• Home
  • Lifestyle
  • 5 Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit, Perlu Dicoba!

5 Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit, Perlu Dicoba!

Setiap orang tentu ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan sehat. Untuk mendapatkannnya, perlu dilakukan perawatan khusus di klinik kecantikan yang terkadang memakan biaya mahal. Namun, tak perlu khawatir, ternyata ada bahan-bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kulit lebih cerah dan sehat. Yuk simak ulasannya!

Bahan-bahan alami untuk mencerahkan kulit

1. Kunyit

Selain bisa dimanfaatkan untuk memasak, kunyit juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Kandungan kurkumin pada kunyit dikenal ampuh untuk membasmi bakteri penyebab jerawat.Kunyit juga mengandung zat antioksidan yang dapat mengurangi produksi melanin di kulit. Manfaat inilah yang membuat kunyit banyak digunakan untuk masker wajah untuk meratakan warna  kulit.

Untuk kulit wajah, Anda dapat membuat masker dari campuran kunyit dengan madu atau jeruk nipis. Sedangkan untuk kulit tubuh, Anda bisa mengolah kunyit menjadi losion atau lulur untuk pemakaian sehari-hari. Caranya, campur rebusan kunyit dengan lendir lidah buaya dan minyak kelapa secukupnya. Oleskan pada tangan dan kaki lalu diamkan selama 1 jam dan bilas dengan air hangat.

2. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat yang dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit dan mengurangi peradangan. Anda dapat membuat masker alpukat dan madu yang tak hanya membuat kulit kenyal tapi juga meredakan jerawat dan membuat kulit lebih halus.

Cara membuat masker alpukat pun sangat mudah yaitu haluskan buah alpukat lalu campur dengan 1 sendok makan madu. Oleskan pada wajak secara merata dan tunggu hingga 15 menit, lalu bilas dengan air.

3. Bengkuang

Bengkuang telah lama dikenal sebagai bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan kulit. Olahan benguang yang paling populer adalah untuk masker wajah dan kulit badan. Kupas dan parut bengkuang hingga halus, lalu peras hasil parutan tersebut ke dalam wadah. Diamkan sampai beberapa jam hingga muncul endapan. Gunakan endapan tersebut untuk masker di wajah maupun kulit badan, lalu bilas dengan bersih.

4. Lulur beras

Bukan hanya menjadi bahan pokok bagi masyarakat Indonesia, beras ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit. Beras mengandung vitamin B1 yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Anda bisa membuat lulur beras dengan cara menumbuk halus beras hingga menjadi tepung, lalu tambahkan air hangat dan oleskan ke kulit. Diamkan lulur beras selama 1 jam lalu bersihkan dengan air hangat.

5. Pegagan

Pegagan, atau yang dikenal dengan nama Centella asiatica, belakangan ini banyak digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kulit wajah. Tanaman liar yang berbentuk seperti lingkaran bergerigi lembut ini berkhasiat untuk mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan luka dan membantu mengatasi jerawat.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda coba untuk mencerahkan kulit. Anda bisa mencoba olahan bahan alami di atas untuk perawatan kulit sehari-hari. Namun perlu diingat bahwa setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda terkait bahan alami yang digunakan. Jika kulit Anda menunjukkan tanda iritasi maka segera hentikan perawatan dan istirahatkan kulit Anda.

 

Bagikan :

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr Ayu Munawaroh, MKK
Last Updated : Tuesday, 21 December 2021
  1. Stirling L. 9 Home Remedies to Lighten Your Skin (2021). Available from: https://www.emedihealth.com/skin-beauty/skin-lightening.
  2. Dixon S. The Inside-Out Guide to Getting Your Skin Glow (2019). Available from: https://www.healthline.com/health/guide-how-to-make-skin-glow.