Perlukah Ibu Hamil Menggunakan Bantal Hamil?

Credit: Freepik

Bagikan :


Selama hamil, bumil mengalami perubahan berat badan yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Perubahan suasana hati, nyeri pinggang dan sulit tidur adalah keluhan yang sering dialami ibu hamil terutama di trimester akhir kehamilan. Salah satu cara untuk membantu ibu hamil dapat tidur dengan nyaman yaitu menggunakan bantal hamil.

 

Apa Itu Bantal Hamil?

Bantal hamil berbeda dengan bantal tidur yang biasa digunakan saat tidur. Bantal hamil adalah bantal yang dirancang khusus sesuai dengan lekuk tubuh ibu hamil untuk memberikan sokongan ekstra di bagian tubuh yang paling terpengaruh oleh pertumbuhan bayi dan perut.

Bantal tidur dirancang hanya untuk menyangga kepala selama kehamilan, sedangkan guling dirancang untuk memberikan dukungan pada kepala, bahu, punggung dan pinggul namun tidak menyangga perut yang bertambah besar saat hamil.

Untuk memberi kenyamanan pada ibu hamil, dirancanglah bantal kehamilan yang diharapkan dapat mengurangi ketegangan pada punggung dan titik lainnya sehingga mengurangi rasa sakit ketika tidur. Terdapat berbagai macam bentuk bantal hamil, namun konsep utama dari bantal hamil adalah bantal yang mampu menyangga perut serta menyokong punggung belakang dan celah antara kaki.

 

Baca Juga: Apa Saja Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Hamil di Awal Kehamilan?

 

Manfaat Bantal Hamil

Bantal hamil dirancang khusus untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat posisi tidur miring dan menopang perut yang membesar selama kehamilan. Bantal hamil biasanya berbentuk utuh memanjang yang menopang punggung, leher, perut, lutut dan pinggul. Penopang tambahan ini dapat meredakan nyeri akibat posisi miring yang kurang pas dan membantu mencegah terplintir saat tidur.

Sebenarnya, Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan menyusun beberapa bantal sesuai dengan kebutuhan. Namun bantal tradisional rentan bergeser sehingga tidak dapat selalu menopang badan Anda dengan tepat.

Selain meredakan nyeri, bantal hamil juga dapat membantu tidur Anda lebih nyenyak. Dengan menggunakan bantal hamil, Anda bisa mendapatkan posisi tidur yang nyaman sesuai lekuk tubuh. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Tidur dalam posisi yang nyaman juga membantu peredaran darah yang lancar. Bantalan pada bantal hamil dapat menopang posisi tidur menyamping dengan lebih baik.

Bantal hamil bukan hanya bisa digunakan selama kehamilan. Setelah melahirkan, ibu hamil dapat merasakan kelelahan dan nyeri di area pinggang akibat proses persalinan atau kesibukan merawat bayi. Untuk meredakan keluhan tersebut, Anda bisa menggunakan bantal hamil saat tidur.

 

Baca Juga: Manfaat Penggunaan Aplikasi Kehamilan untuk Ibu Hamil

 

Perlukah Memiliki Bantal Hamil?

Bantal hamil memiliki sejumlah manfaat bagi ibu hamil. Namun kebutuhan ini sebenarnya bukan kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi. Jika tidak memiliki bantal hamil, Anda bisa memanfaatkan bantal tradisional yang ditata sedemikian rupa untuk menopang pinggul, perut, punggung dan area lain  yang Anda butuhkan.

Apabila Anda memutuskan untuk membeli bantal hamil, pilih bentuk bantal yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Di pasaran tersedia berbagai bentuk bantal hamil, di antaranya:

  • Total body pillow yang menopang seluruh tubuh ibu hamil, atau bantal yang berbentuk C dan U
  • Full length body pillow, bantal mirip guling yang menopang lengan, perut dan kaki namun tidak menopang punggung
  • Wedge pillow, yaitu bantal kecil berbentuk bulat yang biasanya digunakan untuk menopang perut atau punggung saja.

Selain menyesuaikan bentuk, Anda juga dapat memilih bantal hamil sesuai dengan kebiasaan tidur, bahan dan tubuh Anda yang membutuhkan penyangga. Pilih bantal hamil yang mudah dibersihkan untuk menjaga kebersihan dan mengurangi risiko gatal dan iritasi. 

 

Bantal hamil dapat meredakan rasa nyeri dan tidak nyaman yang muncul selama kehamilan. Meskipun demikian bantal hamil bukan merupakan perlengkapan wajib dalam kehamilan terutama jika Anda tidak mengalami keluhan nyeri saat hamil. Jika tidak ingin membeli bantal hamil, Anda bisa memanfaatkan bantal tidur untuk membantu menyangga punggung dan perut selama hamil. 

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar kehamilan sebaiknya konsultasikan ke dokter. Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi Ai Care yang berbasis kecerdasan buatan untuk konsultasi. 

Mau tahu informasi seputar kehamilan, menyusui, kesehatan wanita dan anak-anak? Cek di sini, ya!

 

 

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr. Monica Salim
Last Updated : Rabu, 29 Mei 2024 | 11:01

Bradley, S. (2021). Do You Need a Pregnancy Pillow?. Available from: https://www.verywellfamily.com/do-you-need-a-pregnancy-pillow-5084502#

Harris, K. (2022). The Best Pregnancy Pillows for an Amazing Night’s Sleep. Available from: https://www.thebump.com/a/best-pregnancy-pillows

Ritzert, C. (2022). What to Know About Pregnancy Pillows. Available from: https://www.webmd.com/baby/what-to-know-pregnancy-pillows