Tips Mempersiapkan Kehamilan yang Sehat

Credits: Freepik

ADS

287 x 220

Bagikan :


Kehamilan normal berlangsung sekitar 40 minggu, di mana kehamilan dihitung dari hari pertama haid terakhir. Kehamilan kemudian dibagi menjadi tiga trimester, yang masing-masing berlangsung sekitar 13 minggu.

Pada trimester pertama, embrio berkembang menjadi janin. Organ-organ dasar dan sistem-sistem tubuh mulai terbentuk. Di trimester berikutnya, pertumbuhan janin makin pesat hingga organ-organ tambahan makin menguat dan bayi siap dilahirkan di akhir trimester ketiga. Demi kehamilan yang sehat hingga persalinan, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan.

 

Tips Mempersiapkan Kehamilan yang Sehat

Minum vitamin prenatal

Pemenuhan kebutuhan nutrisi saat merencanakan kehamilan sangat penting untuk kesehatan ibu dan perkembangan janin. Salah satu vitamin prenatal yang perlu dikonsumsi, bahkan saat perencanaan kehamilan adalah asam folat. Asam folat sangat penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin seperti spina bifida sehingga perlu dikonsumsi setiap hari selama 12 minggu pertama kehamilan.

Dosis umum asam folat yang direkomendasikan adalah sekitar 400 mcg per hari. Selain itu, ada beberapa jenis suplemen tambahan lain yang dibutuhkan di antaranya:

  • Zat besi untuk mencegah anemia dan mendukung pertumbuhan janin
  • Kalsium dan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin
  • Vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi dan mendukung sistem kekebalan tubuh
  • Vitamin A dengan dosis yang tepat untuk perkembangan mata, tulang, dan sistem kekebalan
  • Vitamin E untuk membantu melindungi oleh sel-sel dari kerusakan
  • Vitamin B kompleks untuk membantu berbagai fungsi tubuh termasuk metabolisme energi dan pembentukan sel darah
  • Seng untuk pertumbuhan sel dan perkembangan otak janin
  • Yodium diperlukan untuk pembentukan hormon tiroid yang penting untuk perkembangan saraf janin

Baca Juga: Manfaat Asam Folat dan Dosis Selama Kehamilan

Berolahraga

Tetap aktif sangat penting untuk kesehatan ibu hamil secara umum karena dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi, dan meningkatkan suasana hati. Penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga memiliki banyak manfaat untuk mendukung kehamilan yang sehat termasuk menurunkan risiko preeklamsia.

Untuk pilihan olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda, tetap dibutuhkan konsultasi dengan dokter sehingga dokter dapat membantu merekomendasikan jenis olahraga yang sesuai.

Menghindari paparan asap rokok

Selain berhenti merokok dan minum minuman beralkohol, Anda perlu menghindari paparan asap rokok. Paparan asap rokok baik secara langsung maupun tidak langsung dapat berdampak negatif pada ibu hamil dan perkembangan bayi, seperti berat badan lahir rendah, cacat lahir, dan SIDS (sindrom kematian bayi mendadak).

Berhati-hati dalam tugas sehari-hari

Untuk kehamilan yang sehat, Anda juga perlu berhati-hati dalam melakukan tugas sehari-hari. Risiko paparan bahan berbahaya dan kuman selama kehamilan bisa menyebabkan terganggunya kehamilan dan juga janin.

Hindari memanjat tangga atau bangku tinggi, mengganti pasir hewan piaraan, membersihkan kotoran hewan piaraan, menggunakan bahan kimia keras untuk membersihkan rumah, berdiri dalam waktu terlalu lama, makan daging atau sayuran mentah, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Bahaya Menjadi Thirdhand Smoker Selama Kehamilan

Tidak sembarangan minum obat

Beberapa obat atau suplemen mungkin memiliki risiko dan efek samping yang tidak diinginkan dan berbahaya bagi kehamilan. Untuk itu apabila Anda memiliki keluhan kesehatan apa pun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter dan tidak sembarangan minum obat.

Dokter dapat membantu merekomendasikan obat yang aman bagi kehamilan dan bisa mengatasi keluhan Anda.

Sering mencuci tangan

Mencuci tangan dapat melindungi diri dari infeksi selama kehamilan. Tindakan sederhana ini dapat memberikan perlindungan yang cukup efektif dan menghindarkan Anda dari infeksi berbahaya seperti streptokokus B, cacar air, CMV, influenza, Covid-19, dan lain sebagainya.

 

Selain melakukan semua hal di atas, jangan lewatkan janji temu dengan dokter untuk memantau perkembangan kehamilan Anda hingga persalinan nanti.

Memiliki pertanyaan lain seputar kehamilan? Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan dengan mengunduh aplikasi Ai Care melalui App Store atau Play Store.

Mau tahu informasi seputar kehamilan, menyusui, kesehatan wanita dan anak-anak? Cek di sini, ya!

 

 

Writer : Agatha Writer
Editor :
  • dr. Monica Salim
Last Updated : Kamis, 1 Februari 2024 | 12:18

Pregnancy Birth&Baby (2022). Healthy diet during pregnancy. Available from: https://www.pregnancybirthbaby.org.au/healthy-diet-during-pregnancy 

My Health Finder (2023). Have a Healthy Pregnancy. Available from: https://health.gov/myhealthfinder/pregnancy/doctor-and-midwife-visits/have-healthy-pregnancy 

Laurie Herr (2023). 22 Healthy Pregnancy Tips for the Whole 9 Months. Available from: https://www.parents.com/pregnancy/my-body/pregnancy-health/healthy-pregnancy-tips/ 

NHS UK (2023). Vitamins, supplements and nutrition in pregnancy. Available from: https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/vitamins-supplements-and-nutrition 

Mayo Clinic (2022). Prenatal vitamins: Why they matter, how to choose. Available from: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/prenatal-vitamins/art-20046945 

March of Dimes (2020). Exercise during pregnancy. Available from: https://www.marchofdimes.org/find-support/topics/pregnancy/exercise-during-pregnancy 

March of Dimes (2019). Smoking during pregnancy. Available from: https://www.marchofdimes.org/find-support/topics/pregnancy/smoking-during-pregnancy 

Pregnancy Birth & Baby (2022). Toxoplasmosis. Available from: https://www.pregnancybirthbaby.org.au/toxoplasmosis 

Cleveland Clinic (2018). Medicine Guidelines During Pregnancy. Available from: https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/4396-medicine-guidelines-during-pregnancy