Manfaat Spearmint Tea bagi Kesehatan

Ilustrasi spearmint tea. Credit: Freepik

Bagikan :


Anda mungkin familiar dengan teh peppermint. Namun, bagaimana dengan spearmint tea yang juga masih dalam famili tanaman mint? Mengonsumsi spearmint tea dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, termasuk ketika diolah menjadi essential oil. Apa saja manfaat dan efek samping spearmint tea bagi kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

 

Apa Itu Spearmint Tea?

Spearmint (Mentha spicata) adalah salah satu dari banyak spesies mint dari keluarga Lamiaceae. Di antara semua variant mint, spearmint dianggap sebagai yang tertua. Tanaman ini berasal dari beberapa bagian Eropa dan Asia. Namun, saat ini spearmint sudah banyak dijumpai di berbagai belahan dunia.

Tanaman ini sering dianggap sama dengan peppermint, mint liar, mint air, mint Jepang, atau English horsemint. Namun, sebenarnya semuanya itu merupakan varian yang berbeda.

Tanaman spearmint biasanya banyak digunakan menjadi perasa permen karet, minyak esensial, parfum, dan teh. Rasanya yang segar dan aromanya yang wangi membuat tanaman ini banyak digunakan untuk memperkaya rasa makanan dan minuman.

Selain diolah ke dalam hidangan, daun tanaman spearmint dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Senyawa dalam tanaman spearmint tea, seperti carvone, flavonoid, dan fenolik dipercaya dapat memberikan efek antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: Bolehkah Makan Biji Pepaya?

 

Kandungan Nutrisi Spearmint Tea

Dalam satu cangkir teh herbal yang diseduh mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 2 kal
  • Total lemak: 0 gram
  • Kolesterol: 0 miligram
  • Natrium: 2 miligram
  • Total karbohidrat: 0 gram
  • Gula: 0 gram
  • Protein: 0 gram

Kandungan kalori yang sangat sedikit dan tidak adanya kandungan lemak dalam spearmint tea dan teh herbal lainnya menjadikan teh sebagai minuman sehat untuk diminum pagi atau malam hari.

Selain nutrisi di atas, spearmint tea juga mengandung mineral dan nutrisi lainnya seperti antioksidan, vitamin C, flavon, dan flavanon, dan folat dalam konsentrasi yang sangat rendah akibat proses pengeringan daun teh. 

Baca Juga: Mengenal Sorgum, Biji-Bijian Pengganti Bahan Makanan Pokok yang Kaya Manfaat

 

Manfaat Spearmint Tea bagi Kesehatan

Beberapa manfaat spearmint tea bagi kesehatan antara lain:

Spearmint tea mengandung senyawa carvone yang mirip dengan bahan yang ditemukan dalam obat penurun tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa carvone dapat mengurangi kontraksi pembuluh darah. Meskipun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek yang sama pada manusia.

Membantu mengatasi masalah pencernaan

Spearmint tea juga dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan dan meringankan gejala seperti mual. Spearmint tea dapat membantu otot perut Anda rileks dan membantu meredakan masalah pencernaan.

Meningkatkan daya ingat

Spearmint tea juga dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang lanjut usia dengan masalah ingatan yang diberi suplemen ekstrak spearmint setiap hari mengalami peningkatan daya ingat sebesar 15%.

Membantu keseimbangan hormon

Mengonsumsi spearmint tea juga dikaitkan dengan perbaikan gejala PCOS. PCOS adalah kondisi ketidakseimbangan hormon androgen dan estrogen pada wanita. Mengonsumsi spearmint tea dipercaya dapat mengembalikan testotsteron ke kadar yang normal, sehingga dapat memperbaiki beberapa gejala yang terkait dengan testosteron tinggi.

Dalam sebuah penelitian, penderita PCOS yang minum spearmint tea dua kali sehari selama satu bulan, memiliki kadar testosteron yang lebih rendah dan kadar LH dan FSH yang lebih tinggi dibandingkan peserta yang meminum teh plasebo. Penelitian lain juga menunjukkan perbaikan kondisi hanya dalam lima hari setelah minum spearmint tea.

 

Spearmint tea termasuk teh yang aman dikonsumsi untuk sehari-hari. Untuk saat ini belum ada laporan efek samping serius yang dilaporkan terkait konsumsi spearmint tea. Efek samping mungkin terjadi jika minum spearmint tea dalam dosis besar.

Jika ingin mengonsumsi spearmint tea untuk mengatasi masalah kesehatan seperti PCOS atau tekanan darah tinggi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Anda juga bisa memanfaatkan fitur konsultasi bersama dokter pada aplikasi Ai Care yang bisa diunduh di ponsel.

 

Mau tahu informasi seputar nutrisi, makanan, dan tips diet lainnya? Cek di sini, ya!

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr. Alvidiani Agustina Damanik
Last Updated : Rabu, 10 Juli 2024 | 15:29

WebMD Editorial Contributors. Spearmint Tea: Are There Health Benefits?. Available from: https://www.webmd.com/diet/spearmint-tea-health-benefits

Groves, M. (2023). 11 Surprising Benefits of Spearmint Tea and Essential Oil. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/spearmint

Cleveland Clinic. 3 Health Benefits of Spearmint Tea. Available from: https://health.clevelandclinic.org/spearmint-tea-benefits

Nordqvist, J. (2023). Spearmint: Health benefits and more. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/266128

Kumar, K. (2022). 12 Surprising Benefits of Spearmint Tea and Essential Oil. Available from: https://www.medicinenet.com/12_benefits_of_spearmint_tea_and_essential_oil/article.htm