Manfaat Oatmeal bagi Penderita Diabetes

Ilustrasi oatmeal. Credits: Freepik

Bagikan :


Penelitian menunjukkan bahwa oatmeal adalah sumber nutrisi yang sangat baik karena kaya akan serat larut, beta glukan, vitamin B, mangan, fosfor, magnesium, serta antioksidan. Kebaikan nutrisinya memberikan berbagai manfaat kesehatan seperti membantu menurunkan berat badan, membantu mengontrol gula darah, membantu menurunkan risiko penyakit jantung, sebagai sumber antioksidan untuk mengurangi peradangan, serta aman bagi orang yang sensitif terhadap gluten.

 

Kebaikan Oatmeal bagi Penderita Diabetes

Kandungan nutrisi di dalam oatmeal juga memberikan banyak manfaat bagi penderita diabetes, di antaranya:

Membantu mengatur kadar gula darah

Oatmeal diketahui dapat membantu mengontrol kadar gula darah melalui kandungan beta glukan di dalamnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,2-3,5 gram beta glukan setiap hari selama 3-8 minggu dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan meningkatkan regulasi gula darah jangka panjang pada penderita diabetes tipe 2.

Selain beta glukan, serat larut di dalam oat juga dapat membantu mengontrol gula darah. Serat larut membentuk lapisan gel di dalam usus yang memperlambat penyerapan glukosa dalam darah. Hal ini menyebabkan peningkatan glukosa darah yang lebih lambat dan mengurangi lonjakan gula darah yang tajam.

Serat larut juga memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat sederhana yang menyebabkan lonjakan gula darah.

Baca Juga: Berapa Kadar Gula Darah Normal Berdasarkan Usia?

Membantu mendukung kesehatan jantung

Orang dengan diabetes cenderung memiliki kadar kolesterol yang tidak sehat, termasuk tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, serta rendahnya kadar kolesterol baik (HDL) yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Mengonsumsi oatmeal yang kaya serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Konsumsi serat larut ini juga mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah atau penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan masalah jantung.

Membantu mengurangi kebutuhan insulin

Mengonsumsi makanan dengan serat yang tinggi, termasuk oatmeal, dapat memengaruhi kadar gula menjadi lebih rendah dibandingkan mengonsumsi karbohidrat sederhana. Oatmeal dapat memperlambat penyerapan glukosa dalam darah sehingga membantu menghindari lonjakan gula darah. Efek ini dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah dengan lebih baik tanpa peningkatan insulin yang signifikan.

Membantu kenyang lebih lama

Serat larut di dalam oatmeal dapat membantu mengontrol berat badan karena dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Anda bisa mengurangi nafsu makan dan ngemil serta mencegah lonjakan gula darah yang drastis.

Memiliki indeks glikemik yang rendah

Indeks glikemik (GI) adalah skala yang digunakan untuk menilai seberapa cepat makanan yang mengandung karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Semakin tinggi angka GI-nya, makin cepat makanan tersebut meningkatkan glukosa darah.

Oatmeal memiliki angka GI yang rendah sehingga dapat membantu menjaga kestabilan gula darah. Hal ini membuat oatmeal menjadi pilihan makanan yang baik untuk menjaga gula darah tetap stabil dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah dibanding menu sarapan lainnya.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

 

Tips Sarapan Sehat dengan Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi sarapan yang sehat bagi penderita diabetes selama disajikan dengan benar. Beberapa tips penyajian oatmeal bagi penderita diabetes, antara lain:

  1. Hindari menambahkan gula ke dalam oatmeal agar tidak menyebabkan lonjakan gula darah
  2. Batasi porsi oatmeal dalam rencana makan harian Anda agar tidak melebihi jumlah karbohidrat yang direkomendasikan
  3. Padukan oatmeal dengan protein atau lemak sehat seperti telur, selai kacang tanpa gula, kacang-kacangan, atau yoghurt
  4. Tambahkan buah-buahan, seperti stroberi atau bluberi, yang kaya kandungan vitamin dan antioksidan sebagai pemanis alami
  5. Padukan dengan susu rendah lemak untuk membantu membatasi asupan kalori harian

 

Sangat penting untuk mengukur kadar gula darah Anda secara rutin dan menjalani pemeriksaan HbA1c sesuai dengan rekomendasi dokter. Tetap jaga pola makan yang sehat dan konsultasikan semua keluhan yang Anda rasakan kepada dokter Anda. Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan dengan mengunduh aplikasi Ai Care melalui App Store atau Play Store terkait pengelolaan diabetes Anda.

 

Mau tahu informasi seputar nutrisi, makanan dan tips diet lainnya? Cek di sini, ya!

Writer : Agatha Writer
Editor :
  • dr. Alvidiani Agustina Damanik
Last Updated : Rabu, 10 Juli 2024 | 13:36

Ana Gotter (2023). How to Enjoy Oatmeal If You Have Diabetes. Available from: https://www.healthline.com/health/diabetes/oatmeal 

Jennifer Huizen (2023). Which foods can help to lower and control blood sugar?. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/322861 

Kristeen Cherney, PhD (2022). The Best Oatmeal for Type 2 Diabetes. Available from: https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/best-oatmeal-type-2-diabetes/ 

Jon Johnson (2023). Is oatmeal good for people with diabetes?. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/311409 

Hrefna Palsdottir, MS (2023). 9 Health Benefits of Eating Oats and Oatmeal. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-oats-oatmeal#nutrient-rich 

Rena Goldman and Rachael Ajmera, MS, RD (2023). What Is Beta Glucan? The Heart-Healthy Fiber Explained. Available from: https://www.healthline.com/health/beta-glucan-heart-healthy 

Medline Plus (2022). Glycemic index and diabetes. Available from: https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000941.htm 

Diabetes UK. What is HbA1c?. Available from: https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/managing-your-diabetes/hba1c