Manfaat Berhubungan Intim bagi Kesehatan

Credit: Freepik. Berhubungan seks dengan pasangan dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan, baik secara fisik maupun batin.

Berhubungan seks sering kali dipandang sebagai kegiatan bersenang-senang semata. Namun sebenarnya, berhubungan intim bukan hanya memberikan kepuasan batin semata tetapi juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat berhubungan seksual bagi kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

 

Manfaat Berhubungan Seks bagi Kesehatan

Berhubungan seks memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Selain membangun hubungan yang lebih baik dengan pasangan, berhubungan seks juga membantu meredakan stres serta meningkatkan kesehatan jantung.

Dilansir dari WebMD, berikut ini beberapa manfaat berhubungan seks bagi kesehatan:

1. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Ada banyak hal yang terjadi saat Anda berhubungan seks. Dilansir dari Everyday Health, berhubungan seks adalah salah satu jenis kegiatan yang dapat membakar kalori layaknya olahraga. Peningkatan detak jantung saat berhubungan seks dapat membantu membakar kalori sehingga membuat jantung Anda menjadi lebih sehat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Cardiology mengungkapkan bahwa pria yang berhubungan seks 2 kali seminggu memiliki risiko lebih rendah mengalami masalah penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung jika dibandingkan dengan pria yang jarang berhubungan seksual.

Meskipun demikian, pada kasus tertentu juga dapat dijumpai peningkatan risiko serangan jantung ketika berhubungan seks. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki masalah jantung sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai risiko mengalami serangan jantung saat berhubungan seks.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Orang yang rutin berhubungan seksual secara rutin disebut memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik terhadap kuman dan virus.

Dalam sebuah penelitian di Wilkes University, Pennsylvania mengungkapkan bahwa orang yang berhubungan seks 1-2 kali seminggu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik dibandingkan orang yang jarang berhubungan seksual.

Namun tentunya seks saja tak cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat seperti makan dengan gizi seimbang, rutin olahraga dan cukup istirahat.

3. Menurunkan Tekanan Darah dan Meredakan Stres

Berhubungan seks sudah lama dikenal sebagai kegiatan rekreasi yang dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Sentuhan dan gerakan yang dilakukan dalam hubungan seks dapat melepaskan endorfin sebagai hormon bahagia yang membantu mengusir stres.

Sebuah penelitan yang diterbitkan dalam jurnal Biological Psychology juga menyebutkan bahwa rutin berhubungan seks dapat mencegah naiknya tekanan darah ketika Anda mengalami stres. Selain itu berhubungan seks juga membuat Anda merasa lebih bahagia dan suasana hati menjadi lebih baik.

4. Mengurangi Rasa Sakit

Berhubungan seks juga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Orgasme yang Anda rasakan akan merangsang aliran darah sehingga menyebabkan nyeri di beberapa bagian tubuh berkurang.

Beberapa rangsangan pada vagina dapat membantu meredakan nyeri di punggung dan kaki serta membantu mengurangi nyeri menstruasi.

5. Membuat Anda Tampak Awet Muda

Orang yang rutin berhubungan seks dengan pasangan cenderung terlihat lebih muda beberapa tahun dari usia mereka yang sebenarnya. Belum diketahui hubungan langsung antara bercinta dengan tampilan awet muda ini namun para peneliti menduga hal tersebut disebabkan kombinasi dari perasaan bebas stres, pelepasan hormon bahagia, suasana hati yang lebih baik serta peredaran darah yang lebih lancar akibat bercinta.

 

Berhubungan seks dengan pasangan dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan, baik secara fisik maupun batin. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut Anda juga perlu menerapkan seks yang aman dengan pasangan. Perilaku seks berisiko dapat meningkatkan risiko penularan penyakit menular seksual, kehamilan yang tidak direncanakan dan risiko penyakit lainnya.

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

 

Bagikan :

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr Nadia Opmalina
Last Updated : Thursday, 08 September 2022

Robinson, K. 10 Surprising Health Benefits of Sex. Available from: https://www.webmd.com/sex-relationships/guide/sex-and-health#1

Vann, M. (2017). 7 Healthy Reasons You Should Have Sex — Right Now!.  Available from: https://www.everydayhealth.com/sexual-health/seven-healthy-reasons-to-have-sex-right-now.aspx

 

Cleveland Clinic. (2022). 5 Benefits of a Healthy Sex Life. Available from: https://health.clevelandclinic.org/benefits-of-sex/