• Beranda
  • Lifestyle
  • Tips Menghilangkan Kulit Bergelambir setelah Menurunkan Berat Badan

Tips Menghilangkan Kulit Bergelambir setelah Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi kulit bergelambir setelah diet. Credit: Freepik

Bagikan :


Menurunkan berat badan dengan diet dan olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Namun penurunan berat badan dapat memberi efek samping berupa kulit kendur di beberapa area seperti lengan atau perut. Adakah cara untuk menghilangkan kulit yang menggelambir? Simak dalam artikel berikut.

 

Penyebab Kulit Bergelambir setelah Menurunkan Berat Badan

Di balik kesuksesan mencapai berat badan yang Anda inginkan, Anda mungkin harus menghadapi tantangan baru yaitu kulit bergelambir akibat penurunan berat badan yang signifikan secara drastis. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan kolagen dan serat elastin pada kulit akibat perubahan berat badan.

Lapisan terdalam terdiri dari protein, kolagen, dan elastin. Kolagen membentuk 80% struktur kulit yang memberikan kekencangan dan kekuatan, sementara elastin menjaga agar kulit tetap kencang. Ketika bertambah berat badan, kulit mengembang untuk memberikan ruang bagi penambahan berat badan. Dalam jangka panjang, serat kolagen dan elastin menjadi rusak.

Ketika Anda mengalami penurunan berat badan, Anda mungkin kekurangan protein yang diperlukan untuk kembali ke bentuk aslinya. Akibatnya, kulit kehilangan kekencangannya dan cenderung menggantung begitu saja di badan. Semakin drastis penurunan berat badan yang Anda capai, kulit bergelambir semakin terlihat.

Kulit bergelambir tidak membahayakan kesehatan, namun hal ini dapat menyebabkan rasa tidak percaya diri. Kulit bergelambir juga menimbulkan efek samping lainnya yang membuat Anda merasa tidak nyaman seperti gesekan, ruam yang menyakitkan dan gatal, infeksi bakteri pada lipatan kulit.

Baca Juga: Benarkah Chia Seeds Efektif untuk Diet Menurunkan Berat Badan?

 

Cara Menghilangkan Kulit Bergelambir setelah Menurunkan Berat Badan

Pada kasus ringan, kulit bergelambir dapat diatasi dengan perawatan mandiri di rumah. Perawatan ini membutuhkan waktu dan hasilnya mungkin baru terlihat dalam beberapa minggu atau bulan. Perawatan tersebut juga tidak dapat sepenuhnya mengatasi penyebab kulit kendur atau memperbaikinya secara total.

Beberapa cara yang bisa dicoba untuk membantu mengatasi kulit bergelambir antara lain:

Latihan kekuatan

Latihan kekuatan secara rutin dapat mempertahankan berat badan dan membangun otot yang sehat. Latihan ini dapat mengatasi kulit kendur karena otot baru dapat mengisi ruang kulit yang longgar. 

Menjaga pola makan

Nutrisi yang Anda konsumsi juga memengaruhi kondisi kulit. Cukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan kaya protein tanpa lemak, vitamin C, dan asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan. Selain itu, perbanyak minum air untuk menjaga tampilan kulit tetap segar dan elastis.

Kolagen

Mengonsumsi suplemen kolagen oral dapat meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen seperti kaldu tulang, sayuran hijau, kacang-kacangan atau buah-buahan.

Produk kolagen lainnya yang bisa membantu mengencangkan kulit adalah krim kolagen yang dioleskan ke area yang bergelambir. Namun masih diperlukan penelitian lainnya untuk membuktikan efektivitas krim pengencang dalam mengatasi kulit bergelambir.

Prosedur medis

Untuk membuang kelebihan kulit dan lemak dari tubuh, Anda bisa menjalani prosedur medis yang akan membuat kulit tampak kencang dan memperbaiki bentuk jaringan yang tersisa. Prosedur ini akan dilakukan oleh dokter bedah plastik dan membutuhkan masa pemulihan hingga beberapa bulan. Tidak semua orang cocok melakukan prosedur medis ini, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai prosedur medis yang sesuai untuk kondisi Anda. 

 

Kulit bergelambir setelah penurunan berat badan biasanya mucul di lengan, perut, dan paha. Meski tidak berbahaya, namun kondisi ini dapat menyebabkan Anda tidak percaya diri. Jika memiliki masalah dengan kulit bergelambir Anda dapat berkonsultasi ke dokter atau manfaatkan fitur konsultasi pada aplikasi Ai Care. 

 

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr Nadia Opmalina
Last Updated : Selasa, 9 Juli 2024 | 13:06

Spritzler, F. (2023). How to Tighten Loose Skin After Losing Weight. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/loose-skin-after-weight-loss

MacMillan, A. (2023). AExcess Skin After Weight Loss: What It Is and What To Do About It. Available from: https://www.health.com/weight-loss/get-rid-of-excess-skin

Sruthi. Does Extra Skin Go Away With Weight Loss?. Available from: https://www.medicinenet.com/does_extra_skin_go_away_with_weight_loss/article.htm

Madormo, C. (2023). How To Tighten Skin After Losing Weight. Available from: https://www.verywellhealth.com/how-to-tighten-skin-after-weight-loss-5101107

Lauriello, S. (2023). This Woman Experienced Excesss Skin After Weight Loss. Available from: https://www.health.com/weight-loss/loose-skin-after-weight-loss