Nutrisi dan Manfaat Sagu bagi Kesehatan

Ilustrasi sagu. Credit: Freepik

Bagikan :


Sagu adalah salah satu bahan makanan yang populer di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Tanaman ini adalah salah satu tanaman tertua di wilayah tersebut dan banyak digunakan sebagai bahan makanan pokok. Selain sumber karbohidrat yang baik, sagu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

 

Kandungan Nutrisi Sagu

Sagu adalah jenis pati yang diekstrak dari pohon palem tropis seperti Metroxylon sagu. Tanaman ini termasuk bahan makanan serbaguna dan merupakan salah satu sumber karbohidrat di kompleks beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia dan Papua Nugini. Walaupun tidak terlalu bernutrisi, sagu kaya akan karbohidrat, salah satu sumber energi penting bagi tubuh.

Saat ini ada dua jenis sagu yang tersedia di pasaran yaitu tepung dan mutiara. Anda dapat mengolah sagu ke dalam berbagai hidangan makanan atau minuman, juga makanan bagi para pelaku diet.

Beberapa kandungan nutrisi sagu antara lain:

  • Kalori: 332
  • Protein: <1 gram
  • Lemak: <1 gram
  • Karbohidrat: 83 gram
  • Serat: kurang dari 1 gram
  • Seng: 11% dari Referensi Asupan Harian (RDI)

Selain seng, sagu rendah kandungan vitamin dan mineralnya. Hal ini membuat nutrisinya lebih rendah dibandingkan banyak jenis tepung seperti gandum utuh atau soba, yang biasanya mengandung lebih banyak nutrisi, seperti protein dan vitamin B. Meskipun demikian, sagu secara alami bebas gluten sehingga cocok untuk dikonsumsi pengidap penyakit celiac atau intoleransi gluten.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum Manfaat Ubi Untuk Kesehatan Tubuh?

 

Manfaat Sagu bagi Kesehatan

Mengonsumsi sagu memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

Memulihkan energi setelah olahraga

Dilansir dari Livestrong, salah satu manfaat mengonsumsi sagu adalah mampu memberi energi yang baik untuk olahraga, dan bisa menjadi pilihan makanan baik sebelum atau setelah berolahraga di cuaca yang hangat dan lembap. Sagu menjadi salah satu opsi makanan yang mudah diakses masyarakat.

Mengandung antioksidan

Antioksidan dapat membantu mencegah beberapa kerusakan yang bisa disebabkan oleh radikal bebas. Jika tubuh memiliki banyak radikal bebas, hal ini dapat menyebabkan kerusakan sel yang memicu terjadinya beragam kondisi seperti peradangan sendi, kerusakan sel otak, peningkatan risiko penyakit jantung koroner atau percepatan penuaan.

Sebuah penelitian in-vitro mengungkapkan bahwa tanaman sagu kaya akan antoksidan seperti tanin dan falvonoid yang berfungsi sebagai antioksidan dengan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi peradangan dan risiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga: Mengenal Sorgum, Biji-Bijian Pengganti Bahan Makanan Pokok yang Kaya Manfaat

Bebas gluten

Karena tidak mengandung gluten, orang-orang dengan penyakit celiac atau intoleransi gluten bisa memakan sagu tanpa mengalami reaksi seperti diare, kembung, atau nyeri perut.

Salah satu sumber kalsium

Sagu mengandung kalsium yang dapat membantu menjaga kekuatan tulang. Mengonsumsi kalsium yang cukup dapat membantu mengurangi risiko terjadinya tulang keropos atau osteoporosis.

 

Apakah Ada Risiko dari Mengonsumsi Sagu?

Sagu merupakan bahan makanan yang mengandung karbohidrat dan aman untuk dikonsumsi. Namun perlu diperhatikan jika makan sagu secara berlebihan, sagu dapat meningkatkan berat badan, apalagi jika Anda tidak hanya banyak memakannya namun juga dikonsumsi bersama lauk pauk yang mengandung lemak tinggi.

Anda bisa mengonsumsi sagu lebih sehat dengan mengimbanginya bersama lauk yang sehat dan mengandung gizi seimbang seperti serat, mineral, dan protein. Anda juga dianjurkan untuk membatasi porsi konsumsi sagu per hari, yaitu tidak lebih dari 1 1/2 cangkir per porsi.

Sagu merupakan bahan makanan pokok yang dapat digunakan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Namun Anda tetap perlu memerhatikan jumlah porsi harian dan menu lainnya yang dikonsumsi bersamaan dengan sagu. Bila memiliki pertanyaan seputar konsumsi sagu, sebaiknya konsultasikan ke ahli gizi atau manfaatkan fitur konsultasi pada aplikasi Ai Care. 

 

Mau tahu informasi seputar nutrisi, makanan dan tips diet lainnya? Cek di sini, ya!

 

 

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr Hanifa Rahma
Last Updated : Rabu, 29 Mei 2024 | 17:03

What Is Sago, and Is It Good for You?. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/sago

Haley, C. (2019). What Are the Health Benefits of Sago?. Available form: https://www.livestrong.com/article/470302-what-are-the-health-benefits-of-sago/

Higuera, V. (2020). Is Sabudana Good for Weight Loss?. Available from: https://www.healthline.com/health/food-nutrition/is-sabudana-good-for-weight-loss

Gupta, S. (2023). Sabudana (Sago Pearls): Uses, Benefits, Side Effects & More!. Available from: https://pharmeasy.in/blog/ayurveda-uses-benefits-side-effects-precautions-of-sabudana/