• Beranda
  • Lifestyle
  • Butylene Glycol Membantu Penyerapan Lebih Baik Dalam Skin Care

Butylene Glycol Membantu Penyerapan Lebih Baik Dalam Skin Care

Credits: Freepik

Bagikan :


Bagi beberapa orang, rutinitas perawatan wajah mungkin tampak seperti hal yang sia-sia. Namun, faktanya modal nutrisi yang seimbang dan minum air putih saja tidaklah cukup. Selain perawatan dari dalam, kulit juga membutuhkan asupan di lapisan luar kulit.

Bagaimana cara skincare agar bisa diserap baik dan bekerja efektif?

 

Mengenal Apa itu Butylene Glycol

Butylene glycol adalah golongan alkohol organik sebagai salah satu bahan yang biasa ditemukan dalam produk skincare, produk perawatan rambut dan produk perawatan kecantikan lainnya. Fungsinya mirip seperti Propylene glycol, hanya saja Butylene glucol tidak terlalu mengiritasi kulit.

 

Manfaat Butylene Glycol

Walaupun termasuk jenis alkohol organik, Butylene glycol dinyatakan aman digunakan sebagai salah satu bahan dalam produk perawatan kulit. Salah satu kelebihannya adalah tidak menyebabkan iritasi dan juga kulit kering.

Berikut adalah beberapa manfaat Butylene glycol:

 

Membantu menghidrasi kulit

Sifat humektan Butylene glycol membantu menarik dan mengikat air. Sehingga ketika diaplikasikan pada kulit, Butylene glycol akan menarik air dari lapisan kulit yang lebih dalam ke permukaan kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi serta lembap.

 

Baca Juga: Di Usia Berapa Perlu Mulai Menggunakan Skincare?

 

Melembutkan dan melembapkan

Butylene glycol juga berfungsi sebagai emolien, yang membantu melembutkan dan menghaluskan permukaan kulit. Saat diaplikasikan di kulit, ia akan membentuk lapisan tipis yang melindungi kulit dari kehilangan air serta mencegah penguapan air melalui kulit.

Kulit yang terjaga hidrasinya akan lebih terasa halus dan terlihat sehat. Bila digunakan rutin, maka akan membantu mengurangi masalah kulit yang berkaitan dengan kekeringan seperti kekakuan, kemerahan dan kulit terasa kencang.

 

Mempertahankan tekstur

Peran utama Butylene glycol selain membantu mengikat air juga sebagai pelarut, yang bisa membantu bahan lain tetap larut, konsisten dan stabil.

 

Mengurangi viskositas

Dalam formulasi produk, Butylene glycol membantu mengurangi kekentalan (viskositas) dan mencegah bahan-bahan lain yang terkandung di dalamnya saling menempel dan menggumpal. Dengan demikian, produk perawatan kulit akan lebih mudah diaplikasikan secara merata dan diserap dengan baik oleh kulit.

 

Membantu menstabilkan produk

Manfaat lain dari Butylene glycol adalah sebagai penstabil yang mencegah bahan aktif kehilangan rasa, aroma atau sifat lain yang penting. Dalam kata lain, bahan ini membantu mencegah produk mengkristal dan mengering serta mengalami perubahan fisik yang tidak diinginkan.

Dengan adanya kandungan Butylene glycol, maka produk akan lebih tahan lama, konsisten dan bisa memberikan manfaat dalam jangka waktu lebih lama.

 

Baca Juga: Risiko Membeli dan Menggunakan Skincare Share in Jar

 

Membantu mengawetkan produk

Butylene glycol juga bertindak sebagai pengawet, di mana sifat antimikrobanya membantu mencegah pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan kerusakan produk.

Penting juga untuk menjaga kebersihan produk dengan mengikuti panduan keamanan, aturan penggunaan serta menyimpan produk di tempat yang disarankan agar tidak meningkatkan risiko kontaminasi.

 

Mengobati gejala jerawat

Butylene glycol sering ditemukan sebagai salah satu bahan dalam produk obat jerawat. Meskipun tidak secara langsung melawan jerawat, namun sifat antimikrobanya membantu melawan bakteri penyebab jerawat sehingga peradangan dan iritasi akibat jerawat bisa dikurangi.

 

Sekalipun dianggap sebagai bahan yang aman tidak semua orang mungkin cocok dengan produk yang mengandung Butylene glycol. Demi keamanan kulit, sebaiknya konsultasikan dahulu penggunaan produk perawatan kulit dengan dokter atau ahli dermatologi yang tepercaya.

Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan dengan mengunduh aplikasi Ai Care melalui App Store atau Play Store di ponsel Anda.

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

 

 

Writer : Agatha Writer
Editor :
  • dr. Monica Salim
Last Updated : Jumat, 14 Juni 2024 | 18:49

Rachel Ann Tee-Melegrito (2022). What to know about butylene glycol. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/butylene-glycol#side-effects 

Kathryn Watson (2019). What Is Butylene Glycol and Is It Bad for My Health?. Available from: https://www.healthline.com/health/butylene-glycol 

Harvard Medical School (2019). Moisturizers: Do they work?. Available from: https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/moisturizers-do-they-work 

Jessica Migala (2023). 5 Reasons Why a Skin-Care Routine Is Good for Your Mental Health. Available from: https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/5-reasons-maintaining-a-skin-care-routine-is-good-for-your-mental-health/ 

Kristeen Cherney (2019). How Humectants Keep Hair and Skin Moisturized. Available from: https://www.healthline.com/health/humectant 

Healthline (2018). What’s the Best Way to Use an Emollient?. Available from: https://www.healthline.com/health/emollient