• Home
  • Nutrisi
  • Sumber Vitamin A yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Sumber Vitamin A yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Vitamin A adalah nutrisi alami yang bisa dengan mudah Anda temukan pada buah-buahan dan sayuran hijau. Sebagai antioksidan, vitamin A memiliki kemampuan untuk menjaga kulit tetap sehat dan melawan radikal bebas di sekitar Anda.

Vitamin A juga punya kelebihan lain dalam mengatasi problem jerawat. Kelebihannya sebagai anti radang dapat membantu mempercepat penyembuhan jerawat, bahkan mengatasi bekas-bekas jerawat. Vitamin A bisa dengan efektif mengatasi problem jerawat dengan cara topikal. Untuk mengonsumsi vitamin A lewat suplemen, Anda wajib melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar terhindar dari efek samping yang mungkin berbahaya bagi tubuh.

Dilansir Healthline, American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan retinol sebagai salah satu kandungan vitamin A yang efektif mengatasi problem jerawat meradang. Retinol dapat mengatasi problem jerawat dengan cara:

  • Mengurangi terjadinya peradangan
  • Meningkatkan pertumbuhan sel baru sehingga mempercepat penyembuhan bekas jerawat
  • Menurunkan produksi minyak
  • Menghaluskan kulit
  • Menenangkan kulit
  • Melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas

Sekalipun dikatakan mungkin bisa berbahaya bagi tubuh, penelitian terbaru meyakini bahwa kombinasi terapi vitamin A melalui topikal dan oral adalah solusi efektif untuk mengatasi problem jerawat. USDA membatasi konsumsi vitamin A tidak lebih dari 5.000 IU agar terhindar dari kerusakan hati.

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin A

Apabila Anda merasa kuatir dengan efek samping yang mungkin timbul karena mengonsumsi suplemen vitamin A, bagaimana bila Anda memilih sumber makanan yang kaya kandungan vitamin A seperti dilansir WebMD berikut ini:

Paprika merah

Sekalipun kurang familiar dijadikan sebagai bahan masakan di menu masakan Indonesia, namun paprika bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang kaya vitamin A. Kandungan retinoid di dalamnya bisa membantu mengatasi keluhan jerawat Anda.

Bayam

Sayuran hijau yang satu ini wajib masuk ke dalam list belanja Anda. Selain rasanya yang lezat, bayam kaya kandungan vitamin A dan menjadi sumber vitamin lainnya seperti vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin E.

Hati sapi

Kandungan vitamin A dalam hati sapi dapat memberikan bantuan dalam hal sistem kekebalan tubuh, terutama membantu mengatasi infeksi pada kulit berjerawat.

Ketela

Baik dipanggang maupun dikukus, ketela dapat memberikan manfaat vitamin A bagi kulit sekaligus menjadi asupan yang mengenyangkan sebelum beraktivitas.

Wortel

Selain membantu mengatasi keluhan jerawat, kandungan vitamin A pada wortel juga baik untuk kesehatan mata Anda.

Selain makanan di atas, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin A dari jeruk, dan aneka buah atau sayuran berwarna kuning, melon, mangga, dan ikan salmon.

Jangan lupa mencatat semua bahan makanan di atas dan masukkan ke dalam daftar panjang belanjaan Anda ya. Yuk, atasi jerawat dengan vitamin A.

 

Writer: Agatha

Edited By: dr. Ayu Munawaroh

Last Updated: 13-Sep-2021

 

Sumber:

  1. Cherney K. Is Vitamin A Good for Acne? (2018). Available from: https://www.healthline.com/health/vitamin-a-for-acne.
  2. Ashpari Z. The Best Minerals and Vitamins for Acne (2020). Available from: https://www.healthline.com/health/minerals-vitamins-for-acne.
  3. Zelman KM. 8 Great Ways to Get Vitamin A (2020). Available from: https://www.webmd.com/food-recipes/ss/slideshow-sources-vitamin-a.