• Home
  • Self-help
  • Mengenal Grounding, Cara untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan dan PTSD

Mengenal Grounding, Cara untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan dan PTSD

Credit: Freepik

Memiliki trauma atau kenangan buruk yang menghantui dapat mengganggu keseharian Anda. Untuk mengatasi trauma dibutuhkan proses yang panjang. Salah satu cara yang bisa Anda coba dalam mengatasi pikiran negatif atau memori kelam yang muncul akibat trauma adalah teknik grounding. Seperti apa teknik grounding? Simak ulasannya berikut ini.

 

 

Apa Itu Teknik Grounding?

Teknik grounding adalah rangkaian metode yang dirancang untuk membumikan Anda dengan momen saat ini, mengalihkan perhatian Anda dari pikiran negatif yang muncul akibat trauma dengan mengoptimalkan kelima panca indra dan pikiran. Teknik ini bisa dilakukan sebagai cara untuk mengatasi momen kilas balik yang muncul akibat trauma.

Anda bisa menerapkan teknik grounding untuk menciptakan ruang dari perasaan stres pada situasi apa pun. Teknik ini bermanfaat pada banyak situasi di mana Anda diliputi emosi mendalam, atau terdistraksi oleh memori dan pikiran yang menyengsarakan diri. Dengan teknik ini, diharapkan Anda tidak terjebak dalam pikiran-pikiran negatif tersebut.

Umumnya teknik grounding bermanfaat untuk meredakan gangguan kecemasan, stres, depresi, perubahan suasana hati dan disosiasi (mekanisme pertahanan diri yang membuat diri "terpisah" dari impuls atau perasaan yang membahayakan).

Baca Juga: Tidak Sama, Ini Perbedaan Antara Stres dan Gangguan Kecemasan

 

Jenis-Jenis Teknik Grounding

Latihan grounding pada dasarnya mengoptimalkan kerja panca indra untuk membuat Anda tidak terlarut dalam pikiran negatif dan lebih merasakan momen yang terjadi saat ini sehingga secara perlahan mampu mengatasi ingatan buruk di masa lalu atau kecemasan yang belum terjadi. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam teknik grounding antara lain:

 

Teknik Grounding Fisik

Teknik grounding ini menggunakan panca indra atau objek nyata yang dapat disentuh, dicium baunya dan dirasakan untuk membantu Anda merasakan momen saat ini. Beberapa cara teknik grounding fisik antara lain:

Letakkan tangan Anda di dalam air

Rasakan suhu air melalui ujung jari atau seluruh permukaan tangan Anda. Anda dapat memulainya dengan air hangat, lalu ganti air tersebut dengan air dingin. Pada percobaan selanjutnya, Anda bisa mencoba air dingin terlebih dahulu lalu air hangat.

Fokuslah akan sensasi yang Anda rasakan pada tangan Anda. Dengan merasakan perubahan suhu air, Anda akan fokus pada momen yang terjadi saat ini dan melupakan kecemasan yang Anda rasakan.

Berjalan kaki

Dalam berjalan kaki di teknik grounding, Anda tidak sekadar berjalan kaki namun berkonsentrasi dengan langkah kaki Anda. Anda dapat menghitung jumlah langkah Anda serta mengenali irama jalan kaki setiap melangkah. Anda juga bisa berjalan di rerumputan tanpa alas kaki dan berfokus pada sensasinya.

Metode 5-4-3-2-1

Metode ini adalah salah satu teknik grounding yang bisa Anda lakukan. Metode ini dilakukan dengan mengenali beberapa hal yang ada di sekitar Anda saat ini, misalnya:

  • 5 hal yang didengar
  • 4 hal yang dilihat
  • 3 hal yang bisa disentuh dari tempat Anda duduk atau berdiri
  • 2 hal yang bisa dicium baunya
  • 1 hal yang bisa dikecap atau dirasakan

Saat melihat sekeliling, Anda bisa mulai memerhatikan hal-hal yang hanya dianggap sekilas lalu saja sebelumnya. Bukan hanya warna dan bentuk benda-benda di sekitar Anda namun juga detail lainnya, seperti apakah ada noda pada benda tersebut, apakah benda tersebut masih berfungsi dengan baik, dan sebagainya.

Baca Juga: Tips Mengatasi Trauma Anak Setelah Bencana Alam Gempa Bumi

 

Teknik Grounding Psikis

Teknik grounding ini menggunakan pkiran Anda untuk mengalihkan pikiran Anda dari pikiran dan tekanan negatif lainnya. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:

  • Bermain permainan ingatan
  • Menghitung atau mengerjakan matematika dalam pikiran
  • Membaca puisi, menyanyikan lagu atau membacakan dengan lantang buku yang Anda baca
  • Menonton acara komedi yang membuat Anda tertawa
  • Menjelaskan aktivitas sehari-hari yang Anda sangat pahami
  • Bayangkan diri Anda meletakkan semua emosi tersebut dalam suatu kotak imajiner

 

Ketika Anda mengalami serangan panik atau kilas balik yang bersifat traumatis akibat PTSD, emosi Anda mengambil alih pikiran dan respons fisik Anda. Dengan melakukan teknik grounding, Anda dapat mengembalikan respon tubuh dan pikiran Anda pada momen yang aman, yaitu saat ini. Apabila gangguan kecemasan dan trauma masih sulit dikendalikan segera konsultasikan ke psikolog atau psikiater.

 

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

 

 

Bagikan :

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr Hanifa Rahma
Last Updated : Friday, 09 December 2022

Raypole, C. (2022). 30 Grounding Techniques to Quiet Distressing Thoughts. Available from: https://www.healthline.com/health/grounding-techniques

Lockett E. (2019). Grounding: Exploring Earthing Science and the Benefits Behind It. Available from: https://www.healthline.com/health/grounding

Tull, M. (2021). Grounding Techniques for Post-Traumatic Stress Disorder. Available from: https://www.verywellmind.com/grounding-techniques-for-ptsd-2797300#

Caporuscio, J. (2020). Grounding techniques: Step-by-step guide and methods. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/grounding-techniques

Living Well. Grounding Exercises. Available from: https://livingwell.org.au/well-being/mental-health/grounding-exercises/