5 Manfaat Magnesium bagi Kesehatan

Ilustrasi badan sehat. Credit: Freepiik

Bagikan :


Magnesium merupakan salah satu mineral yang perlu dipenuhi oleh tubuh. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan kurangnya nafsu makan, mual dan muntah, serta irama jantung yang tidak normal. Apa saja manfaat magnesium bagi kesehatan tubuh dan bagaimana memenuhinya? Simak ulasannya dalam artikel berikut.

 

Manfaat Magnesium bagi Kesehatan Tubuh

Magnesium memegang peranan penting dalam fungsi tubuh. Sebagai mineral yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara mandiri, maka Anda harus memenuhi kebutuhan magnesium dari asupan makanan sehari-hari.

Beberapa manfaat magnesium bagi kesehatan tubuh antara lain:

Membantu regulasi kadar gula darah

Dalam tubuh, magnesium diperlukan untuk metabolisme karbohidrat dan sekresi insulin. Penelitian mengungkapkan bahwa pengidap pradiabetes dan diabetes umumnya memiliki kadar magnesium rendah. Oleh karena itu, penting menjaga kadar magnesium yang optimal untuk pengaturan gula darah yang sehat.

Mengurangi gejala stres dan depresi

Magnesium juga dapat berperan dalam mengatur suasana hati termasuk kecemasan dan gejala depresi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa asupan magnesium yang rendah mungkin ada hubungannya dengan tingkat kecemasan yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh aktivitas poros hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA), yaitu sekumpulan tiga kelenjar yang mengontrol reaksi seseorang terhadap stres. Meskipun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hubungan antara magnesium dengan suasana mental seseorang. 

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Sehat yang Kaya Magnesium

 

Menjaga kesehatan tulang

Selain kalsium, mineral magnesium juga memegang peranan penting untuk pembentukan tulang yang sehat dan mencegah kekeroposan tulang. Sekitar 50-60% magnesium ditemukan dalam tulang. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa asupan magnesium yang cukup dikaitkan dengan kepadatan tulang yang lebih tinggi, peningkatan pembentukan kristal tulang dan penurunan risiko osteoporosis pada wanita setelah menopause.

Menjaga kesehatan jantung dan kardiovaskular

Magnesium berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan jantung di tingkat sel. Penelitian lain mengungkapkan bahwa kekurangan magnesium umum terjadi pada pasien gagal jantung kongestif.

Sejumlah penelitian lain mengungkapkan pemenuhan suplemen magnesium dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke dan menurunkan tekanan darah tinggi. Namun masih diperlukan lebih banyak penelitian, karena penelitian lain tidak menemukan efek magnesium pada kadar kolesterol atau trigliserida yang merupakan faktor risiko penyakit jantung dan kardiovaskular. 

Mengurangi sakit kepala

Menurut penelitian, orang yang sering mengalami sakit kepala seperti migrain, umumnya memiliki kadar magnesium dalam darah yang rendah. Para ahli berpendapat kurangnya asupan magnesium merupakan salah satu faktor risiko terjadinya sakit kepala migrain. Oleh karena itu, dokter dapat memberikan suplemen magnesium pada pasien yang sering mengalami sakit kepala tipe tegang dan penderita migrain. 

Baca Juga: Apa Yang Terjadi Bila Tubuh Kekurangan Magnesium?

 

Makanan yang Mengandung Sumber Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang perlu dipenuhi kebutuhannya dari makanan atau suplemen yang dikonsumsi sehari-hari. Beberapa makanan yang mengandung sumber magnesium antara lain sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti berikut:

  • Kacang almond
  • Bayam
  • Susu kedelai
  • Selai kacang
  • Alpukat
  • Kentang
  • Yogurt rendah lemak
  • Pisang

Selain mengonsumsi makanan di atas, Anda bisa mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan magnesium dalam tubuh. Namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu mengenai kebutuhan magnesium dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen. Anda juga dapat memanfaatkan fitur konsultasi yang tersedia pada aplikasi Ai Care. 

Mau tahu informasi seputar nutrisi, makanan dan tips diet lainnya? Cek di sini, ya!

 

 

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr. Monica Salim
Last Updated : Senin, 20 Mei 2024 | 13:42

Spritzler, F. (2023). 12 Evidence-Based Health Benefits of Magnesium. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/magnesium-benefits

Health Direct: Magnesium and Your Health. Available from: https://www.healthdirect.gov.au/magnesium#

Kubala, J. (2024). Health Benefits of Magnesium. Available from: https://www.health.com/magnesium-7229399

Ware, M. (2023). Why do we need magnesium?. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/286839