Apakah Berlari di Bawah Hujan Bikin Sakit?

Credits: Freepik

Bagikan :


Olahraga lari adalah bentuk olahraga yang sederhana namun memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Olahraga lari tidak hanya memperkuat otot dan tulang, namun juga meningkatkan kesehatan kardiovaskuler serta membantu mengelola berat badan.

Olahraga lari bisa dilakukan di mana saja, seperti di sekitar rumah, di taman, atau hutan kota. Bila dilakukan secara rutin, olahraga lari juga membantu meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kualitas hidup, usia serta kesehatan mental.

 

Amankah Berlari di Bawah Hujan?

Cuaca yang sering mendadak berubah-ubah menyebabkan terkadang Anda harus berlari di bawah hujan. Secara umum berlari di bawah hujan cukup aman selama bukan hujan yang deras dan banyak petir.

Berlari di tengah hujan gerimis cukup aman dilakukan, bahkan terkadang memberikan efek terapeutik yang membuat rileks. Namun begitu, karena hujan dikaitkan dengan suhu yang dingin, Anda harus memperhatikan suhu tubuh Anda selama berlari. Suhu tubuh yang rendah bisa membuat seseorang lebih rentan berkontak dengan virus.

 

Risiko Berlari di Bawah Hujan

Walaupun berlari di bawah hujan diklaim aman selama hujan masih berupa rintik-rintik dan belum deras, Anda perlu berhati-hati karena beberapa area jalan mungkin menjadi lebih licin saat tergenang air. Anda juga lebih mungkin terpeleset saat jalan licin dan mengalami jatuh atau kaki terkilir.

Di dalam hujan, para pengemudi kendaraan bermotor cenderung lebih sulit melihat jalan sehingga risiko tertabrak dan terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

 

Tips Berlari di Bawah Hujan

Trail running atau lari off-road di alam bebas paling berisiko terhadap perubahan cuaca. Di tengah aktivitas lari, cuaca mungkin bisa berubah menjadi mendung dan hujan.

Agar tetap aman selama berlari di bawah hujan, berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan:

Hindari berlari di bawah hujan deras

Sebelum merencanakan olahraga lari, Anda mungkin perlu memeriksa prakiraan cuaca dan menghindari berlari di bawah hujan deras atau badai. Hujan deras berisiko menyebabkan banjir yang tentunya berbahaya bagi Anda bila beraktivitas di area banjir atau longsor.

Selain itu, hujan deras biasanya disertai dengan penurunan suhu lingkungan serta hembusan angin kencang. Dikhawatirkan Anda bisa mengalami penurunan suhu tubuh yang signifikan dan membuat Anda rentan sakit.

Hindari berlari di tengah badai petir

Petir adalah kejadian alam yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan cedera serius atau bahkan kematian. Ketika petir menyambar, muatan listrik yang sangat tinggi dapat mengalir melalui benda-benda atau manusia yang menjadi jalur konduksi. Jika Anda berlari di luar ruangan saat petir, Anda dapat menjadi target yang potensial untuk petir menyambar.

Baca Juga: Mengapa Saat Musim Hujan Anda Jadi Lebih Mudah Sakit?

Kenakan sepatu dan pakaian yang aman dan nyaman

Sangat penting untuk memilih sepatu yang aman dan nyaman saat berlari di bawah hujan. Pastikan sepatu Anda memiliki sol yang tahan selip atau berpola cengkeraman yang baik. Permukaan yang basah saat hujan dapat membuat jalanan menjadi licin, dan sol yang baik dapat membantu mengurangi risiko tergelincir.

Pilih sepatu dan jaket dengan bahan tahan air atau yang dilengkapi dengan lapisan perlindungan air sehingga membantu menjaga kaki serta tubuh tetap kering dalam kondisi hujan.

Yang tak kalah penting, kenali area di mana Anda berlari. Hindari area-area berbahaya yang berpotensi terjadi longsor atau banjir.

 

Manfaatkan layanan telekonsultasi kesehatan dengan dokter melalui aplikasi Ai Care yang bisa diunduh di Play Store atau App Store di ponsel Anda.

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

 

 

Writer : Agatha Writer
Editor :
  • dr Hanifa Rahma
Last Updated : Selasa, 13 Juni 2023 | 02:42

Jane Chertoff (2020). Tips for Running in the Rain. Available from: https://www.healthline.com/health/running-in-the-rain 

Better Health Channel. Home Keeping active
Running and jogging - health benefits. Available from: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/running-and-jogging-health-benefits#about-running-and-jogging 

Nicole Vulcan (2019). Can Running in the Rain Make You Sick?. Available from: https://www.livestrong.com/article/496499-can-running-in-the-rain-make-you-sick/ 

Mayo Clinic (2022). Hypothermia. Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hypothermia/symptoms-causes/syc-20352682 

Texas Department of Insurance (2023). Thunderstorms: How to protect yourself from lightning. Available from: https://www.tdi.texas.gov/tips/lightning.html