• Home
  • Self-help
  • 5 Kesalahan Penggunaan Sunscreen yang Sering Dilakukan

5 Kesalahan Penggunaan Sunscreen yang Sering Dilakukan

Sunscreen adalah salah satu produk perawatan wajah dan tubuh yang wajib digunakan sehari-hari meskipun ketika berada di dalam rumah. Sunscreen bertugas untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB. Jika kulit Anda sering terpapar kedua radiasi sinar UVA dan UVB, maka kulit Anda akan udah terbakar, kulit menjadi kusam, dan risiko Anda terkena kanker kulit akan meningkat. Begitu pentingnya menggunakan sunscreen setiap hari, namun masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam penggunaan sunscreen sehingga sunscreen tidak bisa bekerja secara optimal. Apa saja kesalahan tersebut?

 

Kesalahan dalam penggunaan sunscreen

1. Terlambat menggunakan sunscreen

Ketika akan berjemur di pantai, apakah Anda baru mengoleskan sunscreen ketika sudah berada di tepi pantai? Ini adalah salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan dalam penggunaan sunscreen. Dilansir dari Everyday Health, sebaiknya Anda menggunakan sunscreen setidaknya 20 menit sebelum bepergian keluar rumah. Komponen dari sunscreen membutuhkan waktu lama untuk bisa meresap dan memberi perlindungan pada kulit. Karenanya, agar perlindungan maksimal sebaiknya gunakan sunscreen beberapa saat sebelum berjemur.

2. Terlalu sedikit dalam menggunakan sunscreen

Untuk mendapat manfaat sunscreen, Anda perlu mengoleskannya dalam jumlah yang cukup banyak. Kebanyakan orang mengoleskannya terlalu sedikit sehingga perlindungan pada kulit juga tidak maksimal. Dilansir dari Healthline, sejumlah penelitian merekomendasikan penggunaan sunscreen sebanyak 1 ons untuk seluruh tubuh sedangkan untuk wajah Anda memerlukan 0.04 ons atau sekitar dua ruas jari. Takaran ini dianggap cukup untuk menjaga wajah dan leher dari paparan sinar matahari.

3. Tidak mengoleskan di semua bagian

Kesalahan yang paling sering dilakukan dalam penggunaan sunscreen adalah mengoleskannya tidak merata. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLoS One, disebutkan bahwa setidaknya 20 persen dari peserta tes tidak melakukan sunscreen di kelopak mata dan mereka tidak mengetahui bahwa area tersebut juga perlu diolesi sunscreen. Selain kelopak mata, bagian bibir juga merupakan bagian yang paling sering terlewati saat menggunakan sunscreen. Anda bisa melindungi bibir dari sunscreen dengan menggunakan lip balm yang mengandung pelindung sinar matahari dari UVA dan UVB.

4. Anda tidak mengulangi penggunaan sunscreen

Sering merasa bahwa mengoleskan sunscreen hanya cukup sekali? Inilah salah satu kesalahan yang juga sering terjadi. Sebuah survey yang dilakukan American Academy of Dermatology menyebutkan bahwa masyarakat rata-rata tidak mengoleskan ulang sunscreen setelah menggunakan sunscreen. Para dermatologis menyatakan bahwa sunscreen bukanlah produk yang bisa bertahan dalam waktu lama untuk itu butuh pengulangan kembali setiap dua jam sekali.

5. Mengoleskan sunscreen tidak merata

Selain tidak mengoleskan sunscreen di seluruh bagian yang membutuhkan, banyak orang yang tidak mengoleskan sunscreen secara merata, terlalu tebal di satu bagian wajah dan terlalu tipis di bagian lainnya. Kesalahan penggunaan sunscreen ini juga menyebabkan sunscreen tidak optimal dalam melindungi kulit wajah.

 

Sunscreen merupakan produk perawatan wajah yang perlu digunakan sehari-hari termasuk ketika Anda berada di dalam rumah dan keluar rumah ketika cuaca mendung. Agar sunscreen dapat melindungi kulit dengan baik, oleskan dengan merata dan dalam jumlah yang cukup serta ulangi penggunaan sunscreen setiap 2 jam sekali di siang hari. Penggunaan sunscreen yang tepat akan membuat kulit Anda terhindar dari risiko kanker kulit dan masalah kulit lainnya.

 

Writer: Ratih 

Edited by: dr. Nadya Hambali

Last updated: 24-August-2021

Bagikan :