Tips Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

Credit: Freepik. Penyakit jantung koroner dapat menyebabkan serangan jantung.

Penyakit jantung koroner termasuk salah satu penyakit jantung yang banyak terjadi di masyarakat. Penyakit jantung koroner dapat menyebabkan serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian. Apabila Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung maka sebaiknya perlu memahami upaya pencegahan penyakit jantung koronoer untuk menjaga kesehatan jantung.

 

Apa Itu Penyakit Jantung Koroner?

Penyakit jantung koroner merupakan penyebab kematian tertinggi di beberapa negara di dunia. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah arteri koroner yang memasok darah ke jantung kesulitan menyuplai darah, oksigen dan nutrisi ke otot jantung. Biasanya hal ini disebabkan oleh penumpukan plak di arteri jantung atau peradangan yang menyebabkan pembuluh darah menyempit.

Bila plak yang terdapat dalam pembuluh darah pecah, akan terbentuk gumpalan darah yang menyumbat arteri koroner dan menghambat aliran darah menuju jantung. Kondisi ini menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung.

 

Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

Sebagian penyakit jantung termasuk penyakit jantung koroner sering kali tidak menunjukkan gejala awal. Beberapa orang baru mengetahui ia memiliki masalah jantung ketika terjadi serangan jantung atau gagal jantung. Untuk itu, penting melakukan pencegahan penyakit jantung koroner untuk meminimalisir risiko tersebut.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung di antaranya:

1. Berhenti Merokok

Rokok mengandung berbagai zat berbahaya yang memengaruhi kerja jantung dan pembuluh darah. Merokok bukan hanya dapat meningkatkan tekanan darah namun juga merusak dinding pembuluh darah sehingga memicu terjadinya aterosklerosis. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah menyempit dan meningkatkan risiko darah mudah menggumpal yang membuat jantung bekerja lebih berat.

2. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Apabila Anda memiliki tekanan darah tinggi, maka dokter akan merekomendasikan untuk mengontrol tekanan darah tersebut dengan mengonsumsi obat-obatan pengontrol tekanan darah. Untuk menjaga tekanan darah, Anda dapat mengurangi konsumsi garam dan mengurangi makanan yang mengandung lemak jahat.

3. Makan Makanan Sehat

Makanan yang Anda konsumsi sehari-hari juga memengaruhi tekanan darah Anda. Bagi pemilik darah tinggi, Anda dianjurkan makan makanan yang rendah garam, makanan yang tidak mengandung lemak jenuh, dan memperbanyak makanan yang mengandung serat.

Meski perlu membatasi sejumlah makanan, namun Anda tetap perlu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan yang dianjurkan antara lain makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon dan tuna, atau makanan yang kaya protein nabati seperti kacang-kacangan.

4. Rutin Berolahraga

Berolahraga dengan rutin dapat membantu menjaga tekanan darah. Olahraga bukan hanya baik untuk melancarkan peredaran darah namun juga membantu membakar lemak, menurunkan kolesterol dan menjaga berat badan.

Olahraga yang bisa Anda lakukan di antaranya berjalan pagi, berenang, senam, atau olahraga aerobik lainnya. Lakukan olahraga secara rutin minimal 150 menit per minggu untuk mendapatkan hasil optimal.

5. Menjaga Kadar Gula Darah

Bukan hanya tekanan darah tinggi, kadar gula darah yang tinggi juga perlu Anda waspadai untuk meminimalisir penyakit jantung koroner. Konsumsi obat diabetes sesuai anjuran dokter, kurangi gorengan dan makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi serta perbanyak olahraga untuk membantu menjaga kadar gula darah.

 

Kesehatan jantung erat kaitannya dengan gaya hidup Anda sehari-hari. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, Anda dapat meminimalisir risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung Anda.

Mau tahu informasi seputar penyakit lainnya? Cek di sini, ya!

 

Bagikan :

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr Nadia Opmalina
Last Updated : Tuesday, 20 September 2022

NHS. Coronary Heart Disease. Available from: https://www.nhs.uk/conditions/coronary-heart-disease/prevention/

Mayo Clinic. Coronary Artery Disease. Available from; https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/coronary-artery-disease/symptoms-causes/syc-20350613

 

Family Doctor Editorial Staff. (2022). Coronary Artery Disease (CAD). Available from: https://familydoctor.org/condition/coronary-artery-disease-cad/