• Beranda
  • Lifestyle
  • Jangan Minum Berlebihan, Ini Manfaat dan Risiko Minum Air Es bagi Kesehatan

Jangan Minum Berlebihan, Ini Manfaat dan Risiko Minum Air Es bagi Kesehatan

Ilustrasi air dingin. Credit: Freepik

Bagikan :


Minum air es atau air dingin sering diidentikkan dengan penyakit flu atau pilek. Banyak orang tua melarang anaknya untuk minum air dingin karena dikhawatirkan dapat menyebabkan penyakit tersebut. Namun sebenarnya, minum air dingin juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. 

 

Apakah Minum Air Dingin Berbahaya bagi Kesehatan?

Minum minuman dingin saat cuaca panas tentu menyegarkan. Namun bagi sebagian orang, minum air dingin menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Dilansir dari Medical News Today, menurut pengobatan Ayurveda, minum air dingin dapat membawa ketidakseimbangan dalam tubuh dan mengganggu proses pencernaan.

Namun menurut pengobatan Barat, belum cukup bukti penelitian untuk mengatakan bahwa minum air dingin dapat memperlambat pencernaan. Minum air justru dapat membantu membilas racun dari dalam tubuh dan mencegah konstipasi serta memperbaiki saluran pencernaan.

Sebuah penelitian di tahun 2013 mengungkapkan efek minum air dalam berbagai suhu pada orang yang mengalami dehidrasi setelah berolahraga di cuaca yang panas dan lembap. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa minum air bersuhu 16° Celcius merupakan air dalam suhu terbaik untuk mengatasi dehidrasi pada orang yang mengalami dehidrasi.

Pada dasarnya, minum air hangat maupun dingin memiliki manfaat dan risiko masing-masing. Minum air dingin bisa memperparah kondisi kesehatan Anda jika sedang flu, sakit gigi atau sakit kepala. Namun pada kondisi tertentu, minum air dingin juga dapat bermanfaat meredakan nyeri tenggorokan.

Baca Juga: Waspada, Dehidrasi Ternyata Bisa Memicu Kecemasan

 

Risiko Minum Air Dingin bagi Kesehatan

Anda tentu sering mendengar anjuran untuk menghindari minum air dingin ketika sedang flu, pilek atau hidung tersumbat. Anjuran ini bukan tanpa alasan, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa minum air dingin saat flu dapat menghambat proses penyembuhannya.

Beberapa risiko minum air dingin antara lain:

Membuat lendir semakin kental saat flu

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minum air dingin dapat membuat lendir pada hidung semakin kental sehingga sulit melewati saluran pernapasan. Itulah sebabnya ketika Anda mengalami flu atau pilek dianjurkan minum atau makan minuman hangat agar lebih mudah mengeluarkan lendir.

Memicu migrain

Penelitian di tahun 2001 menyebutkan bahwa minum minuman dingin dapat memperparah migrain pada orang yang memiliki riwayat migrain. Jika Anda mengalami serangan migrain atau sakit kepala lainnya, maka sebaiknya perbanyak minuman hangat agar sakit kepala segera mereda.

Memperparah kondisi akalasia

Akalasia (achalasia) adalah kondisi dimana tubuh kesulitan mengalirkan makanan melalui saluran esofagus. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum air dingin dapat memperparah kondisi tersebut.

Baca Juga: Seperti apa Warna Urine yang Menunjukkan Dehidrasi?

 

Manfaat Minum Air Dingin bagi Kesehatan

Minum air dingin tidak selalu buruk bagi kesehatan, pada kondisi tertentu minum air dingin juga memiliki sejumlah manfaat seperti berikut:

Membantu meningkatkan daya tahan tubuh saat olahraga

Sering melihat orang minum air dingin saat olahraga? Minum air dingin saat olahraga ternyata bukan hanya membantu menurunkan suhu tubuh yang panas akibat olahraga, namun juga membantu meningkatkan ketahanan tubuh saat berolahraga.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang minum air dingin selama olahraga bersepeda membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina.

Membantu menurunkan berat badan

Minum air dingin juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari Healthline, minum air dapat membantu membakar kalori lebih banyak karena tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Namun Anda tidak bisa hanya dengan mengandalkan minum minuman dingin saja untuk menurunkan berat badan.

 

Baik minum air hangat atau minum air dingin sama-sama memiliki manfaat dan efek samping bagi kesehatan. Anda dapat mengonsumsi keduanya sesuai selera dan kondisi kesehatan.

Jika sedang flu atau pilek sebaiknya hindari minum air dingin berlebihan karena dapat memperlambat proses penyembuhan. Apabila memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa memanfaatkan fitur konsultasi yang tersedia pada aplikasi Ai Care.

 

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr Nadia Opmalina
Last Updated : Selasa, 25 Juni 2024 | 16:50

Watson, K. (2023). What Are the Risks and Benefits of Drinking Cold Water?. Available from: https://www.healthline.com/health/is-drinking-cold-water-bad-for-you

Sissons, B. (2019). Is drinking cold water bad for a person?. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/325038

Nolan-Pleckham, M. (2023). Hot vs. Cold for Sore Throat: Which Is Better?. Available from: https://www.verywellhealth.com/is-hot-or-cold-better-for-sore-throat-6375058#toc-what-helps-a-sore-throat-better-cold-or-heat