Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Musim hujan meningkatkan risiko seseorang tertular penyakit. | (Credit: Freepik.)

Bagikan :


Memasuki musim hujan, ada beberapa penyakit yang marak terjadi. Beberapa penyakit seperti diare, flu, tipes, hingga penyakit kulit merupakan jenis-jenis penyakit yang mudah menular di musim hujan. Terlebih lagi jika musim hujan menyebabkan banjir yang akan memicu berbagai masalah kesehatan lainnya. Untuk itu diperlukan daya tahan tubuh yang prima saat memasuki musim hujan.

 

Mengapa Mudah Sakit saat Musim Hujan?

Pernahkah Anda menyadari bahwa saat musim hujan, tubuh Anda akan lebih rentan terhadap penyakit? Hal ini ternyata memiliki dasar ilmiah yang jelas. Dilansir dari Verywell Health, musim hujan membuat udara menjadi lebih kering di dalam maupun di luar ruangan. Selaput lendir dalam tubuh juga ikut mengering dan kuman menjadi lebih mudah bertahan di dalam tubuh.

Sebuah penelitian lain mengungkapkan bahwa perubahan suhu dan kelembapan udara memicu penyebaran virus sehingga meningkatkan risiko infeksi. Tak hanya itu, kurangnya sinar matahari membuat banyak orang mengalami kekurangan vitamin D yang penting bagi kekebalan tubuh. Kondisi ini ikut memengaruhi daya tahan tubuh seseorang terhadap penyakit.

Baca Juga: Cara Agar Tidak Mudah Sakit di Musim Hujan

 

Tips Menjaga Kesehatan saat Musim Hujan

Musim hujan menjadi kesempatan bagi berbagai virus dan bakteri untuk berkembang biak sehingga menyebabkan terjadinya penularan berbagai penyakit. Untuk mencegah tertular penyakit saat musim hujan, Anda perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kesehatan saat musim hujan antara lain:

 

Menjaga Pola Makan

Langkah pertama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan menjaga pola makan. Dilansir dari CDC, beberapa pola makan yang dianjurkan antara lain memperbanyak makanan sehat seperti buah dan sayuran, protein rendah lemak, biji-bijian, serta susu dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak.

Anda juga dianjurkan membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, kolesterol, garam dan gula tambahan. Selain itu frekuensi makan per hari juga perlu diperhatikan. Pastikan Anda tidak melewatkan sarapan sebagai sumber energi Anda setiap harinya.

 

Rutin Berolahraga

Meskipun musim hujan dan sulit untuk beraktivitas di luar rumah, namun Anda dianjurkan untuk tetap rutin berolahraga. Lakukan olahraga atau aktivitas fisik selama 30 menit per hari sebanyak 3-5 kali per minggu (150 menit per minggu) untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Rajin berolahraga mampu mengaktifkan sel darah putih (leukosit) yang berperan untuk meningkatkan pertahanan ketika tubuh mengalami peradangan atau infeksi. Selama musim hujan, Anda dapat mengalihkan aktivitas olahraga di area indoor untuk menghindari hujan.

 

Menghindari Rokok dan Minum Minuman Alkohol

Bagi Anda yang merokok dan memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol sebaiknya menghentikan kebiasaan tersebut. Berbagai kandungan zat kimia dalam rokok dan minuman beralkohol diketahui dapat membahayakan kesehatan.

Nikotin dapat meningkatkan detak jantung, meningkatkan tekanan darah dan membuat otak tetap waspada sehingga mengurangi waktu istirahat Anda. Sedangkan mengonsumsi alkohol terlalu banyak diketahui dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Tips Aman Berolahraga saat Musim Hujan

 

Menjaga Kualitas Tidur

Tidur adalah waktu yang penting untuk pemulihan seluruh sistem sirkulasi dan metabolisme dalam tubuh. Ketika Anda kurang tidur, sel-sel tubuh tidak mendapat waktu istirahat yang dibutuhkan sehingga menyebabkan Anda bangun dalam kondisi tidak segar dan regenerasi sel tidak berjalan maksimal.

Untuk orang dewasa, upayakan memenuhi kebutuhan tidur harian sebanyak 7-9 jam per hari. Selain tidur malam, Anda juga dapat memanfaatkan waktu tidur siang untuk beristirahat. Apabila Anda merasa memiliki gangguan tidur maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

 

Mengelola Stres dengan Bijak

Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda. Stres yang terjadi selama jangka panjang dapat meningkatkan hormon kortisol sehingga mengganggu efek antiperadangan dari sistem daya tahan tubuh. Akibatnya stres akan menurunkan daya tahan tubuh Anda.

Untuk meredakan stres, Anda dapat melakukan latihan pernapasan, melakukan hal yang Anda sukai, meditasi, olahraga dan latihan relaksasi. Apabila Anda memiliki masalah dalam penanganan stres sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Musim hujan meningkatkan risiko seseorang tertular penyakit. Namun Anda dapat menjaga kesehatan selama musim hujan dengan tips sederhana di atas. Apabila Anda mengalami masalah kesehatan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. 

 

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

 

 

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr Nadia Opmalina
Last Updated : Jumat, 22 Desember 2023 | 10:40

Crider, C. (2023). Is There Really a Connection Between Being in the Rain and Getting a Cold?. Available from: https://www.healthline.com/health/cold-and-flu/can-you-get-a-cold-from-rain

Herndon, K. (2023). Does Cold Air Make You Sick?. Available from: https://www.verywellhealth.com/does-cold-weather-cause-the-cold-or-flu-770379#

CDC. https://www.cdc.gov/howrightnow/taking-care/index.html

PharmEasy. (2023). 17 Simple Health Tips For Monsoon!. Available from: https://pharmeasy.in/blog/17-simple-health-tips-for-the-monsoons/