Tanya Dokter

Beranda / Tanya Dokter

Pertanyaan Anda


18 Oktober 2023
Jiwa

Stress Kerja

Info Penanya : GI

Kenapa ya saya kalo liat atasan saya selalu deg-degan dok? Apa saya kena stress? Ada ga ya dok caranya supaya saya ga deg-degan lagi, saya gamau resign

Share

Dijawab oleh
Dijawab Oleh : dr. Ayu Munawaroh, MKK

Hai, terima kasih telah bertanya di Tanya Dokter Ai Care!

Sebelum menjawab pertanyaan Anda mengenai stres kerja, kita dapat membahas dulu mengenai gejala yang Anda alami yaitu deg-degan/jantung berdebar, atau dalam bahasa medis disebut palpitasi. Jantung berdebar sebenarnya dapat diakibatkan oleh berbagai hal, mulai dari reaksi emosional, pasca olahraga, konsumsi zat tertentu, peningkatan suhu tubuh, faktor hormonal, berat badan berlebih, atau adanya riwayat penyakit jantung. Oleh karena itu, sebelum menentukan penyebab jantung berdebar akibat stres pekerjaan, perlu disingkirkan dulu penyebab lainnya.

Terkait stres kerja, hal tersebut adalah respon seseorang ketika dihadapkan oleh tuntutan dan tekanan kerja. Stres kerja bisa terjadi secara akut (stres akut) atau berkelanjutan yang disebut dengan burnout. Jika stres dibiarkan atau tidak ditangani dengan baik, maka tak hanya membuat kinerja menurun, tapi juga dapat memicu ragam masalah kesehatan. 

Beberapa gejala yang dapat muncul gejala fisik antara lain kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, dada berdebar, sulit tidur, nafsu makan menurun atau meningkat, gangguan pencernaan, atau gangguan pada kulit misalnya jerawat. Gejala psikologis juga dapat muncul seperti cemas, putus asa, sulit berkonsentrasi, perubahan mood, atau penurunan rasa percaya diri.

Untuk mengatasi stres kerja, Anda dapat melakukan beberapa hal:

  • Belajar mengatur waktu. Hindari kebiasaan memuali pekerjaan ketika mendekati deadline atau menumpuk pekerjaan di akhir pekan.
  • Bicara dengan atasan atau orang yang Anda percayai. Sebisa mungkin, hindari memendam stres sendirian, bisa juga ceritakan persoalan ke pasangan atau orang terdekat.
  • Minta waktu untuk cuti. Sebaiknya Anda dapat memanfaatkan waktu untuk libur sejenak dan cuti agar pikiran lebih segar dan jernih. Pada saat bekerja, Anda dapat melakukan relaksasi sejenak dengan mendengarkan lagu favorit, tidur siang sejenak, mengatur napas, atau stretching.

Perlu diingat, tidak ada pekerjaan yang mudah dan selalu berjalan sesuai dengan keinginan Anda. Oleh karena itu, sebagai bahan pertimbangan Anda untuk bertahan atau meninggalkan pekerjaan Anda saat ini, Anda dapat membuat tabel mengenai positif dan negatifnya, seperti:

  • Apa yang membuat Anda memilih pekerjaan ini?
  • Apa yang bisa Anda dapat dari pekerjaan ini? Apakah Anda dapat belajar banyak?
  • Bagaimana gaji yang diperoleh? Apakah setara dengan beban kerja dan cukup untuk kebutuhan Anda?
  • Seberapa jauh lokasi tempat kerja?
  • Bagaimana lingkungan kerja?
  • Bagaimana atasan Anda?
  • Bagaimana peraturan di kantor Anda?

Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut sehingga dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan pekerjaan saat ini dengan lebih objektif.

 

Apabila stres kerja Anda saat ini telah mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, terlebih mengganggu kinerja di kantor atau kesehatan Anda, maka sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater terdekat ya. Anda akan mendapatkan saran dan tips yang tepat untuk mengatasi stres.

Share
Silahkan Klik "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Diskusi Terbaru