• Home
  • Self-help
  • Penyakit Kronis Dapat Menyebabkan Gangguan Mental, Ini Cara Mencegahnya 

Penyakit Kronis Dapat Menyebabkan Gangguan Mental, Ini Cara Mencegahnya 

Credits: Freepik
Penyakit kronis adalah penyakit jangka panjang yang biasanya berlangsung selama tiga bulan atau lebih. Penyakit ini bisa memburuk seiring berjalannya waktu. Orang dengan penyakit kronis berisiko mengalami gangguan mental. 
 

Ciri-Ciri Penyakit Kronis 

Jenis penyakit kronis yang paling umum dialami adalah diabetes, tekanan darah tinggi, radang sendi, kanker, dan strok. Selain itu, yang dikategorikan sebagai penyakit kronis adalah penyakit yang memiliki ciri sebagai berikut: 
  • Memiliki penyebab yang kompleks 
  • Memiliki banyak faktor risiko 
  • Periode waktu antara penyakit dan efek yang dirasakan cukup lama 
  • Penyakit yang dirasakan sangat lama 
  • Memengaruhi gangguan fungsional atau kecacatan 
Sebagian besar penyakit kronis tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Pengobatan juga biasanya dilakukan untuk mengelola gejalanya, tidak selalu dapat menyembuhkannya. 
 

Penyakit Kronis dan Gangguan Mental 

Menurut Universitas Airlangga, pasien dengan penyakit fisik yang parah cenderung memiliki gangguan mental dua kali lebih banyak dari populasi umum. Dikatakan bahwa dari seluruh pasien rawat inap dan rawat jalan di rumah sakit sebanyak 20-40% di antaranya mengalami gangguan jiwa. 
 
Banyak penelitian telah menunjukkan hubungan antara penyakit kronis dan gangguan mental emosional. Risiko gangguan mental tersebut menjadi lebih tinggi akibat beberapa faktor berikut: 
  • Pasien dengan riwayat keluarga gangguan jiwa
  • Berjenis kelamin wanita
  • Perokok aktif
  • Mengonsumsi minuman alkohol
  • Memiliki tingkat pendidikan rendah 
  • Pengangguran 
  • Janda/duda cerai mati atau cerai hidup
  • Kelompok lanjut usia atau berusia di atas 55 tahun 

Baca Juga: Apa sih, Beda Penyakit Akut dan Penyakit Kronis?

 

Tips Mencegah Gangguan Mental Saat Mengalami Penyakit Kronis 

Memiliki penyakit jangka panjang dapat menyebabkan penarikan diri, harga diri rendah, stigma dan diskriminasi. Anda juga mungkin merasa kelelahan, frustrasi, khawatir, atau stres, terutama saat pengobatan tidak menunjukkan perbaikan. 
 
Dengan semua tekanan besar tersebut Anda lebih mungkin mengembangkan masalah kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan. Berikut adalah cara untuk mencegahnya berkembang menjadi gangguan mental: 
 

Mendapatkan Dukungan 

Memiliki orang-orang di sekitar Anda untuk mendengarkan dan mendukung Anda dapat sangat membantu saat Anda menghadapi penyakit kronis. Cari teman atau keluarga yang memahami kondisi Anda dan akan mendukung Anda melalui masa-masa sulit.

Jaga Pola Makan yang Sehat

Pola makan yang sehat dapat membantu mencegah gejala yang lebih buruk. Jangan lupa untuk makan makanan yang sehat dan membatasi konsumsi makanan yang berkalori tinggi.
 
 

Tetap aktif secara fisik

Aktivitas fisik adalah salah satu cara terbaik untuk mengelola penyakit kronis. Latihan secara teratur dapat membantu mengurangi gejala, seperti sakit punggung dan kelelahan. Jangan lupa untuk beristirahat di antara sesi latihan Anda.
 

Lakukan manajemen stres

Ini adalah hal penting yang harus Anda lakukan saat menghadapi penyakit kronis. Stres dapat memicu gejala yang lebih buruk, jadi pastikan Anda mencari cara untuk mengatasi stres Anda.
 

Menjaga pola makan yang sehat

Pola makan yang sehat dapat membantu mencegah gejala yang lebih buruk. Jangan lupa untuk makan makanan yang sehat dan membatasi konsumsi makanan yang berkalori tinggi.
 

Jangan menunda pengobatan

Walaupun sepertinya pengobatan tidak memberikan hasil signifikan, sebaiknya jangan menunda pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter. Ingatlah bahwa pengobatan dapat membantu Anda mengelola gejala penyakit kronis. Hasilnya mungkin tidak terlalu signifikan, namun gejalanya tidak memburuk dan berkembang lebih parah. 
 
Dapat disimpulkan bahwa penyakit kronis menimbulkan dampak signifikan pada kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengikuti perawatan yang ditentukan dokter dan menjalani gaya hidup sehat guna mengurangi risiko gangguan kesehatan mental. 

 

Mau tahu informasi seputar penyakit lainnya? Cek di sini, ya!

 

 
 

Bagikan :

Writer : Agatha Writer
Editor :
  • dr. Monica Salim
Last Updated : Monday, 16 January 2023
Mental Health Foundation (2022). Long-term physical conditions and mental health. Available from: https://www.mentalhealth.org.uk/explore-mental-health/a-z-topics/long-term-physical-conditions-and-mental-health
Achmad Tanzil Furqoni. Efek Penyakit Kronis Terhadap Gangguan Kesehatan Mental. Available from: https://fkm.unair.ac.id/efek-penyakit-kronis-terhadap-gangguan-kesehatan-mental/
Better Health Channel. Chronic illness. Available from: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/chronic-illness
National Cancer Institute. chronic disease. Available from: https://www.cancer.gov/publications/dictionaries/cancer-terms/def/chronic-disease