• Home
  • Self-help
  • Ketahui Kapan Penis Mulai Tumbuh dan Berhenti Tumbuh

Ketahui Kapan Penis Mulai Tumbuh dan Berhenti Tumbuh

Credits: Pexels. Penis akan mulai tumbuh semakin besar saat anak laki-laki mencapai pubertas.

Jenis kelamin bayi telah ditentukan sejak pembuahan oleh kromosom seks yang diterima dari sperma, namun butuh beberapa waktu untuk organ berkembang. Di usia kehamilan 4 sampai 5 minggu, alat kelamin luar baru mulai muncul, yang lebih terlihat mirip seperti tonjolan kecil di antara kedua kaki janin.

Organ seks internal seperti testis dan ovarium masih terlihat sama sampai usia 9 minggu kehamilan, butuh waktu beberapa minggu ke depan untuk membedakan jenis kelamin laki-laki dan perempuan agar terlihat pada saat USG.

 

Perkembangan Organ Seks Pria

Testis adalah kelenjar yang memproduksi dan menyimpan sperma, yang berkembang di usia kehamilan 6-7 minggu. Pada usia kehamilan 10 minggu, tonjolan kecil di antara kedua kaki memanjang membentuk penis, yang akan terus bertambah panjang hingga sekitar 3,5 cm saat lahir.

Skrotum yang membungkus testis juga sedang berkembang dan pada usia 12 minggu kehamilan, organ prostat mulai muncul. Organ kelamin luar telah berkembang sempurna di usia kehamilan 20 minggu, dan testis akan mulai turun ke dalam skrotum.

 

Pertumbuhan Penis di Usia Berapa?

Penis akan mulai tumbuh semakin besar saat anak laki-laki mencapai pubertas, di antara usia 9 hingga 14 tahun. Selama waktu ini, penis akan tumbuh lebih besar dan panjang, dimana ukurannya pada setiap orang tidaklah sama. 

Seiring dengan pertumbuhan penis, area genital lainnya juga ikut berubah di masa pubertas, di antaranya:

  • Testis yang semakin tumbuh
  • Skrotum yang menipis dan tampak kemerahan
  • Tumbuhnya rambut di area sekitar penis
  • Keluarnya semen saat mengalami mimpi basah
  • Frekuensi ereksi dan ejakulasi semakin sering dialami

Menurut penelitian terhadap ribuan pria di seluruh dunia, panjang rata-rata penis pria adalah sekitar 9,16 cm dalam kondisi biasa, dan bisa memanjang hingga sekitar 13,2 cm saat mengalami ereksi.

Menurut penelitian pria cenderung lebih percaya diri ketika memiliki ukuran penis yang panjang, di mana sebenarnya pertumbuhan penis dipengaruhi oleh genetika, hormon, asupan nutrisi, dan lain sebagainya.

 

Kapan Penis Berhenti Bertumbuh?

Menurut penelitian, setelah masa pubertas, penis mungkin masih mengalami pertumbuhan lanjutan hingga berusia 20-an. Pertumbuhan penis akan melambat di usia 18-19 tahun.

 

Adakah Cara untuk Membuat Penis Lebih Besar?

Setelah usia 20 tahun, penis akan berhenti bertumbuh dan secara alami tidak akan bertambah besar. Sebagian pria mungkin merasa ukuran penisnya terlalu kecil dibandingkan ukuran rata-rata, sehingga tidak jarang ada orang yang ingin membuat penisnya lebih besar.

Ada beberapa cara yang ditawarkan untuk memperbesar penis, seperti melalui penggunaan alat, obat, krim atau gel tertentu. Bagaimanapun juga, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan keampuhan dan keamanan penggunaan alat maupun obat-obatan tersebut terkait memperbesar ukuran penis.

Namun, menurut Urology Care Foundation, hampir tidak ada cara yang efektif. Terdapat penelitian ilmiah yang terbatas mengenai penggunaan alat pemanjang penis (penile extenders) dapat memengaruhi panjang penis.

Untuk mendapatkan hasil, Anda mungkin harus mengunakan alat ini selama beberapa jam setiap hari dalam 3 sampai 6 bulan. Namun studi ini masih perlu diteliti lebih lanjut. 

Alih-alih menggunakan alat dan teknik yang belum terbukti, Anda dapat melakukan konseling ke dokter atau psikolog untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar penis tampak lebih besar, diantaranya menjaga berat badan tetap ideal, rutin berolahraga untuk menjaga stamina, dan memotong rambut kemaluan.

 

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

 

Bagikan :

Writer : Agatha Writer
Editor :
  • dr Nadia Opmalina
Last Updated : Wednesday, 14 September 2022

Jerry Kennard (2022). At What Age Does Penis Growth Start and End?. Available from: https://www.verywellhealth.com/at-what-age-does-penis-growth-begin-2328507

James Roland (2019). When Do Penises Start and Stop Growing, and Can You Increase the Size?. Available from: https://www.healthline.com/health/mens-health/when-does-your-penis-stop-growing

Jayne Leonard (2022). When does the penis start and stop growing?. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/326426

American Academy of Pediatrics (2015). Physical Development in Boys: What to Expect. Available from: https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/gradeschool/puberty/Pages/Physical-Development-Boys-What-to-Expect.aspx

Maggie Getz (2022). When are sex organs formed in a fetus? How your baby's genitalia develops. Available from: https://www.babycenter.com/pregnancy/your-baby/fetal-development-your-babys-genitals-and-urinary-system_40005752

 

Jon Johnson (2022). Penis enlargement surgery: Does it work and is it worth it?. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/penis-enlargement-surgery