Mengenal Anatomi dan Fungsi dari Lidah

Ilustrasi lidah. Credit: Freepik

Bagikan :


Lidah adalah organ yang berada di dalam mulut dan memiliki banyak fungsi pada kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pencernaan. Kondisi lidah juga dapat mengindikasikan kesehatan seseorang. Seperti apa fungsi dan anatomi lidah? Simak dalam artikel berikut.

 

Struktur dan Anatomi Lidah Manusia

Lidah adalah organ yang unik di dalam tubuh manusia. Organ lidah merupakan jenis otot yang tidak terhubung dengan tulang di kedua ujungnya. Lidah terhubung dengan ujung tulang hyoid, juga satu-satunya tulang yang tidak terhubung dengan tulang lain di tubuh manusia.

Lidah merupakan organ yang sebagian besar terbuat dari otot. Organ ini tertanam di dalam mulut oleh jaringan yang kuat dan dipenuhi lapisan mukosa, yaitu lapisan berwarna merah muda lembap yang melingkupi organ dan rongga tubuh tertentu. Lidah juga dilapisi berbagai jenis papila, struktur halus yang berbentuk seperti bintik-bintik kecil yang membuat lidah terasa kasar. Pada permukaan papila terdapat ribuan sel pengecap yang membuat Anda bisa mengecap atau merasakan makanan.

Di bawah ini adalah bagian-bagian dari lidah, yaitu:

  • Akar lidah

Bagian ini berada pada sepertiga bagian belakang lidah. Pangkal lidah berada di ujung belakang mulut dan dekat tenggorokan. Bagian ini melekat pada tulang hyoid dan mandibula (rahang bawah) sehingga bagian ini tidak bisa bergerak dengan bebas. Bagian akar lidah biasanya tidak terlihat dari luar jika Anda menjulurkan lidah.

  • Badan lidah

Badan lidah merupakan bagian paling besar dari lidah, yaitu sekitar dua per tiga bagian. Badan lidah mudah digerakkan dan memiliki banyak fungsi dalam sistem pencernaan. 

  • Apeks (ujung lidah)

Bagian ujung lidah yang runcing ke arah depan mulut dan mudah digerakkan ke segala arah.

  • Dorsum

Dorsum lidah merupakan bagian yang permukaannya terlihat sedikit lebih naik dibandingkan badan lidah. Pada bagian ini, dapat dilihat seperti ada garis cekungan membentuk huruf V yang disebut sulkus terminalis.

  • Bawah lidah

Anda bisa melihat pembuluh darah yang menjalar pada bagian bawah atau inferior dari lidah.

Baca Juga: Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

 

Fungsi Lidah

Lidah dikenal memiliki fungsi sebagai indra pengecap, namun lidah sebenarnya memiliki berbagai fungsi lainnya, yaitu:

Membantu mengunyah dan menelan makanan

Lidah membantu mengunyah dan menelan makanan serta menelan cairan saat minum. Lidah secara aktif menggerakkan makanan di dalam mulut, memposisikannya untuk dikunyah lebih lanjut. Makanan yang bercampur air liur kemudian digerakkan ke faring sebelum ditelan. Lidah juga dapat membantu pembersihan mulut, menjaga makanan agar tidak bersentuhan terlalu lama dengan gigi.

Mengecap rasa

Permukaan lidah memiliki banyak sel pengecap rasa dan ujung saraf yang memungkinkan Anda mengenali berbagai rasa seperti manis, asin, asam, pahit, dan gurih (umami).

Baca Juga: Pointer Laser dapat Sebabkan Kerusakan Mata, Ini Tips Aman Menggunakannya

Membantu berbicara

Lidah juga membantu Anda untuk berbicara. Posisi lidah yang tepat membantu membentuk kata dan bicara yang jelas. Bentuk lidah juga memungkinkan Anda mengartikulasikan suara dengan tepat. Sementara itu disfungsi lidah dapat menyebabkan gangguan bicara yang serius.

Memengaruhi pernapasan

Posisi lidah juga memengaruhi pernapasan. Jika terdapat gangguan otot lidah, lidah dapat menutupi saluran pernapasan. 

 

Selain fungsi di atas, lidah juga dapat melindungi tubuh dengan refleks muntah, mencegah konsumsi zat-zat yang tidak enak dan bahkan beracun. Jika bagian belakang lidah disentuh, akan terjadi kontraksi otot tenggorokan yang kuat sehingga ludah menutup dan menghalangi zat atau benda asing tersebut masuk.

Lidah memiliki fungsi penting pada kehidupan sehari-hari. Jika memiliki gangguan kesehatan pada lidah sebaiknya periksakan ke dokter atau manfaatkan fitur konsultasi pada aplikasi Ai Care. 

 

Mau tahu informasi seputar penyakit lainnya? Cek di sini, ya!

 

 

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr Hanifa Rahma
Last Updated : Senin, 23 Oktober 2023 | 15:20

Peters, B. (2023). Tongue: Anatomy, Function, and Common Disorders. Available from: https://www.verywellhealth.com/tongue-anatomy-4774957

Hoffman, M. (2021). Picture of the Tongue. Available from: https://www.webmd.com/oral-health/picture-of-the-tongue

Cleveland Clinic. Tongue. Available from: https://my.clevelandclinic.org/health/body/22845-tongue

The Healthline Editorial Team. (2018).Tongue. Available from:  https://www.healthline.com/human-body-maps/tongue#1