Manfaat dan Cara Menggunakan Retinol

Credits: Freepik

Bagikan :


Salah satu produk perawatan kulit yang populer digunakan saat ini adalah produk yang mengandung retinol. Retinol adalah salah satu bentuk vitamin A yang memiliki banyak kegunaan dalam perawatan kulit. Produk ini biasanya hadir dalam bentuk krim, gel, losion, salep maupun serum.

Retinol bekerja dengan mengelupas kulit, meningkatkan pergantian sel kulit, dan merangsang sintesis kolagen sehingga dipercaya sebagai produk antiaging dan membersihkan kulit.

 

Manfaat Menggunakan Produk yang Mengandung Retinol

Ada banyak jenis produk yang mengandung retinol, yang ditujukan untuk membantu merawat penampilan kulit. Setelah digunakan, retinol biasanya langsung bekerja di sel-sel kulit, namun dibutuhkan waktu hingga beberapa minggu sebelum terlihat perubahan atau peningkatan pada penampilan kulit.

Adapun manfaat yang bisa dirasakan setelah menggunakan produk yang mengandung retinol, di antaranya:

Anti penuaan

Retinol dikenal karena kemampuannya dalam merangsang produksi elastin dan kolagen (jenis protein di dalam kulit). Kolagen sebagai protein utama kulit membantu memberikan kekencangan dan kekenyalan pada kulit. Namun, seiring waktu produksi kolagen alami oleh tubuh cenderung menurun. Retinol membantu merangsang produksi kolagen yang baru sehingga dapat mengurangi penampilan garis-garis halus dan kerutan.

Retinol juga merangsang produksi elastin yang dapat meningkatkan elastisitas kulit. Ini membuat kulit menjadi lebih kencang sehingga mengurangi efek penuaan terkait kehilangan elastisitas kulit.

Meningkatkan pergantian sel

Retinol bekerja dengan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru dan menggantikan sel-sel kulit yang lebih tua, yang mengalami kerusakan akibat paparan lingkungan, sinar matahari atau faktor penuaan alami.

Memperbaiki tekstur kulit

Retinol dapat memperbaiki tekstur kulit yang tidak rata dengan merangsang pergantian sel kulit yang lebih cepat. Dengan hilangnya sel-sel kulit mati, maka dapat menghasilkan kulit yang lebih halus dan sehat.

Baca Juga: Ini Takaran yang Tepat Dalam Menggunakan Retinol

Mengendalikan jerawat

Retinol dapat membantu mengendalikan produksi minyak di kulit yang berlebihan. Produksi minyak yang berlebihan ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat. Dengan berkurangnya produksi minyak setelah penggunaan retinol, komedo yang dapat berkembang menjadi jerawat dapat dicegah.

Retinol memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada jerawat yang sudah ada. Kemerahan dan pembengkakan terkait jerawat juga bisa dikurangi.

Mencegah dan mengurangi kerutan

Retinol mencegah dan mengurangi kerutan di kulit dengan merangsang produksi kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, merangsang pergantian sel kulit yang lebih cepat dan meningkatkan kemampuan kulit untuk menahan air, dan memberikan hidrasi yang dibutuhkan oleh kulit agar tampak lebih sehat dan bercahaya.

Baca Juga: Tips Mengurangi Efek Samping Retinol pada Kulit

Cara Menggunakan Produk yang Mengandung Retinol

Retinol perlu digunakan dengan hati-hati untuk menghindari iritasi dan memaksimalkan manfaatnya. Berikut adalah panduan umum dalam menggunakan produk yang mengandung retinol:

  • Melakukan pengujian di area kecil kulit yang sensitif seperti di belakang telinga atau bagian dalam pergelangan tangan. Apabila tidak ada reaksi negatif seperti kemerahan, iritasi atau gatal Anda bisa melanjutkan penggunaan retinol
  • Membersihkan kulit dengan pembersih yang lembut sebelum menggunakan retinol
  • Menggunakan retinol dengan mengoleskan retinol tipis-tipis ke seluruh wajah serta menghindari area di sekitar mata, hidung dan mulut
  • Menggunakan retinol dengan konsentrasi yang rendah kemudian meningkatkannya secara perlahan
  • Menggunakan pelembap wajah setelah retinol untuk membantu menjaga kelembapan dan mencegah kulit kering
  • Menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi terutama bila menggunakan produk dengan retinol di pagi hari

Selalu perhatikan reaksi kulit setelah menggunakan produk yang mengandung retinol atau produk yang mengandung bahan aktif lainnya. Jika Anda mengalami iritasi, kurangi frekuensi penggunaan atau hentikan pemakaian retinol.

Karena hasil dari retinol bisa bervariasi pada setiap orang, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan produk dengan retinol. Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan dengan mengunduh aplikasi Ai Care melalui App Store atau Play Store.

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

 

 

Writer : Agatha Writer
Editor :
  • dr. Monica Salim
Last Updated : Selasa, 30 Januari 2024 | 13:03

Rohini Radhakrishnan, ENT, Head and Neck Surgeon. What Does Retinol Do for the Skin?. Available from: https://www.medicinenet.com/what_does_retinol_do_for_the_skin/article.htm 

Cleveland Clinic (2022). Retinol. Available from: https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/23293-retinol 

Kristeen Cherney (2023). How Does Retinol Work on the Skin?. Available from: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-does-retinol-work 

Jennifer Welsh (2023). How to Apply Retinol for Multiple Skin Benefits. Available from: https://www.verywellhealth.com/retinol-7504724 

Melika Motamedi, et all (2022). A Clinician’s Guide to Topical Retinoids. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8750127/ 

Cleveland Clinic (2022). Collagen. Available from: https://my.clevelandclinic.org/health/articles/23089-collagen 

Cleveland Clinic (2022). Elastin. Available from: https://my.clevelandclinic.org/health/body/22482-elastin