Tanya Dokter

Beranda / Tanya Dokter

Pertanyaan Anda


10 Juni 2024
Kandungan & Kewanitaan

saya mengandung dan usia kandungan sudah 9 bulan

Info Penanya : NF

halo dok, saya hamil tapi saya hanya memperkirakan dari tanggal terakhir haid dan sekarang sudah memasuki usia kandungan 9 bulan, namun saya tidak pernah pergi usg dan memeriksakan kandungan saya dok, saya juga tidak pernah minum vitamin maupun susu hamil selama mengandung

Share

Dijawab oleh
Dijawab Oleh : dr. Giovanni Frans Alvin

Hai, terima kasih telah bertanya di Tanya Dokter Ai Care.

Perlu Anda ketahui bahwa pemeriksaan kehamilan dibagi menjadi dua yaitu antenatal care (selama mengandung) dan postpartum (setelah melahirkan). Tujuannya adalah memastikan kesehatan Ibu dan Bayi selama kehamilan maupun setelah persalinan.

Selama kehamilan, ibu hamil disarankan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan minimal 6 kali yang dibagi menjadi:

  • 2 kali di trimester 1;
  • 1 kali di trimester 2;
  • 3 kali di trimester 3.

Selanjutnya, setelah persalinan, seorang ibu perlu melakukan pemeriksaan postpartum, yang dibagi menjadi pemeriksaan 24 jam setelah persalinan, hari ketiga, hari ketujuh, dan minggu keenam.

Terkait kondisi Anda saat ini, Anda perlu melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter spesialis kandungan. Dokter akan melakukan serangkaian wawancara medis, pemeriksaan fisik dan tanda-tanda vital ibu hamil, seperti berat badan, tekanan darah, denyut jantung, dan riwayat penyakit sebelumnya. 

Selain itu, dokter juga akan memeriksa kondisi janin dengan pemeriksaan fisik dan USG. Melalui serangkaian pemeriksaan inilah, dokter selanjutnya bisa memperkirakan apakah kondisi ibu cukup sehat untuk bersalin, kondisi janin sehat, dan menentukan jenis persalinan yang paling aman.

Selama mengandung, dokter akan meresepkan beberapa obat, seperti tablet tambah darah dan asam folat. Obat-obatan ini perlu dikonsumsi rutin oleh ibu hamil untuk mengurangi risiko lahirnya bayi prematur, munculnya kecacatan sistem saraf, dan berat badan lahir rendah.

Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan selama kehamilan, antara lain:

  • Melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat, seperti puskesmas atau dokter spesialis kandungan;
  • Kurangi aktivitas berlebih dan cukupi waktu istirahat;
  • Konsumsi makanan bergizi;
  • Hindari konsumsi makanan yang belum matang;
  • Hindari kontak dengan hewan liar karena bisa menularkan penyakit;
  • Cukupi kebutuhan cairan per hari yaitu 8 gelas;
  • Rutin mengonsumsi tablet tambah darah dan asam folat;
  • Hindari konsumsi alkohol, kafein, dan minuman bersoda;
  • Hindari polusi dan asap rokok.

Apabila muncul lendir bercampur darah keluar dari jalan lahir disertai nyeri di punggung atau perut yang tak tertahankan, maka Anda dianjurkan untuk segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat, seperti IGD.

Semoga jawaban ini membantu Anda. Bila mengalami keluhan kesehatan atau ingin bertanya seputar informasi kesehatan, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter di Aplikasi Ai Care. Unduh Aplikasi Ai Care di Appstore dan Playstore Anda!

Share
Silahkan Klik "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Diskusi Terbaru