Tanda-Tanda Bila Pasangan Sedang Selingkuh

Ilustrasi komunikasi pasangan yang tidak saling percaya. Credits: Freepik.

Bagikan :


Perselingkuhan memiliki dampak bagi hubungan, kesehatan mental dan emosional. Perselingkuhan bisa memicu ketidakpercayaan diri, perasaan bersalah, kecemasan dan kesedihan yang dalam baik bagi pelaku maupun pasangan. 

Perselingkuhan pula yang sering kali memicu perceraian akibat kepercayaan dan perasaan terluka yang sering kali sulit untuk diperbaiki. Ada beberapa orang yang bisa mencurigai bahwa pasangannya berselingkuh karena adanya tindakan atau perilaku yang tidak biasa. 

 

Ketahui Tanda-Tanda Bila Pasangan Sedang Selingkuh

Menurut Institute for Family Studies, kemungkinan pria untuk berselingkuh dalam suatu hubungan lebih tinggi dibandingkan wanita. Anda mungkin mulai merasa ada sesuatu yang salah atau tidak biasa. Selain insting Anda yang mungkin mulai berbunyi, ada tanda-tanda yang bisa membantu Anda dalam mengetahui apakah pasangan sedang berselingkuh. Tanda ini sering bermanifestasi sebagai suatu jarak secara fisik dan emosional. 

Berikut adalah tanda-tanda yang bisa diamati bila pasangan tengah selingkuh:

 

Perubahan drastis dalam komunikasi

Salah satu tanda selingkuh adalah pasangan mulai mengurangi komunikasi dengan Anda, menunjukkan ketidakminatan dalam berbicara dan lebih fokus pada aktivitas lain (misalnya bermain ponsel) walaupun sedang bersama Anda. Adanya masalah dalam komunikasi bukanlah tanda yang baik. Bila pasangan tidak lagi mau berkomunikasi atau bahkan bertengkar, tidak lagi saling berbagi hari dengan Anda, kemungkinan ada masalah mendasar dalam hubungan Anda.

 

Dalam beberapa kasus perselingkuhan, pria menunjukkan tanda kurangnya minat pada pasangan, baik dalam hal komunikasi maupun sentuhan fisik.

 

Perubahan rutinitas

Perubahan rutinitas pada pasangan yang tidak dikomunikasikan dengan Anda bisa menjadi tanda potensial adanya suatu permasalahan dalam hubungan. Contohnya adalah ketika pasangan berusaha melakukan sesuatu yang tidak pernah mereka lakukan sebelumnya untuk Anda, tapi hal tersebut tidak dilakukan saat bersama Anda.

Baca Juga: Siapa yang Lebih Rentan Selingkuh Setelah Menikah, Pria atau Wanita?

 

Lebih merawat diri

Selain perubahan dalam komunikasi dan rutinitas, pria yang berselingkuh biasanya lebih memperhatikan penampilan diri. Menggunakan cologne lebih sering, memperhatikan penampilan rambut dan pakaian diri sendiri lebih sering.

 

Menjadi lebih kritis dibandingkan pasangan

Sering kali seseorang yang terlibat dalam perselingkuhan lebih mungkin membanding-bandingkan Anda dengan orang lain. Perubahan sikap dan perilaku ini dipicu oleh masalah internal yang ada, kebutuhan akan harapan dan konflik yang belum terselesaikan dalam hubungan yang memicu sikap lebih kritis.

 

Bermain rahasia

Salah satu perubahan yang tampak pada pria yang sedang berselingkuh adalah gemar menyimpan rahasia dan menjadi tertutup. Mereka cenderung menyembunyikan perangkat telepon, menjadi lebih privasi terhadap barang-barang pribadi, menyembunyikan informasi tentang kegiatan dan jadwal yang dilakukan.

 

Tidak suka ditanya

Selain menunjukkan kekurangan minat terhadap Anda, pria yang berselingkuh juga lebih enggan menjawab pertanyaan pasangan. Mereka cenderung menyimpan semua informasi sendiri dan bersikap defensif atau menghindari pertanyaan yang bisa mengusik privasinya.

Baca Juga: Bukan Hanya Sakit Hati, Ini Dampak Perselingkuhan pada Kesehatan Mental Korban

 

Perubahan dalam libido

Naik turunnya keinginan untuk berhubungan seks bisa dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya perselingkuhan. Perselingkuhan bisa memengaruhi penarikan diri terhadap hubungan intim, atau justru peningkatan frekuensi hubungan seks untuk menutupi atau mengimbangi rasa bersalah yang dialami mereka. 

 

Tiba-tiba sering sulit dihubungi

Selain menyembunyikan aktivitas yang dilakukan, pria yang berselingkuh sering kali tiba-tiba sulit dihubungi tanpa alasan yang jelas dan penjelasan yang masuk akal. Ketidaktersediaan terus-menerus bisa menimbulkan pertanyaan mengenai apa yang sebenarnya sedang terjadi.

 

Tiba-tiba sering menghabiskan waktu tanpa melibatkan Anda

Jika pasangan Anda mulai lebih sering menjauhkan diri dari hubungan dan menghabiskan waktu lebih banyak dengan teman-teman, ini adalah salah satu tanda perselingkuhan atau adanya masalah dalam hubungan. Kebutuhan waktu pribadi (me time) dan kebersamaan dengan teman-teman memang hal yang wajar, namun bila selama ini pasangan menyertakan Anda dan tiba-tiba menjauhkan Anda, maka ada hal yang perlu dipertanyakan.

 

Apabila Anda mendapati tanda-tanda perselingkuhan yang disebutkan, langkah pertama adalah mengevaluasi perasaan Anda dan mempertimbangkan tindakan yang hendak diambil. Lakukan percakapan terbuka dengan pasangan sehingga Anda dan pasangan sama-sama memahami apa yang terjadi dan menangani masalah yang ada.

Namun, bila masalah tetap sulit untuk dipecahkan berdua saja, Anda mungkin perlu mempertimbangkan konselor pernikahan. Mereka dapat menemukan solusi dan merekomendasikan jalan keluar untuk memperbaiki hubungan.

Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi bersama dokter kami terkait gejala kesehatan lain, dengan mengunduh aplikasi Ai Care melalui App Store atau Play Store.

 

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

 

 

Writer : Agatha Writer
Editor :
  • dr Hanifa Rahma
Last Updated : Selasa, 18 Juni 2024 | 11:59

Marissa Moore (2021). Long-Term Psychological Effects of Infidelity. Available from: https://psychcentral.com/health/long-term-psychological-effects-of-infidelity 

Kristin Davin, LMHC (2022). Is My Boyfriend Cheating? 15 Signs to Be Aware of. Available from: https://www.choosingtherapy.com/is-my-boyfriend-cheating/ 

Sheri Stritof (2023). 11 Signs of Cheating. Available from: https://www.verywellmind.com/warning-signs-your-spouse-is-cheating-2300652 

Grayson Wallen, MS, LPC (2023). Who Cheats More: Men or Women?. Available from: https://www.choosingtherapy.com/who-cheats-more-men-or-women/