• Beranda
  • Lifestyle
  • Tren Oil Gritting untuk Membersihkan Komedo Hitam, Benarkah Efektif?

Tren Oil Gritting untuk Membersihkan Komedo Hitam, Benarkah Efektif?

Ilustrasi komedo hitam. Credit: Freepik

Bagikan :


Komedo hitam (blackheads) di area hidung sering kali membuat Anda merasa tidak percaya diri. Belakangan ini di sosial media seperti TikTok sedang populer tren menghilangkan komedo hitam dengan metode oil gritting. Seperti apa metode oil gritting dan apa manfaat serta efek sampingnya bagi kulit? Simak ulasannya dalam artikel berikut.

 

Apa Itu Metode Oil Gritting?

Metode oil gritting atau dikenal juga dengan skin gritting adalah teknik membersihkan wajah menggunakan kombinasi pembersih muka berbahan dasar minyak, clay mask, dan pemijatan wajah untuk menghilangkan komedo hitam. Untuk melakukan metode ini, Anda hanya perlu mengoleskan cleansing oil ke seluruh wajah, diamkan selama 5 menit lalu pijat dengan lembut. Hasil pijatan akan menghasilkan rontokan komedo hitam dan kotoran yang dapat dilihat kasat mata. 

Pada metode skin gritting, beberapa orang melanjutkan metode tersebut dengan menggunakan masker tanah liat (clay mask). Namun banyak juga yang melanjutkannya dengan mencuci wajah dengan sabun muka untuk membersihkan sisa minyak yang menempel di kulit.  

Baca Juga: Perbedaan Antara Sebaceous Filaments dan Komedo Hitam

 

Efektifkah Metode Oil Gritting?

Pada metode oil gritting, sisa-sisa kotoran berwarna hitam yang terlepas dari wajah. Banyak yang menganggap kotoran ini adalah sebaceous filament, rambut halus yang menutupi pori-pori kulit yang memiliki tampilan mirip dengan komedo hitam. Namun dilansir dari Byrdie, kotoran ini sebenarnya adalah penumpukan sel kulit mati. Sebaceous filament sendiri sebenarnya adalah hal yang normal dialami siapa saja, karena berasal dari kelenjar minyak dan tidak bisa dihilangkan secara permanen.

Menurut dermatologis, metode oil gritting dapat membantu proses eksfoliasi kulit. Jika dilakukan secara rutin, metode ini dapat membantu membersihkan kulit dari tumpukan sel kulit mati. Namun metode ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan metode membersihkan muka lainnya. 

Bagi pemilik kulit sensitif, acne prone, atau yang sedang memiliki jerawat, metode ini justru tidak disarankan oleh para ahli. Memijat area wajah terlalu lama dan kencang dapat memperparah peradangan jerawat dan memicu iritasi. Akan tetapi jika Anda memiliki kulit normal atau tidak memiliki masalah dalam kadar keseimbangan minyak pada wajah maka metode ini mungkin bisa Anda terapkan sehari-hari. 

Dalam penggunaan minyak untuk oil gritting pun sebaiknya pilih jenis minyak yang memang diformulasikan untuk cleansing oil. Saat ini banyak beredar minyak nabati di pasaran yang juga digunakan untuk skincare, namun sebaiknya pilih minyak yang aman digunakan bagi kulit wajah. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan minyak zaitun untuk wajah, pilih minyak zaitun yang memang diformulasikan untuk skincare wajah. 

Baca Juga: Efektifkah Penggunaan Pore Pack untuk Mengusir Komedo?

 

Cara Menghilangkan Komedo pada Wajah

Komedo dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu komedo putih (whiteheads) dan komedo hitam (blackheads). Komedo putih adalah pori-pori yang tertutup oleh tumpukan minyak dan sel kulit mati, sedangkan komedo hitam adalah komedo yang mengalami oksidasi sehingga memiliki tampilan kehitaman di ujungnya. Berbeda dengan komedo hitam, pori-pori yang tersumbat tetap terbuka, kulit mati dan minyak yang menghambat tetap terpapar ke udara.

Untuk menghilangkan komedo, Anda bisa menggunakan produk skincare yang berbahan salicylic acid, azelaic acid, benzoyl peroxide dan retinol. Selain itu Anda juga bisa melakukan perawatan rumahan seperti menggunakan tea tree oil, scrub dengan gula atau garam, juga menggunakan daun teh hijau untuk eksfoliasi. 

Metode oil gritting yang populer di sosial media bisa Anda coba untuk membantu memebersihkan wajah dari komedo. Namun jika setelah mencoba muncul tanda iritasi, sebaiknya hentikan metode tersebut. Jika memiliki masalah kulit sebaiknya konsultasikan ke dokter atau manfaatkan fitur konsultasi pada aplikasi Ai Care. 

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

 

 

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr. Monica Salim
Last Updated : Rabu, 31 Januari 2024 | 13:43

Deng, D. (2024). Oil Gritting Is Trending on TikTok—But Is It the Real Deal?. Available from: https://www.byrdie.com/oil-gritting-8431875

Sharkey, L. (2019). Everything You Need to Know About Skin Gritting. Available from: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/gritting

Cleveland Clinic. Sebaceous Filamenst. Available from: https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/24571-sebaceous-filaments

Berry, J., Barrell, A. (2020). Sebaceous filaments: What to know. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/sebaceous-filaments

Cleveland Clinic. Blackheads. Available from: https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22038-blackheads

WebMD Editorial Contributors. (2023). How to Remove a Comedo. Available from: https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/how-to-remove-a-comedo