Atasi Bau Mulut Dengan Bahan Yang Ada di Dapur

Bau mulut (halitosis) adalah kondisi yang tidak berbahaya namun bisa sangat mengganggu performa Anda. Bau mulut biasanya disebabkan karena ada bakteri di mulut atau tenggorokan. Bakteri tersebut tinggal di gigi dan makan sisa-sisa makanan yang terselip di gigi. Bakteri tersebut kemudian melepaskan senyawa belerang yang menghasilkan bau busuk.

Sekalipun 90% kasus bau mulut akibat adanya bakteri, namun bau mulut juga bisa mengindikasi sebuah penyakit yang sedang menyerang. Dilansir Healthline, adanya infeksi pencernaan, komplikasi diabetes, gagal ginjal, atau refluks asam lambung juga bisa ditandai dengan bau mulut.

Apabila bau mulut sudah sangat mengganggu dan tidak cukup diatasi dengan sikat gigi teratur dan berkumur, maka Anda perlu berkunjung ke dokter gigi untuk memeriksanya. Dokter gigi akan membantu Anda menemukan penyebab bau mulut, apakah bakteri atau penyakit lain.

Nah, berikut adalah bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur, yang dapat mengatasi problem bau mulut ringan.

Daun parsley

Daun ini keluarga seledri, warnanya hijau dan daunnya lebat. Parsley memiliki efek menghilangkan bau. Penelitian menunjukkan parsley efektif mengatasi penumpukan komponen sulfur penyebab bau mulut.

Jus nanas

Sekalipun belum ada penelitian yang membuktikan, namun banyak orang percaya bahwa mengonsumsi jus nanas bisa memberikan efek instant menghilangkan bau mulut.

Yogurt

Kandungan bakteri lactobacillus di dalam yogurt mampu memerangi bakteri jahat baik di mulut maupun di pencernaan yang dapat menimbulkan bau mulut. Penelitian menunjukkan 80% orang berhasil mengatasi bau mulut dengan rutin mengonsumsi probiotik.

Susu

Mengonsumsi susu juga memberikan efek instant mengatasi bau mulut. Penelitian bahkan membuktikan bahwa aroma bawang bisa langsung hilang seketika Anda minum susu.

Jeruk

Kandungan vitamin C dalam jeruk menurut penelitian dapat meningkatkan produksi air liur yang bermanfaat mencuci aroma tak sedap yang dihasilkan bakteri di dalam mulut.

Teh hijau

Salah satu penangkal bau mulut lainnya adalah teh hijau. Manfaat desinfektan dan penghilang bau teh hijau dapat bertahan lama. Anda juga bisa menambahkan daun mint untuk membuat napas jadi lebih segar.

Apel

Studi menemukan bahwa apel dapat menghilangkan aroma bawang. Adalah kandungan alami di dalam apel yang dapat menetralisir aroma tidak sedap bawang. Kandungan tersebut juga dipercaya dapat menetralisir bau tak sedap di mulut.

Baking soda

Tidak untuk dimakan, tetapi Anda bisa menggunakan baking soda untuk berkumur. Baking soda efektif membunuh bakteri di dalam mulut sehingga dapat mengurangi problem bau mulut.

Anda hanya perlu menggunakan 2 sdt baking soda dan mencampurkannya ke dalam 1 gelas air hangat. Gunakan berkumur selama 30 detik.

Cuka apel

Selain baking soda, Anda juga bisa menggunakan cuka untuk berkumur. Cuka apel meninggalkan lingkungan asam di dalam mulut yang tidak cocok sebagai tempat tinggal bakteri.

Tambahkan 2 sdm cuka apel ke dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik.

Nah, dari berbagai bahan yang bisa anda temukan di dapur, mana yang kamu tertarik untuk coba?

 

Bagikan :

Writer : Agatha Writer
Editor :
  • dr Ayu Munawaroh, MKK
Last Updated : Friday, 28 January 2022

Corinne O'Keefe Osborn. 2019. Things You Can Try at Home to Eliminate Bad Breath. Healthline. Availavle from : https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-bad-breath#_noHeaderPrefixedContent

Rebecca Joy Stanborough, MFA. 2020. What Causes Common Types of Bad Breath Smells? Healthline. Available from : https://www.healthline.com/health/types-of-bad-breath-smells

 

Mayo Clinic Staff. Bad breath. Mayo Clinic. 2018. Available from : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bad-breath/symptoms-causes/syc-20350922