• Home
  • Self-help
  • Tips Bekerja di Kantor Jika Anda Seorang Introvert

Tips Bekerja di Kantor Jika Anda Seorang Introvert

Credits: Freepik
Kepribadian introver atau introvert cenderung merasa lebih nyaman menyendiri dan jauh dari orang lain. Mereka tertarik dengan kegiatan internal dan berkonsentrasi pada pemikirannya sendiri.
 
Seorang introver juga cenderung lebih banyak berpikir ketimbang berbicara. Lantas bagaimana saat harus bekerja di kantor yang membutuhkan kontak langsung dengan orang banyak? Berikut tipsnya. 

Tips Bekerja di Kantor Jika Anda Introvert

Kepribadian introver berbeda dengan pemalu. Orang introver sangat menghargai berada di sekitar orang-orang yang mereka kenal dengan dekat. Mereka, bahkan menikmati obrolan ringan membosankan selama itu dilakukan dengan orang yang sudah dikenal. 
 
Orang introver cenderung berpikir sebelum berbicara dan memiliki pemahaman penuh terhadap suatu konsep sebelum menyuarakan pendapat. Berikut adalah tips bekerja dengan orang di luar lingkaran pertemanan bagi orang introver: 

Menempatkan diri sebagai seorang pemimpin 

Orang yang introver cenderung secara alami menghindari peran pemimpin. Namun, untuk bisa bekerja dengan orang di luar lingkaran pertemanan, maka Anda harus menempatkan peran sebagai pemimpin. 
 
Peran tersebut membantu Anda membangun otoritas. Selain itu, orang juga cenderung lebih senang karena pribadi introver cenderung lebih bijaksana, hati-hati, tidak terlalu sombong dan tidak impulsif. 

Berkomunikasi melalui email

Bersosialisasi secara langsung bukanlah kelebihan orang introver. Anda bisa memanfaatkan alternatif cara berkomunikasi melalui email agar tetap bisa membagikan ide dengan lebih leluasa. Cara ini juga membantu mengorganisir dan menyusun kalimat agar lebih mudah dimengerti. 
 
 

Jangan membiarkan uneg-uneg menumpuk 

Orang introver cenderung terjebak di dalam kepala mereka sehingga uneg-uneg yang menumpuk dapat menyebabkan stres dan frustrasi. Untuk mencegah stres dan frustrasi maka jangan membiarkan uneg-uneg menumpuk. 
 
Situasi menjadi lebih buruk ketika Anda membiarkan stres menumpuk. Anda mungkin akan menjadi gelisah, rewel dan bertindak tidak seperti biasanya. 

Berlatih sebelum rapat atau presentasi 

Berhadapan langsung dengan orang di tengah rapat sering kali memicu kecemasan pada orang introver. Untuk mengatasi hal ini kuncinya adalah mempersiapkan jauh-jauh hari. Anda bisa mulai menulis daftar ide yang ingin disampaikan dan rujukan yang dibutuhkan. 
 
Untuk presentasi yang lebih lancar, latihan di depan cermin dapat membantu membangun rasa percaya diri Anda. 

Pengetahuan adalah kekuatan orang introver 

Ingatlah bahwa pengetahuan adalah kekuatan orang introver. Anda perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin dan membaca semua info dengan baik sebelum melakukan presentasi. Keterampilan analitis dan pemikiran Anda yang terukur juga bisa membantu Anda mencapai tujuan dan dihormati. Intinya, berbicaralah dengan lembut namun membawa tongkat besar. 
 
 

Distribusikan ide-ide Anda 

Orang introver cenderung lebih banyak berpikir. Agar bisa diterima di tengah rekan kerja, maka Anda bisa mendistribusikan ide-ide dan merangkul rekan kerja untuk berdiskusi. 
 
Tidak perlu ragu untuk proaktif dalam sebuah masalah. Dengan mengalirkan ide dan solusi inovatif, Anda bisa memenangkan hati rekan kerja. 
 
Seorang introver dapat merasakan tekanan yang lebih besar di tempat kerja. Karena itu, Anda memerlukan ruang yang lebih banyak untuk bersosialisasi dan menyebarkan ide-ide Anda. Sangatlah penting untuk menyadari bahwa Anda membutuhkan ruang untuk berekspresi dan kesempatan untuk berbicara tanpa takut untuk dikritik. Jika masuk ke dalam lingkungan yang tepat, maka Anda dapat membantu perusahaan untuk berkembang dan mencapai tujuannya.

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

 

 

Bagikan :

Writer : Agatha Writer
Editor :
  • dr. Monica Salim
Last Updated : Friday, 09 December 2022
Rachel Reiff Ellis (2022). Introvert Personality. Available from: https://www.webmd.com/balance/introvert-personality-overview
Kendra Cherry (2022). 8 Signs You're an Introvert. Available from: https://www.verywellmind.com/signs-you-are-an-introvert-2795427
Jean Kim, MD (2018). Ten Strategies for Introverts to Excel in the Workplace. Available from: https://www.psychologytoday.com/us/blog/culture-shrink/201803/ten-strategies-introverts-excel-in-the-workplace
Gabrielle Gardiner. The Introvert’s Guide to Navigating the Workplace. Available from: https://www.livecareer.com/resources/careers/planning/introverts-workplace-situations