• Home
  • Nutrisi
  • Catat, 7 Jenis Makanan Pantangan Penderita Asam Urat

Catat, 7 Jenis Makanan Pantangan Penderita Asam Urat

Penderita asam urat harus lebih berhati – hati dan cermat dalam memilih makanan, karena bisa jadi makanan favorit Anda selama ini bisa membuat asam urat semakin parah. Sebenarnya, makanan dengan kandungan purin tinggi adalah jenis makanan yang harus Anda hindari. Pasalnya, purin bisa menghasilkan asam urat yang diolah oleh organ tubuh.

Lalu, makanan jenis apa saja yang harus dihindari oleh mereka penderita asam urat?

Bayam

Bayam adalah salah satu makanan yang sebenarnya sangat baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan serat dan nutrisi yang tinggi. Namun, bayam menjadi salah satu sayuran yang tidak direkomendasikan untuk para penderita asam urat. Pasalnya, sayuran hijau ini memiliki kandungan purin yang sangat tinggi sehingga akan sangat berbahaya untuk penderita asam urat.

Minuman Manis

Sebenarnya minuman manis tidak mengandung purin. Hanya saja, minuman manis sangat tinggi kandungan fruktosa atau gula dari sirup jagung yang menjadi masalah utamanya. Fruktosa dapat merangsang pembentukan asam urat lebih banyak. Dalam sebuah studi disebutkan jika minuman bersoda yang dibuat dari fruktosa akan beresiko sangat tinggi menyebabkan asam urat.

Jika Anda penderita asam urat dan masih gemar minum minuman soda atau manis maka Anda harus mulai berhati – hati. Karena resiko asam urat sendiri bisa naik sekitar 85% pada mereka yang suka minum minuman manis lebih dari dua gelas seharinya.

Asparagus

Selain bayam, sebenarnya asparagus juga menjadi makanan yang harus dihindari penderita asam urat. Asparagus memang sangat menyehatkan karena memiliki kandungan folat yang tinggi dan kalium yang baik untuk tubuh. Namun asparagus juga memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga tidak baik jika dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Kembang Kol

Kembang kol termasuk salah satu makanan pantangan untuk penderita asam urat, pasalnya kembang kol memiliki kandungan purin dalam jumlah yang tinggi.

Jamur

Di dalam jamur mengandung jumlah purin yang sangat tinggi. Setidaknya ada 92 hingga 97 gram purin dalam 100 gram jamur. Ini menjadi salah satu alasan mengapa jamur menjadi salah satu jenis makanan yang harus di hindari oleh penderita asam urat.

Daging Merah dan Makanan Berlemak

Daging merah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan purin sangat tinggi. Sehingga tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging merah dalam jumlah yang berlebihan. Selain itu, makanan berlemak juga tidak disarakan karena menyebabkan kenaikan berat badan. Jika berat badan meningkat maka tubuh akan menghasilkan lebih banyak insulin. Meningkatnya insulin ini bisa menganggu kerja ginjal dalam membuang asam urat. Akibatnya, asam urat akan menumpuk dan mengendap dalam tubuh. Inilah mengapa makanan berlemak dan daging merah menjadi makanan pantangan untuk penderita asam urat.

 

Edited by: dr. Nadya Hambali

Last updated: 24-May-2021

Bagikan :