Tips Mengajak Anak Olahraga Jalan Kaki

Ilustrasi berjalan kaki bersama keluarga. Credits: Freepik.

Bagikan :


Jalan kaki termasuk aktivitas fisik yang mudah diakses, risiko cedera yang rendah dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Berjalan kaki bermanfaat bagi kesehatan jantung, membantu memperkuat otot, mengurangi nyeri sendi, mengendalikan berat badan, membantu mengurangi keinginan mengonsumsi cemilan manis dan meningkatkan kesehatan mental.

Berjalan kaki rutin selama 30 menit setiap hari dapat membantu Anda memetik setiap manfaat kesehatannya. Namun bagaimana agar semua anggota keluarga Anda termasuk anak-anak juga bisa menikmati olahraga ini?

 

Manfaat Aktivitas Fisik bagi Kesehatan Anak

Di usia mereka saat ini, anak-anak pasti senang bermain, Menjadikan aktivitas fisik sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari bisa menjadi menyenangkan dan menyehatkan. Secara umum, manfaat kesehatan yang diperoleh anak dari aktivitas fisik sama seperti orang dewasa. Anak-anak perlu tetap aktif karena beberapa alasan, di antaranya:

  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
  • Menjaga berat badan yang sehat
  • Meningkatkan postur tubuh
  • Memiliki pola tidur yang baik
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Membantu membangun otot dan tulang yang kuat
  • Meningkatkan keterampilan sosial

Baca Juga: Cara Melatih Disiplin pada Anak Sejak Kecil

Anak-anak yang yang berumur 6-12 tahun perlu melakukan aktivitas fisik derajat sedang sampai berat selama 60 menit per hari agar kesehatannya baik. Untuk mengajak anak mulai aktif dalam berolahraga, jalan kaki bersama keluarga bisa menjadi salah satu pilihan. Menyemangati anak untuk aktif bersama keluarganya sejak dini bisa membangun rutinitas yang baik. 

 

Tips Mengajak Anak Olahraga Jalan Kaki

Tidak semua anak-anak mungkin tertarik dan bisa memahami manfaat dari olahraga jalan kaki. Namun bukan berarti Anda tidak bisa menumbuhkan kesadarannya akan hal ini.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengajak anak semangat dalam rutinitas olahraga jalan kaki:

Memiliki waktu yang rutin bersama keluarga

Jadwalkan olahraga bersama yang rutin sehingga terbentuk kebiasaan baru yang bisa dinikmati bersama keluarga. Anak-anak cenderung lebih bisa menikmati kegiatannya saat ada orang tua yang mendampingi. Berjalan sambil berbincang bersama bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Mengikuti event olahraga

Ajak anak untuk ikut berpartisipasi dalam event olahraga yang melibatkan jalan kaki, seperti event jalan kaki jarak jauh atau event jalan kaki berskala nasional. Medali, kaus dan pernak pernik yang diperoleh dari event biasanya menumbuhkan jiwa kompetisi anak sehingga mereka lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas fisik.

Baca Juga: Manfaat Protein bagi Kesehatan Anak-Anak dan Remaja

Bergabung dalam komunitas tur jalan kaki

Saat ini, banyak terbentuk komunitas olahraga yang bisa ditemukan di berbagai forum dan media sosial. Anda bisa mengikuti komunitas tur jalan kaki atau walking tour bersama anak. Ada komunitas yang memiliki guide, di mana saat berjalan kaki bersama, Anda dan anak akan melakukan berbagai macam hal, seperti belajar tentang sejarah tempat atau bangunan yang dilewati.

Mengombinasikannya dengan teknologi

Tidak dipungkiri bahwa anak-anak saat ini lebih tertarik dengan hal-hal yang berbau teknologi. Anda bisa memperkenalkan anak-anak pada smartwatch atau aplikasi smartphone yang dapat membantu menghitung langkah dan memantau kondisi fisik mereka.

Membekalinya dengan jurnal dan peta

Anda mungkin perlu mencoba rute yang berbeda yang lebih menantang bagi anak. Bekali anak dengan jurnal dan peta sehingga ia dapat menemukan jalan kaki bersama sebagai kegiatan berpetualang yang menyenangkan.

Ajarkan bagaimana cara membaca peta, menemukan jalan yang dituju dan nikmati perjalanan bersama mereka sampai jalan bersama ini justru terasa sebagai petualangan.

 

Anak-anak usia 6-12 tahun idealnya membutuhkan aktivitas sedang hingga berat selama 60 menit per hari, atau setara 12ribu-15ribu langkah. Namun, anak-anak dengan kondisi kesehatan tertentu mungkin berbeda.

Apabila Anda tertarik mengajak anak Anda berolahraga jalan kaki rutin atau berolahraga lainnya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, khususnya bila ada kondisi kesehatan yang dimilikinya. Konsultasi juga bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi Ai Care melalui App Store atau Play Store.

 

Mau tahu informasi seputar kehamilan, menyusui, kesehatan wanita dan anak-anak? Cek di sini, ya!

 

 

Writer : Agatha Writer
Editor :
  • dr Hanifa Rahma
Last Updated : Senin, 18 Desember 2023 | 16:52

Better Health Channel. Walking tips. Available from: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/walking-tips 

Harvard Medical School (2023). 5 surprising benefits of walking. Available from: https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/5-surprising-benefits-of-walking 

Rachel MacPherson, BA, CPT (2023). What Happens to Your Body When You Walk 30 Minutes Per Day. Available from: https://www.verywellfit.com/walking-30-minutes-per-day-7969716 

Better Health Channel. Children – keeping them active. Available from: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/children-keeping-them-active 

Mayo Clinic (2023). Type 2 diabetes in children. Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/type-2-diabetes-in-children/symptoms-causes/syc-20355318 

Wendy Bumgardner (2022). Taking Fun Walks With Your Kids. Available from: https://www.verywellfit.com/fun-walking-with-kids-3436010