Mengapa Ibu Hamil Sering Pingsan?

Bagikan :


Ibu hamil sering mengalami beberapa keluhan selama masa kehamilan. Selain nyeri pinggang, mudah lelah, dan morning sickness, salah satu keluhan yang banyak dirasakan oleh ibu hamil adalah sakit kepala. Bahkan beberapa ibu hamil mengalami sakit kepala berat hingga pingsan.

Penyebab ibu hamil pingsan

Pingsan termasuk salah satu keluhan yang wajar dialami oleh ibu hamil. Dilansir dari NHS, pingsan dapat terjadi karena perubahan hormon selama masa kehamilan. Pingsan dapat terjadi ketika otak tidak mendapat cukup asupan darah dan oksigen sehingga menyebabkan orang kehilangan kesadaran.

Selain kekurangan oksigen, pingsan juga dapat disebabkan oleh perubahan sistem kardiovaskular di mana jantung berdetak lebih cepat dan harus memompa darah yang jumlahnya lebih banyak dari biasanya. Saat hamil, pembuluh darah ikut membesar, sehingga tekanan darah cenderung menurun secara bertahap.

Beberapa situasi yang dapat menyebabkan ibu hamil pingsan di antaranya:

1. Bumil berdiri mendadak

Ketika Anda duduk, darah akan lebih banyak berkumpul di bagian kaki. Ukuran janin yang semakin besar membuat aliran darah di kaki cukup sulit untuk naik ke jantung. Oleh karena itu, jika Anda berdiri secara medadak, maka aliran darah dari kaki akan naik secara lambat dan menyebabkan Anda ingin pingsan.

Selain berdiri terlalu mendadak dari posisi duduk atau berbaring, posisi yang menyebabkan bumil sering merasa pusing dan akan pingsan adalah ketika berdiri terlalu lama. Saat berdiri, darah terlalu banyak berkumpul di kaki sehingga sulit untuk naik ke atas.

2. Vasovagal syncope

Vasovagal syncope juga dapat dialami oleh bumil. Vasovagal syncope dapat terjadi ketika denyut jantung dan tekanan darah turun secara mendadak, sehingga menyebabkan pingsan. Pingsan ini umumnya dipicu oleh ketegangan, stres, berdiri terlalu lama, juga berada di tempat panas terlalu lama.

3. Anemia

Anemia merupakan keadaan di mana terjadi kekurangan sel darah merah. Kondisi ini sering dialami oleh ibu hamil dan dapat menyebabkan ibu hamil berisiko pingsan. Kurangnya sel darah merah membuat tubuh tidak mendapat oksigen yang cukup sehingga mengalami sesak napas, pusing, dan pingsan.

4. Dehidrasi

Dehidrasi juga dapat menyebabkan bumil rentan mengalami pingsan.  Saat dehidrasi, bumil umumnya mengalami tekanan darah rendah dan kadar gula darah rendah sehingga sering pusing dan mengarah ke pingsan. Jika bumil bepergian, pastikan selalu membawa botol minum untuk mencegah dehidrasi.

Cara mencegah pingsan saat hamil

Pingsan pada ibu hamil umumnya bukan hal yang berbahaya. Namun, jika pingsan dan terjatuh di tempat yang tidak aman hal ini dapat meningkatkan risiko cedera benturan pada ibu hamil. Beberapa cara untuk mencegah pingsan pada ibu hamil di antaranya:

1. Hindari pergerakan mendadak

Berdiri mendadak baik dari duduk maupun berbaring memiliki risiko tinggi untuk menyebabkan bumil pingsan, terutama jika kondisi bumil sedang tidak fit. Untuk mencegahnya, berdirilah secara pelan-pelan setelah posisi bumil stabil.

2. Minum air yang cukup

Saat hamil, kebutuhan cairan meningkat sehingga ibu hamil perlu lebih banyak minum. Untuk mengatasinya, pastikan ibu hamil untuk minum air yang cukup sepanjang hari. Pastikan ibu hamil mendapat asupan cairan yang cukup untuk sepanjang hari.

3. Menjaga pola makan

Anemia saat hamil umumnya disebabkan oleh kekurangan zat besi. Ibu hamil bisa memperkaya asupan zat besi dengan mengonsumsi suplemen atau makanan yang kaya zat besi seperti bayam dan hati sapi.

4. Istirahat

Ibu hamil yang berdiri terlalu lama, kelelahan atau kegerahan sebaiknya segera beristirahat untuk menghindari pusing dan pingsan. Jika bumil sudah merasakan tanda-tanda pingsan seperti mata berkunang-kunang, maka segera duduk atau berbaring di tempat yang berudara segar. Setelah kondisi mulai stabil baru lanjutkan aktivitas Anda.

 

Writer: Ratih

Edited By: dr. Ayu Munawaroh

Last Updated: 06-Ags-2021

 

Sumber:

  1. NHS. Common health problems in pregnancy. Available from: https://www.nhs.uk/pregnancy/related-conditions/common-symptoms/common-health-problems/.
  2. O Connor A, Greenberg J, reviewer. Dizziness During Pregnancy. Available from: https://www.whattoexpect.com/pregnancy/symptoms-and-solutions/faintness.aspx.
  3. Chatur S, et al. Incidence of Syncope During Pregnancy: Temporal Trends and Outcomes. Journal of the American Heart Association. 2019;8:e011608.