Cara Menurunkan Risiko Gagal Jantung

Credits: Freepik. Dengan memperbaiki gaya hidup, gagal jantung dapat dicegah.

Saat mendengar tentang gagal jantung, apa yang ada di dalam benak Anda? Gagal jantung bukan berarti jantung berhenti berdetak.

Gagal jantung terjadi ketika darah yang mengalir tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan oksigen tubuh. Akibatnya terjadilah masalah serius di dalam tubuh yang kerap ditandai dengan sesak napas, baik saat beraktivitas maupun saat sedang beristirahat.

 

Penyebab Gagal Jantung

Seiring bertambahnya usia, jantung akan kehilangan kemampuan untuk memompa darah. Pertambahan usia menjadi salah satu faktor penyebab gagal jantung, namun masih ada banyak faktor lain yang menyebabkan kerusakan pada otot jantung dan pada akhirnya memicu gagal jantung atau masalah jantung lainnya.

Berikut adalah beberapa faktor lain penyebab gagal jantung:

  • Aritmia
  • Kardiomiopati
  • Cacat jantung bawaan
  • Penyakit arteri koroner
  • Endokarditis (peradangan jantung)
  • Serangan jantung
  • Penyakit katup jantung
  • Tekanan darah tinggi
  • Adanya penyumbatan darah di paru-paru
  • Diabetes
  • Penyakit paru-paru parah, seperti penyakit paru obstruktif kronis
  • Obesitas
  • Sleep apnea (gangguan pernapasan saat tidur)
  • Kondisi lain seperti anemia parah, hipertiroidisme, pengobatan tertentu

 

Cara Menurunkan Risiko Gagal Jantung

Gaya hidup kurang sehat seperti merokok, makan makanan tinggi kandungan lemak dan kolesterol, serta kurang aktif bergerak juga dapat meningkatkan risiko gagal jantung serta kondisi jantung lain.

Berikut adalah beberapa cara untuk menurunkan risikonya:

Menjaga Tubuh Tetap Aktif

Tetap berolahraga dan juga aktif bergerak dapat membantu mencegah penyakit jantung, termasuk gagal jantung. Menurut American College of Sports Medicine (ACSM), untuk menjaga kesehatan tubuh dan jantung, Anda disarankan untuk berolahraga kardiovaskular dan latihan kekuatan otot tubuh setidaknya 150 menit per minggu.

Tentunya bila Anda memiliki riwayat kesehatan tertentu, sebaiknya diskusikan dengan dokter berapa lama waktu olahraga yang direkomendasikan, dan jenis olahraga apa yang aman untuk dilakukan.

Mengurangi Terlalu Lama Duduk

Terlalu lama duduk dapat menyebabkan Anda kurang aktif bergerak. Namun bagi sebagian pekerja kantor yang dituntut harus bekerja dengan menghabiskan waktu lama di balik meja, maka hal ini akan cukup menantang.

Untuk itu, bila Anda harus duduk dalam waktu yang lama maka usahakan untuk memaksakan diri untuk berdiri dan berjalan setiap satu jam sekali.

Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan kerusakan pada arteri jantung, yang tidak hanya memicu gagal jantung namun juga masalah jantung lainnya.

Membatasi Asupan Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah yang kecil mungkin tidak akan menyebabkan kerusakan pada jantung dan memengaruhi kondisi kesehatan, namun mengonsumsi dalam porsi yang besar dan juga sering dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jika Anda saat ini menderita gagal jantung, mengonsumsi alkohol dapat memperburuk kondisinya.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu cara lain menurunkan risiko gagal jantung adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal, atau indeks massa tubuh berada di antara 18,5 dan 24,9.

Pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas yang memiliki penumpukan lemak di perut dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. 

Mengelola Stres

Stres dapat meningkatkan tekanan darah. Peningkatan tekanan darah yang terus-menerus dapat membebani kerja jantung, sehingga berisiko menyebabkan masalah jantung, salah satunya gagal jantung.

Mencukupi Kebutuhan Tidur

Tidak cukup tidur dapat meningkatkan risiko gagal jantung dan kondisi kesehatan lainnya. Durasi tidur pendek yang kurang dari 5 jam telah terbukti berdampak negatif pada kesehatan. Secara khusus, peluang terkena penyakit jantung koroner atau stroke dan juga gagal jantung akan meningkat bila Anda kurang tidur.

Agar Anda bisa mendapatkan kembali tidur yang cukup dan berkualitas, maka batasi konsumsi kafein khususnya saat menjelang tidur, jauhkan gadget dari tempat tidur, dan konsultasikan dengan dokter apabila ada kondisi lain yang menyebabkan Anda kesulitan tidur.

 

Dengan mengubah gaya hidup sehat, maka Anda akan menurunkan risiko penyakit jantung termasuk gagal jantung dan juga risiko penyakit lainnya.

 

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

 

Bagikan :

Writer : Agatha Writer
Editor :
  • dr Nadia Opmalina
Last Updated : Friday, 16 September 2022

Amanda Gardner (2021). 10 Ways to Lower Your Risk of Heart Failure. Available from: https://www.webmd.com/heart-disease/heart-failure/heart-failure-lower-chances

Medline Plus (2022). Heart Failure. Available from: https://medlineplus.gov/heartfailure.html

American Heart Association (2017). What Causes Heart Failure?. Available from: https://www.heart.org/en/health-topics/heart-failure/causes-and-risks-for-heart-failure/causes-of-heart-failure

Cleveland Clinic (2022). How Often You Should Exercise. Available from: https://health.clevelandclinic.org/how-often-you-should-work-out

 

Ashley Marcin (2019). 10 Things That Happen to Your Body When You Lose Sleep. Available from: https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/what-happens-to-your-body-when-you-lose-sleep