gambarkan semakin baik.

Jika tidak ada pensil dan kertas untuk menggambar, Anda bisa memvisualisasikan dalam pikiran kegiatan apa yang akan Anda lakukan nanti dengan rinci. Seperti menggambar, semakin rinci peta atau situasi yang Anda bayangkan akan semakin baik.

Menggunakan tangan yang tidak dominan

Latihan menggunakan tangan yang tidak dominan bisa membantu menguatkan kerja otak. Jika biasanya Anda menulis dengan tangan kanan, cobalah menggambar atau menulis dengan tangan kiri. Untuk latihan ini, pilih jenis aktivitas yang tidak menggunakan benda tajam seperti pisau. 

Bermain puzzle

Bermain puzzle, dalam bentuk apa pun seperti jigsaw puzzle, puzzle angka, atau puzzle huruf bukan hanya mengasah kemampuan menyelesaikan masalah, namun juga melatih kemampuan persepsi, daya ingat, logika dan kemampuan umum. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bermain puzzle atau menyelesaikan teka-teki secara teratur dapat meningkatkan fungsi kognitif. 

Beberapa permainan yang bisa Anda mainkan antara lain:

  • Sudoku
  • Teka-teki silang
  • Catur
  • Bermain tebak-tebakan

Baca Juga: Suka Mendengarkan Musik? Yuk Simak Manfaat Musik Bagi Otak

Bermain kartu

Kartu remi bisa menjadi permainan mengasah otak dan melatih daya ingat. Sebuah penelitian pada tahun 2015 mengungkapkan permainan kartu dapat meningkatkan volume otak di beberapa bagian otak dan keterampilan berpikir. Beberapa permainan yang bisa Anda coba antara lain solitaire, memory cards, poker dan bridge.  

Menari

Menari bukan hanya meningkatkan kemampuan fisik, namun juga melatih daya ingat, perencanaan dan pengaturan. Menari merupakan jenis latihan yang melatih ritme dan keseimbangan.

Bersosialisasi

Meningkatkan kinerja otak juga bisa dilakukan dengan kegiatan sehari-hari seperti bersosialisasi. Penelitian di tahun 2019 membuktikan bahwa orang yang banyak bersosialisasi memiliki risiko lebih kecil mengalami penurunan kognitif dan demensia. Dalam bersosialisasi, Anda bisa meningkatkan wawasan dengan berdiskusi, bermain permainan kelompok, atau olahraga tim. 

Meditasi

Banyak orang menganggap latihan otak hanya bisa dilakukan dengan mengerjakan soal atau permainan menantang lainnya. Namun meditasi termasuk salah satu kegiatan yang efektif untuk meningkatkan kinerja otak. Penelitian membuktikan meditasi dapat meningkatkan fokus, membantu mengendalikan diri, menunda penuaan dan meningkatkan kemampuan otak untuk memproses informasi.

 

Kegiatan mengasah otak bisa dilakukan setiap hari saat Anda sedang sendirian atau bersama teman-teman. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan konsentrasi, fokus, memori, dan ketangkasan mental, berapa pun usia Anda. Jika memiliki pertanyaan seputar kesehatan, Anda bisa memanfaatkan fitur konsultasi pada aplikasi Ai Care yang dengan mudah diunduh di ponsel. 

 

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr Nadia Opmalina
Last Updated : Rabu, 10 Juli 2024 | 14:00

Cherry, K. (2023). 7 Brain Exercises to Strengthen Your Mind. Available from: https://www.verywellmind.com/brain-exercises-to-strengthen-your-mind-2795039

Johnson, J. (2023). 22 brain exercises to improve memory, cognition, and creativity. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/brain-exercises

Lindberg, S. (2023). 13 Brain Exercises to Help Keep You Mentally Sharp. Available from: https://www.healthline.com/health/mental-health/brain-exercises