Tanda-Tanda Mengalami Ejakulasi Dini

Credits: Freepik

Bagikan :


Ejakulasi dini merupakan masalah seksual yang paling umum dialami oleh pria. Masalah ini tidak hanya memengaruhi kemungkinan pasangan untuk hamil, namun juga menyebabkan stres dan kecemasan, harga diri yang rendah, serta menyebabkan ketegangan dengan pasangan.

Tidak semua orang menyadari bahwa mereka mengalami ejakulasi dini. Mereka juga mungkin menganggap masalah ini sebagai sesuatu yang tidak penting atau tidak layak diperhatikan. Di dalam artikel ini, akan dibahas apa itu ejakulasi dini dan bagaimana tanda-tanda bila mengalaminya.

 

Apa itu Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini terjadi ketika air mani keluar dari tubuh lebih cepat dari yang diinginkan saat berhubungan seksual. Ini biasanya terjadi dalam waktu sangat singkat setelah penetrasi vaginal, atau, bahkan sebelum penetrasi terjadi.

Sebenarnya tidak ada waktu pasti kapan Anda harus ejakulasi saat berhubungan seks. Namun, jika ejakulasi terjadi terlalu cepat dan menyebabkan ketidakpuasan seksual atau gangguan dalam hubungan, maka Anda perlu mendapatkan evaluasi dokter.

Ejakulasi dini menjadi keluhan seksual yang umum terjadi, dan bisa dialami pria di berbagai rentang usia. Penting untuk mengenali tanda-tanda ejakulasi dini dan mendapatkan pengobatan sebelum masalah ini berkembang dan memengaruhi kesejahteraan seksual serta psikis.

Baca Juga: Rasa Sakit Saat Ejakulasi, Ternyata Inilah Penyebabnya

 

Tanda-Tanda Ejakulasi Dini

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa tidak ada waktu pasti kapan Anda harus ejakulasi. Namun, Anda mungkin perlu mewaspadai ejakulasi dini apabila mengalami beberapa tanda berikut ini:

  • Tidak bisa menunda ejakulasi lebih dari tiga menit setelah penetrasi vaginal
  • Ejakulasi yang lebih cepat tidak hanya terjadi saat berhubungan seksual dengan pasangan, namun juga saat masturbasi atau situasi seksual lainnya

Baca Juga: Makanan Ini Dapat Membantu Mengatasi Ejakulasi Dini

 

Apakah Ejakulasi Dini Bisa Diobati?

Ejakulasi dini umumnya bisa diobati. Namun, biasanya dokter akan membantu mencari apa penyebab yang melatarbelakangi ejakulasi dini tersebut.

Tidak ada penyebab utama seseorang bisa mengalami ejakulasi dini. Biasanya ini karena kombinasi kondisi psikis dan fisik seperti stres, depresi, kecemasan, rasa bersalah, masalah dengan hubungan, kurang percaya diri dengan kondisi fisik, pelecehan seksual yang dialami, kadar hormon yang tidak normal, disfungsi ereksi, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui apa yang melatarbelakangi ejakulasi dini, dokter akan merekomendasikan perawatan dan pengobatan. Berikut adalah beberapa opsi pengobatan yang umum digunakan:

  • Terapi perilaku termasuk terapi seksual untuk membantu mengontrol ejakulasi dan menunda waktu ejakulasi
  • Terapi perilaku kognitif yang bertujuan mengubah pola pikir atau perilaku yang mungkin berkontribusi terhadap ejakulasi dini
  • Meresepkan beberapa obat-obatan seperti antidepresan, yang dapat membantu meningkatkan kontrol ejakulasi
  • Melatih otot panggul seperti latihan kegel yang dapat membantu memperkuat otot-otot yang mengontrol ejakulasi
  • Konseling atau terapi seksual yang dapat membantu pria dan pasangannya menjelajahi masalah yang mendasari ejakulasi dini, seperti masalah hubungan, kecemasan, atau trauma masa lalu

Karena ejakulasi dini adalah masalah yang umum, maka Anda tidak perlu malu untuk membicarakan dan berkonsultasi dengan dokter. Justru dengan pemeriksaan dini dokter dapat merekomendasikan pengobatan yang tepat sehingga masalah Anda juga bisa diatasi lebih cepat.

Memiliki pertanyaan lain seputar ejakulasi dini? Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan dengan mengunduh aplikasi Ai Care melalui App Store atau Play Store.

Mau tahu informasi seputar penyakit lainnya? Cek di sini, ya!

 

 

Writer : Agatha Writer
Editor :
  • dr. Monica Salim
Last Updated : Rabu, 15 Mei 2024 | 15:16

Mayo Clinic (2022). Premature ejaculation. Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/premature-ejaculation/symptoms-causes/syc-20354900 

Cleveland Clinic (2023). Ejaculation. Available from: https://my.clevelandclinic.org/health/articles/24973-ejaculation 

Marissa Crowdis, et al(2023). Premature Ejaculation. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK546701/ 

WebMD (2024). Premature Ejaculation. Available from: https://www.webmd.com/sex/what-is-premature-ejaculation 

Mount Sinai. Premature ejaculation. Available from: https://www.mountsinai.org/health-library/diseases-conditions/premature-ejaculation