Gaya Hidup Sehat yang Dianjurkan untuk Pengidap Asma

Ilustrasi makan makanan sehat untuk mencegah kambuhnya gejala asma. Credit: Freepik

ADS

287 x 220

Bagikan :


Asma adalah penyakit yang ditandai dengan peradangan kronis pada saluran napas. Serangan asma bisa muncul tiba-tiba dan mengganggu kehidupan sehari-hari. Orang yang mengidap asma perlu mengelola kondisinya dengan baik sepanjang hidupnya agar tidak terjadi serangan asma yang bisa muncul sewaktu-waktu.

Selain rutin mengonsumsi obat-obatan, menjaga gaya hidup sehat juga diperlukan untuk mencegah asma mudah kambuh. Seperti apa gaya hidup sehat yang dianjurkan bagi pengidap asma? Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

 

Gaya Hidup Sehat bagi Pengidap Asma

Mengonsumsi makanan sehat

Pengidap asma perlu mengonsumsi makanan sehat dan segar serta mengurangi konsumsi makanan olahan. Sebuah penelitian mengungkapkan peralihan pola makan dari konsumsi makanan segar  ke makanan olahan mungkin terkait dengan peningkatan kasus asma selama beberapa dekade terakhir. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. 

Masih belum ada bukti yang menunjukkan bahwa ada satu makanan atau nutrisi yang dapat memperbaiki gejala asma dengan sendirinya. Namun para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi makanan segar seperti buah-buahan dan sayuran segar yang minim olahan serta zat tambahan. Selektif memilih makanan juga dapat memimalisir risiko alergi yang pada beberapa kasus dapat memicu serangan asma. 

Beberapa makanan yang dianjurkan untuk pengidap asma antara lain:

  • Makanan yang kaya vitamin D, seperti susu dan telur
  • Sayuran kaya beta karoten seperti wortel dan sayuran berdaun hijau
  • Makanan kaya magnesium seperti bayam dan biji labu

Sedangkan makanan yang sebaiknya dihindari antara lain:

  • Makanan yang mengandung sulfit seperti yang ditemukan dalam wine dan buah-buahan kering
  • Makanan yang dapat menimbulkan gas di saluran cerna seperti kacang-kacangan, kubis, dan bawang
  • Bahan buatan tambahan seperti bahan pengawet kimia atau perasa lainnya

Baca Juga: Persiapan Sekolah untuk Anak dengan Asma

 

Rutin olahraga

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat mengurangi gejala asma dengan meningkatkan kesehatan paru Anda. Selama Anda melakukan olahraga dengan jenis dan porsi yang tepat, olahraga justru dapat memperbaiki kondisi asma yang Anda alami. Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan bagi pengidap asma antara lain berenang, jalan pagi, mendaki, voli, senam, atau bersepeda.

Selain olahraga, Anda juga bisa melakukan latihan pernapasan untuk mengurangi gejala asma. Metode latihan ini membantu membuka jalan napas dan mengurangi usaha untuk bernapas.

 

Mengurangi paparan pemicu asma

Pemicu asma bagi setiap orang dapat berbeda-beda. Ada bahan yang menyebabkan iritasi pada saluran napas, reaksi alergi, atau hal-hal lain yang memicu gejala asma. Pada umumnya, pemicu asma dikelompokkan sebagai berikut:

  • Iritan, dapat berupa segala jenis asap, polusi udara, aroma yang kuat dan tajam, cuaca yang sangat panas atau dingin
  • Alergen, di antaranya bulu binatang, serbuk sari, debu atau kutu debu
  • Kondisi fisik lainnya seperti stres, emosi kuat yang menyebabkan perubahan pola pernapasan, infeksi pernapasan, dan olahraga

Dengan mengenali paparan pemicu asma, Anda dapat mencegah paparan pemicu asma agar tidak kambuh. 

Baca Juga: Baru Mengalami Asma Setelah Dewasa, Apa Penyebabnya?

 

Mengelola stres dengan baik

Bagi sebagian orang, stres merupakan salah satu pemicu asma. Memahami cara mengelola stres dapat membantu Anda mencegah asma kambuh. Beberapa cara mengelola stres dengan baik di antaranya menulis jurnal, latihan pernapasan, pijat dan melakukan kegiatan perawatan diri lainnya (self-care).

 

Memeriksakan diri secara rutin

Pengidap asma umumnya mendapat obat rutin dari dokter untuk menjaga agar kondisinya tetap stabil. Jika asma Anda sering kambuh, dianjurkan untuk mengikuti rencana pengobatan dari dokter dan selalu membawa inhaler dan obat-obatan lainnya untuk mencegah asma kambuh. Selain itu, lakukan pemeriksaan rutin sesuai anjuran dokter untuk mengetahui perkembangan kondisi asma Anda. 

Asma adalah penyakit yang gejalanya dapat kambuh sewaktu-waktu. Jika Anda memiliki asma, menerapkan gaya hidup sehat dapat membantu mencegah asma kambuh. Bagi Anda yang memiliki pertanyaan seputar asma, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau manfaatkan fitur konsultasi pada aplikasi Ai Care. 

 

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

 

 

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr Hanifa Rahma
Last Updated : Rabu, 6 Desember 2023 | 16:39

NHS. Living with. Available from: https://www.nhs.uk/conditions/asthma/living-with/

McDermott, A. (2019). Asthma and Your Diet: What to Eat and What to Avoid. Available from: https://www.healthline.com/health/asthma/asthma-diet

Lee, K. (2022). Your Everyday Guide to Living Well With Asthma. Available from: https://www.everydayhealth.com/asthma/everyday-guide-to-living-well/

Haghighi, A. (2023). What to know about living with asthma. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/living-with-asthma

Nunez, K. (2020). All About Asthma and Exercise. Available from: https://www.healthline.com/health/asthma/exercise-for-asthma