• Home
  • Covid 19
  • Tips Aman Latihan di Tempat Kebugaran Selama Pandemi Covid-19

Tips Aman Latihan di Tempat Kebugaran Selama Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 mengubah kebiasaan banyak orang, termasuk berolahraga. Bagi Anda yang selama ini terbiasa berolahraga di gym atau tempat kebugaran, tentu harus bersikap ekstra hati-hati jika akan latihan. Pasalnya, gym atau tempat kebugaran merupakan tempat fasilitas umum yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19 karena sering terjadi penggunaan alat secara bergantian. Lalu, adakah tips pergi ke tempat kebugaran yang aman?

 

Tips Aman Latihan di Tempat Kebugaran Selama Pandemi Covid-19

Sebelum Anda memutuskan untuk kembali berlatih di tempat kebugaran, periksa dulu penerapan protokol kesehatan di tempat kebugaran Anda. Apakah mereka melakukan pembatasan pengunjung dan rutin melakukan desinfektan pada peralatan yang ada di tempat kebugaran. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar tetap bisa aman berlatih di tempat kebugaran:

1. Bawa Perlengkapan Sendiri

Bawalah perlengkapan pribadi Anda seperti handuk, botol minum, baju olahraga, dan sebagainya. Hindari menggunakan handuk dari tempat kebugaran Anda meskipun disediakan di lokasi. Jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer dan tisu basah untuk menjaga kebersihan tangan.

 

2. Lakukan Desinfeksi pada Alat yang Anda Gunakan

Meskipun tempat kebugaran telah melakukan desinfeksi rutin pada peralatan yang digunakan, tak ada salahnya Anda melakukan desinfeksi ulang pada alat yang akan Anda gunakan. Jika memungkinkan, cuci tangan dengan sabun sebelum menggunakan peralatan atau gunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah memakai alat.

 

3. Mandi di Rumah

Meskipun di tempat kebugaran disediakan fasilitas untuk mandi, namun sebaiknya mandi di rumah untuk mengurangi risiko penularan penggunaan peralatan mandi bersama. Selain itu, sebaiknya segera cuci pakaian olahraga sesegera mungkin setibanya Anda di rumah.

 

4. Datang di Jam Sepi

Periksa jam operasional tempat kebugaran langganan Anda. Usahakan untuk datang di jam sepi agar Anda dapat menjaga jarak dengan orang lain setidaknya 1 meter. Meskipun tempat kebugaran menerapkan protokol kesehatan untuk pembatasan pengunjung, sebaiknya Anda tetap mawas diri.

 

5. Tetap Menjaga Jarak

Ketika berolahraga, pastikan Anda tetap menjaga jarak dengan orang lain di sekitar Anda. Jarak yang direkomendasikan ialah setidaknya 6 feet atau 2 meter. Hindari kontak jarak dekat ketika Anda berolahraga.

 

6. Datang dalam Kondisi Fit

Jika Anda sedang merasa tidak sehat, maka sebaiknya hindari berolahraga ke tempat kebugaran. Pergi ke tempat umum di saat badan tidak fit dapat meningkatkan risiko menular atau tertular penyakit termasuk Covid-19. Untuk itu, pastikan kondisi Anda sehat dan siap latihan sebelum berangkat ke tempat kebugaran.

 

Selain hal-hal di atas, Anda juga bisa memastikan beberapa aspek dari tempat kebugaran Anda, seperti ventilasi, durasi atau lamanya Anda berada di tempat tersebut, serta menggunakan masker jika sedang berbicara dengan orang di sekitar Anda.

 

Mau tahu informasi dan artikel kesehatan mengenai penyakit Covid-19? Cek di sini, ya!

Bagikan :

  1. Centers for Disease Control and Prevention. Personal and Social Activities: Using Gyms, Fitness Center, or Studios (2020). Available from: https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/daily-life-coping/personal-social-activities.html.