• Beranda
  • Lifestyle
  • Ingin Memperbaiki Penampilan Lewat Veneer Gigi, Ketahui Manfaat dan Risikonya

Ingin Memperbaiki Penampilan Lewat Veneer Gigi, Ketahui Manfaat dan Risikonya

Ilustrasi veneer gigi. Credits: Freepik

Bagikan :


Memiliki gigi yang rata, rapi dan putih adalah idaman bagi banyak orang. Namun, bagaimana cara agar mendapatkan senyum cemerlang dengan penampilan gigi yang indah? Mungkin veneer gigi jawabannya.

Sebelum melakukan veneer gigi, ketahui terlebih dahulu manfaat dan risikonya.

 

Apa itu Veneer gigi?

Veneer gigi dikenal sebagai salah satu cara memperbaiki penampilan gigi tidak rata dan bernoda. Veneer gigi adalah lapisan tipis yang terbuat dari bahan porselen atau resin komposit yang ditempelkan secara permanen ke permukaan depan gigi.

Veneer gigi biasanya dipasang setelah dokter gigi melakukan sedikit pengikisan pada gigi untuk menghilangkan lapisan enamel gigi, dan kemudian veneer ditempelkan ke gigi menggunakan bahan perekat khusus sehingga terbentuk senyum yang estetis.

Veneer gigi dipilih karena memberikan penampilan gigi dengan hasil natural. Veneer porselen khususnya, memberikan hasil tahan lama terhadap noda dibandingkan gigi asli.

Setelah dipasang, veneer gigi membutuhkan perawatan yang sama seperti gigi asli, termasuk menyikat gigi secara teratur, menggunakan benang gigi, dan melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi. Dengan perawatan yang tepat, veneer gigi dapat bertahan antara 10-15 tahun atau lebih.

 

Manfaat Veneer Gigi

Untuk tujuan estetika dan fungsionalitas, veneer gigi memberikan beberapa manfaat bagi gigi, di antaranya:

  • Mempercantik tampilan senyuman dengan cara menutupi noda, celah, atau gigi yang tidak teratur
  • Memberikan hasil yang alami dan tersedia dalam berbagai warna dan bentuk agar cocok dengan gigi sekitarnya
  • Tahan terhadap noda dibandingkan email gigi asli
  • Tidak memerlukan perawatan tambahan khusus apabila dipasang dengan benar. Anda hanya perlu merawat seperti merawat gigi asli dengan menyikat dan menggosok gigi secara teratur
  • Dengan perawatan yang tepat, veneer memiliki usia yang panjang sehingga merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan dan memberikan penampilan gigi menarik

Baca Juga: Ketahui Apa Saja Risiko Cabut Gigi

 

Risiko Veneer Gigi

Meskipun veneer gigi menawarkan banyak manfaat dan keuntungan dalam meningkatkan estetika gigi, ada beberapa risiko dan kelemahan yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan prosedur ini. Berikut adalah beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan:

Kehilangan enamel alami

Proses pemasangan veneer melibatkan pengikisan sebagian enamel gigi asli untuk membuat cukup ruang agar veneer bisa dipasang. Dalam proses ini, enamel gigi tidak akan dapat tumbuh kembali.

Tidak dapat dikembalikan seperti semula

Beberapa jenis veneer, terutama veneer porselen tidak dapat dibongkar kembali. Jika Anda memutuskan menghapus atau mengganti veneer di masa depan, Anda mungkin perlu mengganti veneer baru atau menjalani prosedur lain sesuai kondisi saat itu.

Baca Juga: Yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan Setelah Pemasangan Kawat Gigi (Behel)

Gigi sensitif

Sebagian orang dilaporkan mengalami peningkatan sensitivitas gigi terhadap panas dan dingin setelah pemasangan veneer. Ini mungkin terjadi akibat pemotongan enamel dan efek dari bahan perekat yang digunakan selama pemasangan veneer.

Kemungkinan veneer terlepas

Walaupun jarang terjadi, veneer memiliki kemungkinan lepas dari gigi. Ini bisa terjadi apabila ada trauma fisik pada gigi atau kebiasaan buruk seperti menggunakan gigi sebagai alat membuka benda-benda keras.

Biaya yang mahal dan tidak ditanggung asuransi

Veneer gigi sering dianggap sebagai prosedur kosmetik sehingga tidak ditanggung sebagian besar asuransi kesehatan. Selain itu, biaya veneer gigi tergolong cukup mahal. Biaya pemasangan dan pemeliharaan veneer sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda.

Perawatan tambahan

Meskipun sebenarnya tidak ada perawatan khusus yang dibutuhkan setelah pemasangan veneer, Anda mungkin tetap perlu melakukan perawatan tambahan dan memberikan perlakuan khusus pada gigi, misalnya:

  • Tidak mengunyah benda-benda yang keras
  • Tidak menggunakan gigi sebagai alat membuka kemasan makanan atau minuman
  • Tidak menggunakan gigi depan untuk mengunyah terutama makanan yang keras
  • Menggunakan retainer atau pelindung mulut jika memiliki kebiasaan menggerinda gigi di malam hari
  • Menggunakan pelindung mulut ketika berolahraga terutama yang berisiko menyebabkan cedera

 

Itulah manfaat dan risiko yang perlu dipertimbangkan sebelum memasang veneer gigi. Yang tak kalah penting sebelum memutuskan memasang veneer gigi Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan apakah veneer gigi cocok untuk Anda. Manfaatkan layanan konsultasi kesehatan bersama dokter kami melalui aplikasi Ai Care yang bisa diunduh di App Store atau Play Store.

 

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

Writer : Agatha Writer
Editor :
  • dr Nadia Opmalina
Last Updated : Kamis, 27 Juni 2024 | 12:02

Robert Beck (2023). Dental Veneers. Available from: https://www.webmd.com/oral-health/veneers 

Cleveland Clinic (2022). Veneers. Available from: https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/23522-dental-veneers 

Ana Gotter and Jennifer Larson (2023). What to Know Before You Get Dental Veneers. Available from: https://www.healthline.com/health/dental-veneers#which-veneers-are-best 

John Hopkins Medicine. Sensitive Teeth: Why They Hurt and How to Stop the Pain. Available from: https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/sensitive-teeth