Tips Menjaga Kesehatan Selama Working From Home

Bagikan :


Bekerja dari rumah atau working from home memang lebih nyaman, praktis dan hemat waktu. Namun, bekerja dari rumah juga memiliki tantangan tersendiri. Susah fokus, ruang kerja terbatas, jadwal kerja yang tidak terbatas terkadang dapat menjadi kendala bagi pekerja. Kondisi ini dapat menimbulkan tekanan sehingga rentan memicu stres dan gangguan kesehatan fisik.

Mengapa harus working from home

Di tengah pandemi Covid-19 yang sedang meluas, penting untuk mencegah penularan virus seoptimal mungkin. Virus penyebab Covid-19 mudah menular melalui percikan droplet antar manusia sehingga diberlakukan pembatasan aktivitas dan kerumunan. Salah satu yang perlu diwaspadai adalah kluster perkantoran. Belum lagi jika ventilasi dan sirkulasi udara di kantor tidak cukup baik, maka hal ini dapat membuat penularan virus Covid-19 semakin cepat. Untuk itu, beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa tatap muka diberlakukan aturan working from home.

Tips tetap sehat selama working from home

Saat bekerja working from home, Anda dapat menghemat waktu transportasi dan tak perlu menghadapi kemacetan. Tentunya hal ini bukan hanya menghemat waktu namun juga dapat menghemat tenaga. Sayangnya, bekerja dari rumah tak semudah yang dibayangkan. Ruangan kerja yang tidak kondusif, stres, sulit fokus dan merasa kesepian terkadang menjadi salah satu kendala dalam produktivitas. Gangguan ini bukan hanya mengganggu mental, namun juga mengganggu kesehatan fisik. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan selama work from home di antaranya:

1. Konsumsi makanan sehat

Meskipun banyak mneghabiskan waktu di rumah, Anda tetap dianjurkan untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat. Dilansir dari National Heart, Lung, and Blood Institue (NHLBI), makanan sehat yang dianjurkan adalah buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk rendah lemak. Makanan seperti telur, kacang, ikan dan daging tanpa lemak juga baik untuk sumber protein Anda sehari-hari. Dikutip dari CDC, saat di rumah sebaiknya Anda tidak melewatkan sarapan dan tetap makan teratur.

2. Perbanyak minum

Jika di kantor terkadang Anda sering lupa mengonsumsi air putih, maka saat di rumah sebaiknya Anda coba untuk mencukupi kebutuhan air minum sebaik mungkin. Selain minum air putih, Anda juga bisa mengonsumsi jus buah, kopi, teh, minuman elektrolit, infused water, untuk membantu mencukupi cairan.

3. Olahraga rutin

Dengan memiliki lebih banyak waktu di rumah, Anda juga memiliki waktu lebih banyak untuk berolahraga. Anda dapat menyempatkan diri untuk jalan pagi setiap hari selama 20-30 menit, atau bersepeda keliling kompleks rumah. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan peregangan di tengah-tengah jam kerja agar otot tubuh Anda tidak kaku.

4. Buat ruangan kerja yang nyaman

Ruang kerja Anda di rumah mungkin tidak senyaman ruang kerja Anda di kantor. Kondisi ini yang terkadang menyebabkan pekerjaan Anda terhambat. Untuk membuat ruang kerja di rumah menjadi senyaman kantor, Anda bisa memulainya dengan menggunakan kursi kerja yang nyaman dengan bantalan punggung, pinggang dan leher. Namun perlu diingat, meskipun kursi kerja Anda cukup nyaman, hindari untuk bekerja dalam posisi duduk terlalu lama. Selingi kegiatan Anda dengan berolahraga ringan untuk melancarkan peredaran darah.

5. Buat rutinitas yang sehat

Bekerja dari rumah terkadang membuat Anda sulit memisahkan antara jam kerja dan waktu pribadi. Dikutip dari CDC, agar memiliki kehidupan yang seimbang antara kehidupan pribadi dan bekerja, maka sebaiknya Anda tetap menggunakan batasan jam kerja yang selama ini Anda gunakan. Hindari bekerja di waktu pribadi Anda apabila tidak ada keperluan mendesak dan begitu juga sebaliknya. Dengan menetapkan batas antara waktu bekerja dan waktu pribadi, Anda juga dapat mencukupi kebutuhan tidur Anda selama 7-8 jam per hari.

 

Writer: Ratih

Edited By: dr. Ayu Munawaroh

Last Updated: 16-Ags-2021

 

Sumber:

  1. NIOSH Science Blog. Working from Home: How to Optimize Your Work Environment and Stay Healthy. Available from: https://blogs.cdc.gov/niosh-science-blog/2020/11/20/working-from-home/
  2. CDC. Employees: How to Cope with Job Stress and Build Resilience During the COVID-19 Pandemic. Available from: https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/community/mental-health-non-healthcare.html.