• Beranda
  • Self-help
  • Manfaat Astaxanthin, Suplemen Antioksidan Tinggi agar Kulit Awet Muda

Manfaat Astaxanthin, Suplemen Antioksidan Tinggi agar Kulit Awet Muda

Ilustrasi manfaat astaxanthin dalam mencegah penuaan. Credit: Freepik

Bagikan :


Antioksidan memiliki manfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Salah satu kandungan antioksidan yang belakangan ini banyak dikonsumsi adalah astaxanthin. Mengonsumsi astaxanthin diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Apa itu astaxanthin dan apa saja manfaatnya bagi kulit? Simak ulasannya berikut ini. 

 

Apa itu Astaxanthin?

Astaxanthin adalah pigmen kemerahan yang termasuk dalam kelompok nutrisi yang dikenal sebagai karotenoid. Senyawa ini banyak ditemukan dalam ganggang atau ragi dan bertanggung jawab memberi warna kemerahan pada salmon, udang, ikan trout, dan makanan laut lainnya.

Karotenoid adalah senyawa nabati yang juga mengandung pro-vitamin A, beta-karoten, lutein, dan likopen. Seperti halnya karotenoid lainnya, astaxanthin dipercaya memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi. Senyawa ini berfungsi mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit tertentu dengan mengurangi stres oksidatif dan inflamasi pada sel.

Baca Juga: Pilihan Buah yang Kaya Antioksidan

 

Manfaat Astaxanthin bagi Kesehatan

Belakangan ini banyak orang mengonsumsi astaxanthin untuk menjaga kesehatan kulit. Astaxanthin sebagai suplemen antioksidan tinggi dipercaya mampu mencegah kerutan dan membuat Anda tampil awet muda. Berikut ini beberapa manfaat astaxanthin bagi kesehatan yang terlah didukung oleh penelitian:

Menjaga kesehatan jantung

Penggunaan astaxanthin untuk jantung berawal dari sebuah penelitian di Jepang pada tahun 2000 yang melaporkan bahwa 24 orang dewasa yang minum astaxanthin setuap hari mengalami penurunan kolesterol jahat (LDL) setelah satu tahun. Semakin tinggi dosis astaxanthin yang dikonsumsi, penurunan LDL juga berlangsung signifikan.

Sebuah studi di tahun 2014 menunjukkan bahwa sifat antioksidan astaxanthin mungkin bersifat kardioprotektif. Astaxanthin sebagai antioksidan menghilangkan radikal bebas yang merusak jaringan pembuluh darah dan mengurangi risiko aterosklerosis secara signifikan.

Baca Juga: Kaya Antioksidan, Ini Manfaat Mengonsumsi Rumput Laut

Menjaga kadar gula darah

Sebuah studi mengungkapkan bahwa astaxanthin dapat membantu meningkatkan respon insulin tubuh Anda dan mengurangi risiko diabetes tipe 2. Dalam penelitian di tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrisi Asia Pasifik melaporkan orang yang minum astaxanthin 8 mg per hari selama 8 minggu mengalami pengurangan lemak perut, LDL, tekanan darah, trigliserida dan fuktosamin, namun tidak menurunkan glukosa darah. 

Hal ini menunjukkan bahwa astaxanthin mungkin berdampak kecil pada pengobatan diabetes tipe 2 namun dapat mengurangi banyak faktor risiko yang dapat menyebabkan komplikasi penyakit.

Menjaga kesehatan otak

Stres oksidatif meningkatkan risiko kesehatan yang berhubungan dengan otak seperti Alzheimer. Dalam sebuah uji klinis, orang dewasa yang minum astaxanthin memiliki kesalahan lebih sedikit dalam tes labirin dan mengalami waktu reaksi lebih cepat dalam tes memori dan berpikir basis komputer. Hasil ini menunjukkan bahwa astaxanthin dapat meningkatkan fungsi otak.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Konsumsi astaxanthin juga dipercaya dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Astaxanthin dapat membantu mengaktifkan sel darah putih (sel T) dan sel pembunuh alami (NK). Meskipun sel T menyerang sel asing berdasarkan penanda antigen, sel NK tidak memerlukan aktivasi dan bekerja lebih cepat untuk menghentikan serangan sel asing yang dapat melemahkan kesehatan Anda. 

Menjaga kesehatan kulit

Sebuah peer review mengungkapkan bahwa astaxanthin dapat mendukung kesehatan kulit dengan potensi efek antioksidan yang dapat melindungi kulit dari stres oksidatif terkait sinar UV. Dalam peer review tersebut juga disebutkan beberapa penelitian kecil yang mendukung astaxanthin untuk kesehatan kulit di antaranya:

  • Meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit
  • Mengurangi kemerahan pada kulit 
  • Mengurangi kerutan 

 

Meskipun sejumlah penelitian menunjukkan hasil positif pada penggunaan astaxanthin, namun sejumlah penelitian tersebut masih bersifat terbatas. Jika ingin mengonsusmi astaxanthin untuk mengatasi masalah kesehatan seperti diabetes atau kolesterol sebaiknya periksakan ke dokter. Anda juga dapat memanfaatkan fitur konsultasi pada aplikasi Ai Care yang bisa diunduh di ponsel. 

 

Mau tahu tips dan trik kesehatan, pertolongan pertama, dan home remedies lainnya? Cek di sini, ya!

Writer : Ratih AI Care
Editor :
  • dr Nadia Opmalina
Last Updated : Jumat, 28 Juni 2024 | 17:24

WebMD Editprial Contributors. (2022). Health BEnefits of Astaxanthin. Available from: https://www.webmd.com/diet/health-benefits-astaxanthin

Phan, R. (2023)l Astaxanthin: Everything You Need To Know. Available from: https://www.verywellhealth.com/astaxanthin-uses-side-effects-precautions-storage-7507313

Lehman, S. (2020). 3 Health Benefits of Astaxanthin. Available from: https://www.verywellfit.com/a-is-for-astaxanthin-2507067