• Home
  • Nutrisi
  • 7 Makanan Sehat Bantu Kontrol Kolesterol

7 Makanan Sehat Bantu Kontrol Kolesterol

Kolesterol adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi pada organ hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Ada dua jenis lemak yakni Low Density Lipoprotein (LDL) dikenal sebagai kolesterol jahat. Sedangkan High density Lipoprotein (HDL) dikenal kolesterol baik. LDL adalah kolesterol jahat yang bisa menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah. Jika berlangsung dalam waktu lama maka bisa meningkatkan resiko masalah kesehatan yang sangat serius seperti serangan jantung atau stroke. Sedangkan HDL adalah kolesterol baik yang bisa membantu menghilangkan kelebihan kolesterol di dalam tubuh.

Ada beberapa jenis makanan yang ternyata bisa sangat mempengaruhi kadar kolesterol dengan sangat besar. Mengonsumsi makanan dengan kandungan hewani dan berlemak tinggi seperti daging, telur dan produk susu secara berlebihan bisa meningkatkan kadar kolesterol. Itulah mengapa, penting bagi Anda menambahkan serat di dalam makanan seperti sayuran, buah, kacang dan gandum untuk mengontrol kolesterol. Selain itu, merubah gaya hidup seperti berolahraga secara teratur setiap harinya juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Ada beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi guna membantu Anda mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Diantaranya:

1. Oat

Di dalam oat terdapat kandungan serat larut yang dikenal sebagai beta glukan yang bisa membantu Anda dalam menurunkan kolesterol dalam darah

2. Kacang – kacangan

Almond, walnut dan jenis kacang lainnya baik untuk kesehatan jantung. Namun harus diperhatikan jumlah yang dikonsumsi. Makanan jenis kacang – kacangan tidak boleh berlebihan dan harus mengikuti saran dari dokter.

3. Biji – bijian

Makanan satu ini dikemas dengan memilliki kandungan serat larut yang bisa membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat.

4. Okra

Makanan dengan kandungan rendah kalori ini memiliki kandungan serat larut yang cukup tinggi sehingga bisa membantu dalam mengontrol kolesterol

5. Buah – Buahan

Beberapa jenis buah seperti apel, stroberi dan anggur memiliki kandungan pektin. Ini adalah salah satu jenis serat larut yang membantu dalam menurunkan kadar kolesterol

6. Kedelai

Beberapa produk kedelai seperti tahu atau susu kedelai memiliki kandungan protein dan serat yang sangat tinggi sehingga bisa membantu Anda dalam menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh agar selalu terkontrol dengan baik

7. Ikan Laut

Beberapa jenis ikan laut seperti ikan salmon, sarden dan mackerel bisa menjadi makanan pengganti daging yang baik untuk penderita kolesterol. Hal ini dikarenakan makanan lemak jenuh seperti daging bisa meningkatkan LDL. Sedangkan ikan laut memiliki kandungan asam omega 3 yang baik untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

 

 

Bagikan :

Writer : Winda AI Care
Editor :
  • dr Eunike Sondang Rotua
Last Updated : Thursday, 03 March 2022

Bhardwaj, Nikita (2021). Include These 8 Foods in Your Diet to Keep Your Cholesterol Levels in Check. Available from : https://www.healthshots.com/healthy-eating/superfoods/include-these-8-foods-in-your-diet-to-keep-your-cholesterol-levels-in-check/

Harvard Health (2021). 11 Foods That Lower Cholesterol. Available from : https://www.health.harvard.edu/heart-health/11-foods-that-lower-cholesterol

Zoppi, Lois (2021). 15 Foods That Lower Cholesterol. Available from : https://www.medicalnewstoday.com/articles/foods-that-lower-cholesterol