Tanya Dokter

Beranda / Tanya Dokter

Pertanyaan Anda


17 November 2023
Reproduksi & Genitalia

operasi kelamin ganda

Info Penanya : TA

kalo anak bayi dibilang punya kelamin ganda itu operasi nya gimana dok? jadi cewek apa jadi cowok gitu? dan dokter apa yang operasi?

Share

Dijawab oleh
Dijawab Oleh : dr. Giovanni Frans Alvin

Hai, terima kasih telah bertanya di Tanya Dokter Ai Care.

Kelamin ganda atau ambiguous genitalia adalah suatu kondisi langka yang dapat terjadi pada bayi. Kondisi ini membuat bayi terlihat seperti memiliki dua jenis kelamin yang berbeda, yaitu laki-laki dan perempuan sekaligus. 

Kelamin ganda dapat terjadi akibat gangguan perkembangan janin. Kondisi seperti ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti gangguan keseimbangan hormon Ibu selama masa kehamilan atau kelainan genetik pada janin itu sendiri.

Pada bayi yang secara genetik berjenis kelamin laki-laki, kelamin ganda disebabkan oleh kegagalan pembentukan testis, sindrom insensitivitas androgen, dan kelainan testoseron. Tanda atau gejala, berupa:

  • Letak lubang saluran kemih tidak normal (Hipospadia)
  • Penis berukuran sangat kecil, sekilas tampak seperti klitoris yang membesar
  • Tidak memiliki testis di dalam kantong buah zakar atau skrotum (Kriptokismus)

Sedangkan pada bayi yang memiliki struktur kelamin perempuan, diakibatkan terpapar hormon androgen selama kehamilan, tumor yang mengganggu perkembangan hormon perempuan, atau hiperplasia adrenal kongenital. Tanda dan gejala, antara lain:

  • Labia tertutup & membesar, sekilas terlihat seperti kantong buah zakar atau skrotum
  • Klitoris membesar, seolah membentuk penis
  • Letak lubang saluran kemih ada di sekitar klitoris

Adapun mengenai pertanyaan Anda, operasi bisa dilakukan sebagai metode utama untuk mengatasi kelainan seperti ini. Tujuannya untuk menjaga fungsi seksual dan memperbaiki tampilan luar organ kelamin sebagaimana mestinya.

Sebelum dilakukan operasi oleh dokter spesialis urologi anak, perlu membuat keputusan terkait jenis kelamin bayi. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, menanyakan riwayat kesehatan Ibu dan obat apapun yang dikonsumsi selama masa kehamilan.

Selain itu, perlu dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang, seperti:

  • Tes darah, untuk mengetahui kadar hormon
  • Pemeriksaan kromosom, untuk menentukan status seksual
  • Ultrasonografi, untuk mengevaluasi apakah terdapat rahim atau testis yang belum turun
  • Biopsi jaringan, untuk mengetahui jaringan ovarium atau testis

Untuk mengurangi risiko terjadinya kelamin ganda, Ibu hamil dianjurkan untuk rutin kontrol kehamilan, menjalani gaya hidup sehat, tidak minum alkohol, merokok, konsumsi obat atau suplemen sembarangan selama masa kehamilan.

Apabila Anda atau kerabat Anda memiliki bayi dengan gejala seperti di atas, disarankan untuk konsultasi ke dokter spesialis anak untuk dilakukan pengobatan lebih lanjut.

Semoga jawaban ini membantu Anda. Bila mengalami keluhan kesehatan atau ingin bertanya seputar informasi kesehatan, dapat berkonsultasi langsung dengan dokter di Aplikasi Ai Care. Unduh Aplikasi Ai Care di Appstore dan Playstore Anda!

Share
Silahkan Klik "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Diskusi Terbaru