• Beranda
  • Self-help
  • Mengenal Olahraga Strong Nation, Efektifkah untuk Menurunkan Berat Badan?

Mengenal Olahraga Strong Nation, Efektifkah untuk Menurunkan Berat Badan?

Ilustrasi Strong Nation. Credit: Freepik

Bagikan :


Olahraga Strong Nation belakangan ini makin mudah dijumpai di berbagai tempat kebugaran di Indonesia. Olahraga ini menggabungkan gerakan aerobik yang diikuti dengan musik, mirip dengan zumba. Seperti apa olahraga Strong Nation dan efektifkah untuk menurunkan berat badan? Simak ulasannya berikut ini.

 

Apa Itu Strong Nation?

Olahraga Strong Nation dulunya dikenal dengan nama Strong by Zumba. Berbeda dengan zumba yang lebih banyak memasukkan elemen tarian dengan gerakan olahraga, Strong Nation tidak memiliki gerakan tarian. Strong Nation merupakan program kardio yang fokus pada latihan berat badan dan plyometrik seperti burpee, high knees, squat, lunges, planks, menendang, memukul, dan lain-lain.

Dalam Strong Nation, sinkronisitas antara gerakan dan musik menjadi salah satu keunggulan utama. Musik pada Strong Nation dirancang khusus untuk berolahraga sehingga menghasilkan gerakan yang selaras dan mudah dinikmati. Gerakan yang sinkron dengan musik membuat peserta tidak perlu fokus pada repetisi gerakan, sehingga dapat fokus pada form gerakan yang sempurna.

Kelas Strong Nation dilakukan dalam durasi 45 menit hingga 1 jam dengan membagi latihan menjadi 4 kuadaran dan diikutii dengan sesi istirahat di antara kuadaran. Setiap kuadaran akan diikuti dengan peningkatan intensitas latihan secara bertahap. Pada kuadran akhir, peserta akan berlatih latihan inti lantai seperti side planks, Russian twists, leg lifts, dan bridges. 

Gambar 1. Ilustrasi posisi glute bridges. Credit: Freepik

Olahraga Strong Nation bisa diikuti oleh pemula hingga tingkat mahir, namun perlu disesuaikan dengan intensitas gerakannya. Olahraga ini bukan hanya melatih kekuatan dan inti tubuh, namun juga dapat meningkatkan kebugaran secara keseluruhan, meningkatkan tonus otot, dan meningkatkan daya tahan.

Baca Juga: Bolehkah Wanita Hamil Olahraga Pound Fit?

 

Strong Nation untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga Strong Nation termasuk olahraga intensitas tinggi atau high-intensity interval training (HIIT) yang memiliki sejumlah manfaat, di antaranya:

  • Membakar kalori dalam waktu singkat
  • Meningkatkan metabolisme
  • Membantu membakar lemak lebih optimal
  • Membentuk massa otot
  • Meningkatkan konsumsi oksigen
  • Menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah

Dalam membakar kalori, olahraga Strong Nation diperkirakan membakar kalori sebanyak 400-600 kalori tergantung dari intensitas olahraga dan kondisi masing-masing peserta.

Olahraga HIIT umumnya membakar kalori lebih banyak dari olahraga lain yang dilakukan dalam durasi waktu yang sama, membuatnya efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Strong Nation juga dapat membantu mengurangi massa lemak total dan visceral lebih efektif dan menambah massa otot secara bersamaan.

Jika diikuti dengan perubahan gaya hidup sehat seperti menjaga pola makan, tidur cukup, olahraga rutin, dan mengelola stres yang baik, olahraga Strong Nation bisa menjadi pilihan untuk membantu menurunkan berat badan. 

Baca Juga: Waspada Gejala Masalah Jantung saat Sedang Berolahraga

 

Tips Memulai Olahraga HIIT

Olahraga HIIT seperti Strong Nation bukan hanya membantu menurunkan berat badan namun juga meningkatkan kebugaran secara keseluruhan. Jika Anda ingin memulai olahraga HIIT, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba:

  • Mulai dari intensitas rendah untuk mempermudah tubuh beradaptasi. Secara bertahap, tingkatkan intensitas Anda menjadi tingkat mahir.
  • Jika memiliki nyeri sendi, sebaiknya sampaikan pada instruktur atau mulailah dengan olahraga ringan seperti bersepeda atau berenang.
  • Mulailah dengan hanya 1-2 siklus latihan dalam seminggu. Latihan HIIT sangat menguras energi sehingga tubuh juga memerlukan pemulihan untuk menghindari cedera. 

 

Strong Nation bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin latihan HIIT dan menurunkan berat badan. Sebelum mulai berolahraga sebaiknya konsultasikan dengan instruktur untuk menyesuaikan olahraga dengan kondisi kesehatan Anda. Anda juga bisa memanfaatkan fitur konsultasi yang tersedia pada aplikasi Ai Care. 

 

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr Nadia Opmalina
Last Updated : Jumat, 5 Juli 2024 | 12:38

Ewumi, O. (2023). HIIT workouts for weight loss. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/hiit-workouts-weight-loss#

Strong Nation. Available from: https://activefitnessmedowie.com.au/classes/strong-nation/#

Aiello, M. (2017). How STRONG by Zumba’s High-Intensity Workout Will Get Your Gym Members Moving. Available from: https://www.healthandfitness.org/improve-your-club/how-strong-by-zumbas-high-intensity-workout-will-get-your-gym-members-moving/#

Tinsley, G. (2023). 7 Benefits of High Intensity Interval Training (HIIT). Available from: https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-hiit#what-it-is

Laguaite, M. (2023). Best Exercises for Weight Loss. Available from: https://www.webmd.com/fitness-exercise/ss/slideshow-exercises-weightloss

Strong Nation. About The Class. Available from: https://strong.zumba.com/en-US/class#